Inspirasi wisata alam, festival taman nasional di GBK - WisataHits
Yogyakarta

Inspirasi wisata alam, festival taman nasional di GBK

Jakarta (ANTARA) – Kiad Creative Media, dengan dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menggelar Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Indonesia (FTNTWA) di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat untuk menggenjot wisata alam. pascapandemi COVID-19 melanda. .

Kegiatan yang melibatkan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) dan Indonesia International Outdoor Festival 2022 (IIOTFEST) ini berlangsung pada 4-7 Agustus 2022.

Baca Juga: Flyover Rawajati Jadi Tempat ‘Wisata Banjir’

 

“Masa pandemi adalah masa yang sulit bagi banyak orang, termasuk sektor ekowisata. Dengan tema ekowisata untuk rekreasi dan penyembuhan, kami ingin mengajak masyarakat untuk meremajakan dan memulihkan kesehatan fisik dan mental mereka dengan berhubungan dengan alam, masyarakat dan budaya lokal, seperti yang ditawarkan dalam ekowisata, “kata penggagas FTNTWA Dyan Syah saat membuka FTNTWA 2022 di kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Kamis.

Dyan mengatakan festival wisata alam ini diikuti oleh 15 peserta UPT dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang terdiri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), serta taman nasional dan taman wisata alam di Indonesia, berbagai UMKM, perusahaan di dalam dan di luar. Jakarta dan berbagai produk perlengkapan pecinta alam seperti tas, jaket, sarung tangan tidur, dll turut menjadi peserta.

Selain itu, pendiri Kiad Media Kreatif menjelaskan keberhasilan pelaksanaan kegiatan di Banyuwangi, Yogyakarta, Bali dan Pantai Lasiana Kupang-NTT.

Dyan berharap festival wisata alam dan taman nasional ini menjadi wadah aktivasi, penguatan jejaring, dan wahana berbagi ilmu dan pengalaman tentang kegiatan outdoor dengan mengenalkan komunitas yang beragam.

Baca Juga: Pemkot Jakbar Targetkan Kota Tua Bebas PKL 1 Agustus 2022

Dalam kegiatan ini, panitia menyajikan berbagai informasi berupa film, brosur, program diskusi, “Travel Marts” dan virtual trip yang menarik.

 

Pengunjung juga dapat menjelajahi “stand” sejumlah taman nasional, antara lain Taman Nasional Bali Barat, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Lore Lindu, Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Matalawa, Taman Nasional Kayan Mentarang, Taman Nasional Gunung Ciremai, dan Taman Nasional Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Sejumlah komunitas pelestari, wisatawan, pelaku bisnis khususnya di bidang pariwisata, seperti pengelola perjalanan wisata, hotel dan resort, menawarkan paket khusus bagi mereka yang datang langsung ke lokasi untuk memesan paket “Open Trip”.

Selain itu, panitia juga menawarkan “food camp” yang menyajikan berbagai jenis kuliner, mencicipi kekayaan kopi Indonesia di Festival Gunung Kopi, dan pertunjukan musik oleh sederet musisi lokal berbakat.

FTNTWA 2022 terbuka untuk umum seperti penggiat alam, stakeholders pariwisata, penggiat pariwisata dan masyarakat umum di Ex Telkom Gate 2 Lapangan Gelora Bung Karno.

Dengan tiket masuk IIOUTFEST sebesar Rp 25.000, pengunjung dapat mengunjungi FTNTWA secara bersamaan mulai pukul 13.00 hingga 21.00 WIB. Khusus pada hari Minggu (7 Agustus), acara dimulai pada pagi hari atau pukul 08.30 WIB, pengunjung juga dapat mengikuti kegiatan “Funbike” bersama komunitas “Bike to Work”.

Baca Juga: DKI Alokasikan Rp 28,9 Miliar untuk Revitalisasi Tiga Gedung Kesenian

Reporter: Ricky Prayoga
Penerbit: Taufik Ridwan
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button