Inilah enam pemenang lomba menulis tingkat mahasiswa JMSI NTB - WisataHits
Jawa Timur

Inilah enam pemenang lomba menulis tingkat mahasiswa JMSI NTB

MATARAM, Graphicnews.com – Juri lomba esai tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB dalam rangka HUT Provinsi NTB ke-64 telah selesai melakukan penjurian. Juri memilih enam pemenang dari puluhan entri yang masuk dan evaluasi. Keenamnya masing-masing meraih satu, dua dan tiga, serta harapan satu, dua dan tiga. Juara pertama diraih Samsul Sahadi dari Universitas Mataram (Unram) dengan judul Paper; Cocodress: Inovasi pemanfaatan limbah sabut kelapa (sabut kelapa) sebagai pewarna alami kain Mandalika dalam mendukung industri kreatif NTB.

Juara II diraih oleh Sholihati Jannata H dari Unram dengan judul Karya Tulis; MIRAT EGO (Miniatur Rumah Adat Eceng Gondok) Pemanfaatan limbah eceng gondok sebagai upaya melestarikan tradisi dan menjaga ketahanan ekonomi masyarakat di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Juara III diraih oleh M Alfan Rezeki Ramadhan dari Unram berjudul Paper; Wisteba.Id: Aplikasi untuk mendorong penyeberangan ke Tetebatu sebagai aksi pemasaran digital untuk mengoptimalkan branding wisata halal guna merevitalisasi perekonomian NTB. Penerima pertama adalah Muhammad Jaelani dari Unram dengan judul Paper; Say-Smart: Ekonomi Bisnis Pemasaran Sayur Berbasis Android Syariah Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Petani Sayur di Sembalun Lombok Timur. Juara kedua diraih oleh Nur Aulia Bazighah J dengan judul Karya; Desa Wisata Tetebatu: Konsep pariwisata berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat. Juara ketiga diraih oleh Hati Rahmayani dari Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram dengan judul Karya; UMKM PETERNAKAN GO : Sebagai strategi koordinasi dan sinergi digitalisasi dalam rangka penguatan sektor UMKM peternakan untuk percepatan ketahanan ekonomi di NTB pasca pandemi.

Sekretaris Panitia Juri H. Rudi Hidayat mengatakan, lomba karya tulis tingkat mahasiswa yang diselenggarakan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB dalam rangka HUT Provinsi NTB ke-64 ini disambut antusias oleh mahasiswa NTB. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di NTB, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. “Kami mengapresiasi antusiasme para peserta,” ujarnya. Juri dengan cermat dan teliti menilai belasan makalah yang masuk ke panitia sebelum menentukan pemenangnya. Ada tiga kriteria penilaian juri. Pertama, kreativitas dan inovasi meliputi relevansi topik dan topik, kreativitas ide, orisinalitas, dan pengembangan aktual dan inovasi. Kedua, data dan sumber informasi meliputi kesesuaian sumber informasi, keakuratan dan keutuhan data informasi, keakuratan dan keutuhan data informasi, dan orisinalitas data. Ketiga, pembahasan meliputi kelayakan hasil implementasi gagasan dan kemanfaatan gagasan. Menurut Rudi, materi tertulis yang disampaikan peserta memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun secara umum naskah yang disampaikan peserta cukup baik. Ada inovasi yang ditawarkan oleh para peserta bahkan ada yang mempraktekkan langsung di bidang ini. ”Setelah dilakukan evaluasi dan rapat, juri memilih pemenang dengan karya tulis terbaik dari peserta yang ada,” jelasnya.

Lomba menulis tingkat mahasiswa dalam rangka Dies Natalis Provinsi NTB ke-64, salah satu dari beberapa program yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah JMSI NTB. Selain lomba menulis untuk siswa, ada juga lomba baca puisi untuk siswa. Kemudian JMSI NTB juga menyelenggarakan Jambore Jurnalistik JMSI NTB 2022 pada tanggal 12-13 November 2022 dengan tema “Promosi Pariwisata dan Perspektif Ilmu Jurnalistik” di Joben Ever Green Pelajar SMA dan SMK Lombok Timur Sedunia – NTB di NTB Pendidikan dan Dinas Kebudayaan pada 14 November 2022. Dilanjutkan dengan press trip ke Banyuwangi dan Malang pada 17-25 November 2022, dimana anggota JMSI NTB melakukan audiensi dengan Pemkab Banyuwangi di Administrasi Pariwisata dan Pusat Perbelanjaan Umum. Selanjutnya , anggota JMSI NTB di Malang mengikuti Pekan Olahraga Jurnalis (Porwanas) dan mengangkat kembali tema “Jurnal Profesional di Era Digital” dengan salah satu narasumber Plt Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya Workshop ini oleh Gubernur NTB , dr.

Foto: Juri menggelar sidang untuk membahas dan menentukan pemenang lomba karya tulis tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB dalam rangka HUT Provinsi NTB ke-64. (merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button