Inilah jalan tol terpanjang di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Inilah jalan tol terpanjang di Indonesia

Jalan tol terpanjang di Indonesia ini mencapai ratusan ribu kilometer. Menariknya, jalan tol ini tidak berpusat di pulau Jawa.

Indonesia secara aktif membangun infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, termasuk jalan tol. Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, terdapat 67 ruas tol di Jabodetabek, Trans Jawa, Non Trans Jawa, Trans Sumatera, Sulawesi, Bali, dan Kalimantan.

Dari total jalan tol tersebut, ada yang panjangnya ratusan ribu kilometer bahkan tercatat namanya di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia.

Jalan tol terpanjang di Indonesia

1. Terbanggi Besar – Roti Panggang – Kayu Agung

Jalan tol ini menempati urutan pertama dengan panjang 189,4 km. Jalan tol ini termasuk dalam Tol Trans Sumatera yang sedang dikerjakan PT Hutama Karya (Persero). Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung tercatat sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia dan telah diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Presiden Joko Widodo meresmikannya pada 15 November 2019 di depan Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240. Jalan tol ini kini telah beroperasi sejak 14 November 2019.

2. Bakauheni – Terbanggi Besar (140.41km)

Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dan merupakan ruas jalan tol terpanjang kedua di Indonesia.

Jalan tol sepanjang 140,41 km ini memiliki sembilan simpang susun, yaitu Bakauheni, Kalianda, Sidomulyo, Lematang, Kotabaru, Natar, Metro, Gunung Sugi, dan Terbanggi Besar. Pabrik yang dipimpin oleh PT Hutama Karya (Persero) ini pertama kali diresmikan pada 21 Januari 2018 oleh Presiden Joko Widodo.

3. Pekanbaru – Dumai (131,69km)

Termasuk Tol Trans Sumatera, Tol Pekanbaru – Dumai memiliki panjang 131,69 km. Jalan tol ini memiliki enam persimpangan yaitu Minas, Kandis Selatan, Kandis Utara, Duri Selatan, Duri Utara dan Duri.

Presiden Joko Widodo meresmikan virtual6 pada September 2020 dan berharap tol ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau. Menariknya, Tol Pekanbaru – Dumai memiliki lima terowongan untuk dilewati hewan, yaitu gajah dan beruang.

4. Cikampek – Palimanan (116,75 km)
Jalan tol terpanjang di Indonesia ada di pulau Jawa. Jalan tol Cikampek – Palimanan (Cipali) merupakan jalan tol terpanjang keempat di Indonesia.

Jalan tol sepanjang 116,75 km ini melewati Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Perpanjangan dilakukan oleh PT Lintas Marga Sedaya dan diresmikan pada Juni 2015.

Tol Cikampek – Palimanan dapat meminimalisir kemacetan lalu lintas yang biasa terjadi di jalur Pantura.

Selain itu, keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi transportasi bisnis dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

5. Balikpapan – Samarinda (97,27 km)

Jalan Tol Balikpapan – Samarinda merupakan jalan tol pertama yang dibangun di pulau Kalimantan dan akan terhubung dengan jalan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Panjang jalan ini mencapai 97,27 km. Pengerjaan akan dilakukan oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda dan akan diresmikan pada Desember 2019.

6. Solo – Ngawi (90,12 km)
Jalan Tol Solo – Ngawi merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. Jalan Tol Solo – Ngawi memiliki panjang 90,12 km dan menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jalan tol ini melintasi Kabupaten Boyolali, Karanganyar, Sragen dan Ngawi. Proyek pembangunannya diambil alih oleh PT Jasamarga Solo Ngawi dan diresmikan pada Juli 2018.

7. Ngawi – Kertosono (87,05km)

Dengan panjang 87,05 km, Jalan Tol Ngawi – Kertosono merupakan salah satu jalan tol terpanjang di Indonesia. Pembangunan jalan tol ini menelan biaya 3,83 triliun. PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri merupakan perusahaan yang menggarap jalan tol ini. Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Ngawi – Kertosono di Madiun pada 29 Maret 2018.

8. Jakarta – Cikampek (83km)
Jalan Tol Jakarta – Cikampek pertama kali diresmikan pada tanggal 21 September 1988 oleh Presiden Soeharto. Jalan Tol Jakarta – Cikampek merupakan salah satu jalan tol terpadat di Jalan Tol Trans Jawa. Pekerjaan akan dilakukan oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Jalan sepanjang 83 km ini menghubungkan Jakarta, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

9. Semarang – Batang (75km)

Jalan tol ini menghubungkan Kota Semarang dan Kabupaten Batang. Jalan tol Semarang – Batang sepanjang 75 km. Perusahaan yang mengelola pembangunan jalan tol ini adalah PT Jasamarga Semarang Batang. Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Semarang – Batang di Jembatan Kalikuto pada 20 Desember 2018.

10. Tangerang – Merak (73 km)

Jalan Tol Tangerang – Merak sepanjang 73 km melintasi wilayah Tangerang, Serang dan Cilegon. Jalan Tol Tangerang – Merak dibangun untuk menghubungkan Tangerang Barat dengan Pelabuhan Merak di Jawa Utara. Jalan tol ini juga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Anyer, Kawasan Kesultanan, Kawasan Wisata Sawarna, serta Telaga Biru Cigaru dan Tebing Koja. Pekerjaan akan dilakukan oleh PT. Marga Mandalasakti dan diresmikan pertama kali pada Juli 1992.

Sumber: iNewsSumut.id

Source: hmstimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button