Inilah kesepuluh event unggulan Jawa Tengah 2023. Perhatian! - WisataHits
Jawa Tengah

Inilah kesepuluh event unggulan Jawa Tengah 2023. Perhatian!

Inilah kesepuluh event unggulan Jawa Tengah 2023. Perhatian!

Inilah kesepuluh event unggulan Jawa Tengah 2023. Perhatian!Foto: Logo Visit Jawa Tengah (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Murianews, Kudus – Ada banyak event wisata unggulan yang direncanakan berlangsung di Jawa Tengah sepanjang tahun 2023. Sedikitnya 10 event unggulan tahun ini disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Kementerian Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata.

Event flagship ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas wisatawan pada tahun 2023. Berikut 10 peristiwa unggulan di Jateng 2023 dilansir laman Visitjawatengah, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: 8,7 Juta Orang Berwisata ke Jateng Saat Libur Nataru Sekda: Tempat Wisata Disiapkan

Festival Budaya Dieng

Ini adalah festival penuh gaya yang berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Agustus 2023 di Kompleks Candi Arjuna, Kabupaten Banjarnegara, yang memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya dan tradisi Dataran Tinggi Dieng. Dieng Culture Festival menyuguhkan pertunjukan jazz di atas awan di tengah suhu dingin, lampion berterbangan, kembang api, pameran UMKM, aneka kesenian tradisional, dan puncaknya adalah ritual cukur rambut gimbal Dieng.

Festival payung Indonesia

Pelaksanaannya dijadwalkan pada 8-10 September 2023 di Candi Mangkunegaran Kota Surakarta. Festival Payung Indonesia menampilkan berbagai kreasi payung dan serba-serbi dari Indonesia dan luar negeri.

Selain menikmati keindahan ribuan payung, lihat pameran, pentas seni, dan berbelanja di Pasar Kreatif yang menawarkan barang-barang fashion, kerajinan, dan kuliner.

Festival Kota Lama Semarang

Pelaksanaannya dijadwalkan pada 7-17 September 2023 di Kota Lama Semarang, Kota Semarang. Festival Kota Lama merupakan acara tahunan sejak 2012 dengan tema Purba, Kini, Nanti.

Pengunjung bisa menikmati nostalgia Pasar Sentiling dengan pameran kuliner legendaris. Selain itu, Festival Kota Lama dimeriahkan dengan hiburan musik, fashion show, pameran klitik, dll.

Seni Pertunjukan Solo Internasional (SIPA)

Pelaksanaan dijadwalkan pada 31 Agustus hingga 2 September 2023 di Benteng Vastenburg, Kota Surakarta. Solo International Performing Arts atau SIPA merupakan mahakarya seni pertunjukan, antara lain musik, tari, drama, dll. Acara spektakuler ini menampilkan seniman dari dalam dan luar negeri. SIPA telah diselenggarakan sejak tahun 2013.

Festival Keroncong Solo

Pelaksanaan dijadwalkan pada 22-23 Juli 2023 di Pamedan Mangkunegaran Kota Surakarta. Kota Solo dikenal dengan penciptaan lagu-lagu keroncong oleh pujangga setempat.

Solo Keroncong Festival yang digelar sejak tahun 2009 semakin mengukuhkan Kota Solo sebagai Kota Keroncong. Di tahun 2023 SKF hadir dengan tema “Keroncong Murni Selalu di Hati”. Nantikan penampilan musisi keroncong dari dalam dan luar negeri.

Festival Parade Cheng Ho

Pelaksanaan dijadwalkan pada tanggal 22-23 Juli 2023 di Kelenteng Sam Poo Kong Kota Semarang. Festival ini merupakan bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho di Semarang 618 tahun silam.

Acara dimulai dengan kirab yang membawa patung dewa dari Kelenteng Tay Kak Sie ke Kelenteng Sam Poo Kong. Festival ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian tradisional, perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa.

dugderan

Pelaksanaan dijadwalkan pada 17 Maret 2023 di Kota Semarang. Dugderan telah menjadi tradisi pra-Ramadhan di kota Semarang sejak tahun 1881. Istilah Dugderan berasal dari suara genderang dan gemuruh meriam. Saat ini, Dugderan dikemas dalam bentuk karnaval yang dimeriahkan oleh pertunjukan seni budaya.

menari solo

Pelaksanaan dijadwalkan pada 29 April 2023 di Balai Kota Surakarta, Kota Surakarta. Solo Menari 2023 berlangsung sebagai bagian dari Hari Tari Sedunia yang telah berlangsung sejak tahun 2009. Acara ini menampilkan pertunjukan tari oleh koreografer nasional dan internasional.

Atraksi Balon Jawa

Pelaksanaan dijadwalkan pada 26-27 Agustus 2023 di Taman Rekreasi Kalianget, Kabupaten Wonosobo. Tradisi balon udara tradisional besar dengan motif yang berbeda dan berwarna-warni.

Balon diterbangkan secara bergantian atau bersamaan. Acara ini juga dimeriahkan dengan pagelaran budaya, bazaar UMKM, dan lomba budaya dan kreatif.

MoroBorobudur

Pelaksanaan dijadwalkan pada 18-19 Agustus 2023 di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Moro Borobudur merupakan festival seni musik kontemporer, musik pop Jawa dan Indonesia sejak tahun 2020. Moro Borobudur berarti “Datanglah ke Borobudur” dan mengajak wisatawan untuk menikmati seni dan tradisi seputar Borobudur serta didukung dengan hiburan musik yang mempesona.

Pengarang: Dani Agus
Penerbit : Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button