Inovasi Sumanto untuk Sate dan Gule Kambing di Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Inovasi Sumanto untuk Sate dan Gule Kambing di Solo

Bisnis.com, TEGAL – Berbicara tentang Surakarta, tidak terlepas dari kekayaan kuliner yang kaya dan beragam. Tak hanya Selat Solo atau Sego Liwet, Surakarta juga memiliki beragam racikan kambing yang enak. Salah satu warung makan legendaris adalah Warung Sate Kambing Pak Manto dan Tengkleng Rica. Lokasinya terletak di Jalan Honggowongso No. 36, Sriwedari, Kota Surakarta.

Di kedai tersebut, pengunjung bisa mencicipi aneka masakan kambing. Mulai dari sate, tengkleng, juga rica-rica yang memiliki cita rasa tersendiri. Sate kambing yang dibeli di toko, misalnya, menyajikan daging yang empuk dengan rasa kecap asin yang kental dan nyata.

Menu tengkleng yang disajikan di kedai ini menyajikan potongan daging dengan kuah kental dengan rasa manis yang kuat. Berbeda dengan menu rica rica yang menonjolkan jeroan kambing dengan kuah yang gurih dan beraroma, keduanya kental.

Pemilik toko, Almarhum Sumanto atau Pak Manto, telah membuka tokonya sejak tahun 1990. Sebelumnya, pria tersebut telah bekerja di warung sate di kawasan Keprabon Solo sejak tahun 1983.

Sumanto sendiri berasal dari Wonogiri, perantauan, pria itu harus bekerja keras untuk bertahan hidup. Salah satu pilihannya adalah dengan membuat inovasi menu spesial yaitu tengkleng rica atau tengkleng goreng.

Nama tengkleng goreng sendiri cocok karena menu ini disajikan tanpa kuah, seolah-olah digoreng. Dengan inovasi tersebut, stand tersebut kini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner legendaris di Surakarta. Pada hari kerja, kendaraan roda empat memenuhi halaman depan toko di seberang jalan. Kondisi bisa lebih ramai saat liburan.

Oleh karena itu, Warung Sate Kambing dan Tengkleng Rica Pak Manto kini telah memiliki beberapa cabang. Selain Surakarta, pengunjung juga bisa menikmati aneka olahan kambing khas warung Pak Manto di Semarang, Yogyakarta dan Jakarta.

Cakupan ini merupakan bagian dari program Wisata Investasi Kendaraan Listrik Jawa Tengah 2022. Wisata Investasi Kendaraan Listrik Jawa Tengah terselenggara atas dukungan sponsor yaitu PT PLN Persero, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Bank Jawa Tengah, Provinsi Jawa Tengah Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Hyundai.

Source: semarang.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button