Ini upaya BCA mengembangkan potensi wisata Goa Pindul - WisataHits
Jawa Tengah

Ini upaya BCA mengembangkan potensi wisata Goa Pindul

KONTAN.CO.ID – YOGYAKARTA. Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi terpenting di Indonesia dan memiliki posisi strategis dalam meningkatkan devisa negara. Oleh karena itu, keindahan alam, budaya dan warisan asli Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang harus dicerminkan.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, salah satunya di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki kekayaan potensi alam dan budaya bagi masyarakatnya. Letak Kabupaten Gunungkidul yang berada di sisi selatan Yogyakarta menjadikan kawasan ini sejumlah tempat wisata yang indah dan menawan.

Hingga saat ini tempat-tempat wisata di Gunungkidul banyak bermunculan karena diuntungkan dengan perpaduan kontur alam yang indah, baik pantai, gunung, perbukitan maupun tradisi dan budaya masyarakatnya.

Baca Juga: Ruas Tol JORR E, W25 dan Tol Ulujami-Pondok Ranji Sedang Dalam Perbaikan

Selain itu, Gunungkidul juga memiliki desa wisata yang dapat mewakili pilihan destinasi wisata, salah satunya adalah desa wisata Goa Pindul yang dipromosikan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Gua Pindul merupakan objek wisata yang populer dan dikenal banyak wisatawan. Bahkan, pesonanya bisa didengar di berbagai kalangan wisatawan.

Bisa dikatakan pesona wisata di Goa Pindul berbeda dengan yang lainnya. Gua Pindul merupakan salah satu objek wisata alam gua bawah tanah, yang melalui gang yang dialiri sungai. Wisata Alam Gua Pindul terletak di Dusun Titlean Gunungbang, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Wisata alam ini berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Wonosari, ibu kota Kabupaten Gunungkidul, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam jika perjalanan dimulai dari Yogyakarta.

“Kami melihat Goa Pindul merupakan potensi wisata yang belum tergarap, potensi tersebut jika digarap dan dikembangkan akan membuat warga lebih sejahtera karena akan memilikinya. penghasilan tambahan yang sangat penting. Inilah yang mendorong kami untuk membina dan memperkuat komunitas di Gua Pindul,” ujarnya Wakil Presiden Eksekutif Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) BCA Inge Setiawati di Yogyakarta, Jumat (19/8).

Dukungan BCA untuk meningkatkan fasilitas wisata Goa Pindul juga mampu meningkatkan omzet objek wisata tersebut menjadi Rp 200 juta. Inge menuturkan, BCA mulai membantu Desa Binaan Goa Pindul sejak 2012.

Wujud nyata peran dan dukungan BCA adalah melalui dukungan peningkatan kapasitas dan penguatan SDM di desa binaan Goa Pindul. Yaitu melalui pelatihan yang ditawarkan.

“Ini bukan hanya satu atau dua bulan, kami sudah melakukannya selama bertahun-tahun. Itu sudah dilakukan selama bertahun-tahun karena meskipun sudah berhasil dalam satu atau dua tahun, ternyata ada momentum, jadi mereka tetap menjadi mentor kami, intervensi kami semakin sedikit karena mereka semakin baik, “katanya. Inggris

Baca Juga: Pemeliharaan Jalan Tol Jagorawi Dimulai Senin (22/8)

Untuk pelatihan layanan yang diberikan, seperti pelayanan prima, kualitas layanan, kemampuan mengelola keuangan, kepemimpinan dan manajemen keuangan skill kepemimpinan.

“Lalu, tentu bagaimana mereka mengelola pariwisata. Jadi dari samping pariwisata-ya”, tambah Inge.

Inge juga optimis dengan mengidentifikasi pelaku di desa binaan Goa Pindul dapat membuat desa wisata Goa Pindul lebih dikenal banyak orang.

Ari Purnawan, Head of Goa Pindul Enterprise Management, mengatakan BCA telah membantu desa binaan Goa Pindul dalam renovasi berbagai hal mulai dari gazebo hingga toilet. Selain itu, BCA juga memperbaiki fasilitas seperti pelampung yang akan dibawa pengunjung saat menjelajahi Gua Pindul.

“Goa Pindul mengalami peningkatan yang signifikan setelah BCA mempromosikan Goa Pindul. Sebelum bermitra dengan BCA, pengunjung per hari maksimal 500 orang. Setelah bermitra dengan BCA, pengunjung bisa mencapai 2.000 orang, terutama saat acara-acara besar seperti liburan, liburan sekolah, dan malam tahun baru,” ujarnya.

Asal tahu saja, BCA sebenarnya telah aktif melakukan beberapa kegiatan untuk membekali pengelola desa binaan seperti: Tamansari, Pengelola Desa Wisata Goa Pindul Tinggan-Bali, Belitung dan Wisata Dosoen Kopi Sirap-Gunung Kelir.

Selain itu, BCA juga mengadakan kursus pelatihan pemasaran onlinependidikan memandupendidikan Membangun tim, benchmarkingBimbingan Standar Pelayanan di Importantsari, Tamansari, Wirawisata, Pelatihan Pemandu Wisata di Dosoen Kopi Sirap Semarang.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: regional.kontan.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button