Inilah Rute Wisata Teknik Menuju Pantai Gunungkidul Saat Tahun Baru - WisataHits
Yogyakarta

Inilah Rute Wisata Teknik Menuju Pantai Gunungkidul Saat Tahun Baru

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul menyiapkan perencanaan arus lalu lintas selama libur tahun baru. Rekayasa dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan.

Kapolres Gunungkidul AKP A Purwanta mengatakan pihaknya membuat peta jalur wisata saat libur Natal dan Tahun Baru. Wisatawan dari kota Jogja diinstruksikan untuk langsung menuju JJLS Tronwono-Planjan-TPR melalui jalan Playen – Paliyan dan masuk ke Pantai Baron.

Bagi wisatawan yang datang dari Wonogiri/Solo melalui Semin menuju Karangmojo, menuju Wonosari-Mulo-Tanjungsari-TPR Baron dan pantai. Selain itu, ada juga jalur balik teknis untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan, khususnya di jalur Jogja-Wonosari.

Menurutnya, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi atau roda dua akan diarahkan pulang ke kawasan Bantul melalui JJLS. Pilihan kedua adalah jalur Dlingo menuju Imogiri, Bantul.

“Jalur alternatif hanya untuk kendaraan pribadi. Sedangkan bus besar tetap beroperasi di jalur utama Jogja-Wonosari,” ujarnya.

Selain menyiapkan teknologi arus lalu lintas, tim pengganjal ban juga disiapkan selama liburan. Tim ini disadarkan akan lingkungan Slumprit di Kapanewon Patuk serta kawasan pesisir.

“Pada Malam Tahun Baru dan Malam Tahun Baru kami menggunakan staf bantalan ban. Mudah-mudahan lancar semua,” kata Purwanta.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan hujan diramalkan pada malam tahun baru. Ia juga meminta pengunjung berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat berwisata.

“Kami menghimbau kepada seluruh pengunjung yang akan berwisata ke Pantai Selatan untuk memperhatikan rambu-rambu peringatan serta anjuran petugas,” kata Aldian.

Koordinasi lintas departemen dilakukan untuk memastikan malam pergantian tahun berjalan lancar. Pengamanan tidak hanya melibatkan personel TNI dan Polri, melainkan juga kerja sama dengan satuan khusus SAR dan lembaga internal di lingkungan Pemkab, mulai dari Satpol PP hingga dinas perhubungan.

“Tujuan dari koordinasi ini adalah untuk memastikan semuanya berjalan lancar. karena selama kunjungan itu ada beberapa kemungkinan mulai dari macet hingga kecelakaan di laut,” ujarnya.

BACA JUGA: Angka Kriminalitas di Gunungkidul Meningkat, Ternyata Ini Penyebabnya…

Ia menambahkan, seluruh petugas akan siaga melayani pembelian tiket di setiap TPR. Ada tiket yang berlaku untuk satu pengunjung, dua, delapan, 30 hingga 40 pengunjung.

“Kami sudah menyiapkan seluruh petugas untuk memperpendek antrean agar calon pengunjung tidak menumpuk di TPR,” katanya.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button