Inovasi KAI 2023, akan menghadirkan kereta mewah generasi ke-3, seperti apa? - WisataHits
wisatahits

Inovasi KAI 2023, akan menghadirkan kereta mewah generasi ke-3, seperti apa?

Inovasi KAI 2023, akan menghadirkan kereta mewah generasi ke-3, seperti apa?

Piknikdong.com – Pada tahun 2022, Perkeretaapian Indonesia melayani 53.820.962 pelanggan, dengan rincian 30.186.431 pelanggan KA jarak jauh dan 23.634.531 pelanggan KA lokal.

Jumlah ini meningkat 134% dibanding periode 2021 sebanyak 23.022.715 pelanggan. Volume pelanggan ini belum termasuk pelanggan yang menggunakan jasa anak perusahaan KAI.

Inovasi KAI 2023, akan menghadirkan kereta mewah generasi ke-3, seperti apa?Tingkatkan pelayanan, KAI hadirkan berbagai inovasi di tahun 2023, foto: KAI.id

“Peningkatan ini dipengaruhi oleh kemiringan pandemi Covid-19 di tahun 2022.

KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh masyarakat pengguna transportasi kereta api di tahun 2022”,

kata Manajer Senior KAI Didiek Hartantyo.

KAI bertujuan untuk melayani 45,5 juta pelanggan pada tahun 2023.

Dimana tingkat okupansi pelanggan pada tahun 2023 diperkirakan akan meningkat sebesar 36% dibandingkan dengan jumlah penumpang sebenarnya pada tahun 2022.

Di tahun 2023, KAI akan melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan layanan pelanggan.

KAI akan mengoperasikan kereta baru untuk memberikan pelanggan lebih banyak fleksibilitas dalam penjadwalan.

KAI juga akan menambah sambungan baru seperti KA lingkar di jalur Jawa Barat – Jawa Tengah dan Jawa Timur – Jawa Tengah.

Kereta mewah generasi 3

KAI juga akan memperkenalkan kereta mewah Generasi 3 untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi pelanggan yang menginginkan layanan tambahan saat menggunakan kereta tersebut.

Kapasitas Kereta Deluxe Gen 3 sama dengan Kereta Gen 2 namun memiliki keunggulan cangkang kursi yang lebih kecil sehingga terasa lebih lega.

Kereta mewah generasi ke-3 dilengkapi dengan bahan penutup tempat duduk yang lebih nyaman, karpet, 2 toilet, rak bagasi dan alternatif warna yang lebih menarik.

“KAI juga memperkenalkan produk kereta api yang inovatif melalui kereta kompartemen tidur dengan dinding pemisah pribadi, yang menjadikannya lebih eksklusif.

Kereta berkapasitas 16 orang ini memungkinkan penumpangnya tidur dengan posisi berbaring.

Selain itu, KAI juga akan terus meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan memperkenalkan KA Eksekutif Stainless Steel Generasi 2,” ujarnya.

kata Didik.

Gerbang boarding pengenalan wajah

Untuk memudahkan pelanggan KA jarak jauh selama proses boarding, KAI akan menambah fasilitas boarding gate pengenalan wajah yang saat ini terpasang di Stasiun Bandung.

Boarding gate pengenalan wajah akan dipasang di stasiun Gambir, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solobalapan, Malang, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasarturi.

Dengan boarding gate pengenalan wajah, pelanggan tidak perlu khawatir untuk menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, boarding pass elektronik, KTP atau dokumen vaksinasi.

KAI juga akan memperbaharui aplikasi KAI Access dengan perubahan pada user interface yang akan memudahkan pelanggan dalam merencanakan perjalanan keretanya dan memenuhi kebutuhan gaya hidup lainnya dengan pengalaman yang berbeda.

“Layanan yang mendukung gaya hidup ini juga memperhatikan kebutuhan pelanggan yang mayoritas adalah kaum milenial, sehingga aplikasi KAI Access menjadi super app,”

kata Didik.

KAI juga akan menawarkan makanan dan minuman baru dengan berbagai variasi dan perubahan secara berkala dengan tujuan meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan secara on the go, seperti menu aneka kue kering, garlic bread, lasagna, dll.

“KAI memahami orientasi kebutuhan pelanggan yang semakin mengandalkan layanan digital.

Diharapkan melalui berbagai peningkatan layanan di tahun 2023 dapat meningkatkan customer experience sehingga kereta api tetap menjadi pilihan transportasi masyarakat,”

tutup Didik.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button