Inilah pariwisata global Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Inilah pariwisata global Indonesia

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Indonesia sebagai negara tropis, dengan pulau-pulau yang kaya akan pemandangan alamnya, dan juga keindahan wisata alam Indonesia yang banyak menarik wisatawan mancanegara atau mancanegara ke setiap pelosok Indonesia.

Seperti dilansir cnnindonesia.com pada Senin (21/11/22), setiap pulau di Indonesia memiliki tempat wisata yang unik. Berikut tempat wisata Indonesia yang sudah mendunia.

Baca Juga: Inilah 7 Keajaiban Dunia di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

1. Gua Jomblang
Ini adalah salah satu tempat wisata dunia di Indonesia dan salah satu wisata paling terkenal di Jawa Tengah. Pada wisata ini, pengunjung diajak turun hingga kedalaman 80 meter ke dalam perut bumi. Turunnya agak menantang karena itu bukan tangga tetapi teknik tali tunggal yang dipersenjatai dengan keamanan total.

Yang membuat tempat ini begitu terkenal di dunia adalah masuk dan jatuhnya sinar matahari dari celah dan lubang gua. Ini menciptakan keindahan alam yang menakjubkan.

2.Borobudur
Kemegahan dan sejarah Candi Borobudur sudah lama dikenal dunia. UNESCO bahkan menyatakan Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991.

3. Prambanan
Sama seperti Borobudur, ini juga merupakan Situs Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO pada tahun 1991. Karena nilai sejarah dan arsitekturalnya, Candi Prambanan telah menjadi tujuan wisata dunia.

4. Kawah Ijen
Selain keindahan kawahnya, Kawah Ijen di Banyuwangi Jawa Timur terkenal dengan fenomena alam blue fire yang hanya bisa dilihat pada malam hari. Hanya ada dua fenomena blue fire di dunia, Islandia dan Indonesia.

5. Gunung Bromo
Kemegahan pemandangan Gunung Bromo bagaikan negeri di atas awan. Selain gunung yang megah dari ketinggian yang luar biasa, Anda juga bisa melihat Kawah Bromo.

6. Air Terjun Tumpak Sewu
Ini dikenal sebagai Air Terjun Niagara di Jawa Timur. Air terjun dikenal dunia berkat media sosial Instagram yang menampilkan keindahan air terjun dari berbagai sisi.

7. Green Canyon Cukang Taneuh
Sebagian besar wisatawan menyebutnya sebagai Grand Canyon-nya Indonesia. Karena sambil body rafting anda bisa menikmati keindahan bebatuan dengan aliran sungai yang berliku dan rimbunnya tanaman hijau.

8.Ubud
Ubud dikenal di seluruh dunia karena kaya akan seni, sejarah, dan keindahan alam. Banyak tempat wisata alam untuk dijelajahi di Ubud.

9. Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat memiliki beberapa tipe hutan, savana dan pantai. Baik darat maupun laut layak untuk dijelajahi, termasuk Pulau Menjangan.

10. Labuan Bajo
Eksotisme Pulau Padar telah lama menjadikannya salah satu tempat wisata dunia di Indonesia. Pulau Labuan Bajo sendiri memiliki tempat wisata menarik seperti Gua Batu Cermin, Air Terjun Cunca Wulang, Wae Rebo, Sawah Lingko, Gua Rangko, Pulau Padar, Pantai Pink dan Pulau Komodo.

11. Sumba
Dengan ragam wisata alam yang mendunia, mulai dari Weekuri Lagoon Kampung Adat Tradisional, Pantai Bawana, Air Terjun Waimarang, Air Terjun Tanggedu, Air Terjun Matayangu, Situs Purbakala, Pantai Walakiri, Air Terjun Kanabu Wai, Bukit Wairinding hingga Nihiwatu.

12. Taman Ekologi Tangkahan
Destinasi ekowisata di Langkat, Sumatera Utara ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Reputasinya yang mendunia disebut oleh wisatawan mancanegara sebagai surga tersembunyi Sumatera.

13. Danau Toba
Tercipta dari letusan gunung berapi, danau ini menjadi ikon pariwisata Sumatera. Sebuah danau alami di dataran tinggi dengan pulau vulkanik di tengahnya yaitu Pulau Samosir.

14. Taman Nasional Gunung Leuser
UNESCO menyatakan Taman Nasional Gunung Leuser sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2004. Di taman nasional ini Anda bisa melihat berbagai flora dan fauna seperti gajah sumatera, orangutan, badak sumatera, harimau sumatera dan aktivitas alam lainnya.

15. Derawan
Salah satu destinasi unik dunia di Derawan adalah ubur-ubur air tawar di Pulau Kakaban. Selain itu ada juga Danau Labuan Cermin dan menyelam untuk melihat hiu paus.

16. Wakatobi
Keindahan bawah lautnya menjadikannya tempat wisata yang mendunia di Indonesia. Destinasi wisata paling terkenal di Sulawesi ini terkenal dengan keindahan bawah laut dan biota lautnya. Nama Wakatobi diambil dari nama empat gugusan pulau yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

17.Raja Ampat
Pulau Misool Raja Ampat merupakan salah satu tempat wisata dunia Indonesia. Raja Ampat merupakan tempat wisata terakhir yang masuk dalam daftar tempat wisata Indonesia yang mendunia. Ada 5 tempat terkenal yang dikunjungi wisatawan yaitu Pianemo, Telaga Bintang, Wayag, Manta Point (Misool) dan Puncak Harfat.

(bg/hn/um)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button