Ini Rute dan Harga Tiket Masuk Umbul Ngepok Sragen - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ini Rute dan Harga Tiket Masuk Umbul Ngepok Sragen – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Suasana Kolam Renang Umbul Ngepok Tunggon di Desa Karangpelem, Kecamatan Kedawung, Sragen, Kamis (2/3/2022). (Spesial/Suwanto)

Solopos.com, SRAGEN — Salah satu alternatif destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sragen adalah Umbul Ngepok Tunggon. Situs ini terletak di Dusun Tunggon, Desa Karangpelem, Kecamatan Kedawung.

Daya tarik dari destinasi wisata Umbul Ngepok Sragen adalah airnya yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari hanya dengan Rp 5.000/orang. Harga tiket untuk anak-anak dan dewasa sama. Umbul Ngepok Tunggon buka dari pukul 05:30 WIB hingga 17:00 WIB.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Namun, pada hari Senin dan Jumat pengunjung harus datang pada pagi hari karena pada pukul 12.00 WIB merupakan jadwal pembuangan Umbul Ngepok Tunggon.

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Karangpelem Riyas Prihanto mengatakan, ide pengembangan Umbul Ngepok Tunggon digagas oleh Suwanto, mantan kepala desa yang akan segera pensiun.

“Pengunjung tidak pernah sepi, tidak hanya dari Sragen tetapi juga dari Kabupaten Karanganyar. Waktu paling ramai akhir pekan‘ Riyas menjelaskan ketika dia ditemukan Solopos.com di rumahnya, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga: Asal Usul Kisah Kesetiaan Dukuh Tunggon Sragen dan Mbah Sedo Putri

Ia menambahkan, daya tarik Umbul Ngepok Tunggon adalah mitos sumbernya yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Letaknya tidak jauh dari makam Mbah Sedo Putri sebagai penghuni pertama di Dukuh Tunggon.

“Banyak orang tua yang datang untuk mandi sekitar pukul 6 pagi WIB. Mereka masih mempercayai mitos bahwa mata air dapat menyembuhkan penyakit, termasuk saraf terjepit,” tambah Riyas.

Tetua Dukuh Tunggon, Citro Suparno, mengatakan, dulu ia sering memandikan orang yang datang ke Umbul Ngepok.

“Airnya beda dengan daerah lain, segar dan tidak berlumut. Banyak orang yang penyakitnya sembuh di sana setelah mandi [Umbul Ngepok Tunggon]’ kata Citro.

Baca Juga: Uniknya Obyek Wisata Gunungsono Miri, Sragen Memiliki Rumah Pohon Berlatar WKO

rute

Ada dua rute untuk mencapai Umbul Ngepok Tunggon. Pengunjung yang datang dari Solo bisa melewati pertigaan Gambiran, Sragen lalu belok kanan. Jalan lurus sejauh 1,7 kilometer hingga sampai di pertigaan di Plosorejo dengan tanda pohon beringin. Pengunjung harus belok kanan sejauh 450 meter.

Kemudian lurus sejauh 6,9 km hingga sampai di pertigaan Desa Saradan, belok kiri dan ikuti jalan menuju Taman Ndayu.

Setelah itu sekitar 2,5 kilometer, lurus saja ke perempatan desa Celep, belok kiri menuju Batu Jamus sampai ketemu Pusat Benih Padi Sragen, UPT Dinas Pertanian Desa Karangpelem di kiri dan Alfamart di kanan jalan bertemu.

Ambil jalan ke kanan masuk ke gang di selatan. Tidak perlu bingung karena ada petunjuk arah menuju Umbul Ngepok Tunggon.

Baca Juga: Air Ajaib Umbul Ngepok Tunggon Sragen Dikatakan Menyembuhkan Penyakit

Masuk gang setelah sekitar 550 meter, masuk gerbang Dukuh Tunggon dan Umbul Ngepok akan menunggu Anda di sisi kiri jalan.

Selain itu, jalur mengarah ke Pasar Batu Jamus dengan tikungan yang minim. Dari Alun-alun Langen, Sasono Putro, Sragen dibutuhkan waktu 23 menit dengan jarak 14 kilometer.

Dari Solo, belok kanan di pertigaan Alun-Alun menuju Jl. Veteran. Kemudian belok kiri ke perempatan, lurus 200 meter, belok kiri di perempatan. Lurus saja sampai menemukan Pasar Batu Jamus lalu belok kanan.

Dari Pasar Batu Jamus menuju Umbul Ngepok Tunggon membutuhkan waktu 10 menit dengan jarak 5,5 kilometer ke Pusat Benih Padi Sragen, UPT Dinas Pertanian Desa Karangpelem di sebelah kanan dan Alfamart di sebelah kiri jalan.

Kemudian masuk gang selatan Alfamart menuju Umbul Ngepok Tunggon.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button