Inilah LODJI BESAR, Hidden Gem Cafe di Surabaya, markas pecinta sejarah dengan nuansa yang sangat vintage - WisataHits
Jawa Timur

Inilah LODJI BESAR, Hidden Gem Cafe di Surabaya, markas pecinta sejarah dengan nuansa yang sangat vintage

Inilah LODJI BESAR, Hidden Gem Cafe di Surabaya, markas pecinta sejarah dengan nuansa yang sangat vintage

SurabayaNetwork.id – Warga Surabaya yang menginap di kawasan Makam Peneleh pasti sudah tidak asing lagi dengan kafe Lodji Besar bukan?

Lodji Besar merupakan tempat nongkrong yang asik dan bernuansa vintage atau jadul yang sangat kental karena tidak hanya berada di kawasan kuburan tua Belanda tertua di Indonesia, tetapi juga di dalam bangunan yang sudah ada sejak tahun 1907 .

Ternyata masih banyak anak muda yang suka belajar sejarah di tempat ini, karena terbukti tempat ini selalu ramai dikunjungi anak muda tidak hanya nongkrong dan makan, tapi juga membaca buku-buku sejarah di Lodji Besar.

Sebuah bangunan tua yang direnovasi namun tidak serta merta menghilangkan kentalnya masa lalu dan citra kota Surabaya puluhan tahun silam.

Peta lama Surabaya masih terpampang apik di ruangan ini. Interior dan eksterior benda-benda bersejarah, mulai dari furnitur rumah hingga foto-foto dari zaman pemerintahan Belanda, masih tersimpan rapi di setiap sudutnya.

Ada radio lawas, majalah lawas, kursi dan meja kokoh yang merepresentasikan masa lalu yang sederhana, serta tulisan-tulisan lawas yang turut menghiasi ruang di tempat nongkrong ini.

Lokasi Lodji Besar tepat berada di seberang makam pahlawan Peleneh Surabaya yang setiap hari ramai dikunjungi oleh anak sekolah, mahasiswa dan manula dari berbagai kota atau warga sekitar Surabaya.

Pengunjung yang berkunjung ke Lodji Besar akan merasa seperti melangkah mundur dalam mesin waktu karena semuanya menggambarkan Surabaya di masa lalu.

Sangat estetik dan vintage ketika para pengunjung bisa berpose gembira di tempat pertemuan ini karena akan memunculkan aura kuno yang sangat kental.

Selain tempatnya yang cukup nyaman, menu makanan berat dan jajanan ringan juga tidak kalah menarik untuk dicicipi, sehingga wajib dikunjungi saat berada di Surabaya atau sekedar melintas di kawasan tersebut.

Ada menu Indian Chicken Curry yang terkenal dengan rasa autentiknya dari dulu yang menjadi makanan pokok dan ciri khas tempat nongkrong ini.

Tak hanya anak muda yang ingin bercerita tentang sejarah, para senior juga meramaikan tempat ini hanya untuk mencicipi menu-menu lezatnya.

Beberapa waktu lalu, Lodji Besar juga dikunjungi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk syuting film dokumenter sejarah “Koesno, Identitas Sukarno”.

Banyak juga turis atau wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Lodji Besar hanya untuk mempelajari sejarah Surabaya kuno dan mencicipi berbagai menu yang disajikan di kafe ini.

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana dan getaran vintage yang kental dengan musik jadul dan benda-benda bersejarah yang tidak pernah habis dibicarakan, Anda bisa datang ke Lodji Besar dan menikmati berbagai menu lezat. ***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button