Ini 8 rest area yang instagramable, ada bekas pabrik gula dan panorama 5 gunung - WisataHits
Jawa Barat

Ini 8 rest area yang instagramable, ada bekas pabrik gula dan panorama 5 gunung

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Pengelola jalan tol telah menyiapkan tempat perhentian yang dapat digunakan oleh masyarakat pengguna jalan tol untuk mencapai tujuan yang dituju. Jadi lebih baik berhenti di rest area dan jangan bertumpu pada bahu yang keras.

Selain sebagai tempat istirahat, rest area juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari SPBU, tempat ibadah, toilet, mini market hingga tempat kuliner.

Tidak hanya untuk beristirahat, beberapa rest area juga memberikan pengalaman berwisata bagi pengendara karena menawarkan pemandangan yang indah dan bentuk bangunan yang unik.

Daftar tempat peristirahatan yang instagramable

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (27/10/2022), berikut delapan tempat peristirahatan yang Instagramable. Pengemudi dapat beristirahat saat mengemudi:

  1. Rest area Km 260B, Tol Pejagan-Pemalang

Rest Area 260B terletak di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes. Tempat istirahat ini juga dikenal sebagai Rest Area 260B Heritage-Banjaratma. Bangunan rest area ini merupakan bekas pabrik gula Banjaratma yang didirikan oleh perusahaan Belanda. Tak heran, bangunannya bertema kolonial. Beberapa peluang foto yang populer adalah bekas oven pabrik gula, pabrik gula, permainan seluncur, masjid, dan ilalang. Pengunjung yang mengabadikan momen tersebut bebas alias gratis.

Area bekas tungku di rest area KM 260B Heritage-Banjaratma. (Foto: Dok PT PP Sinergi Banjaratma)

Selain spot foto, rest area ini juga memiliki seluncuran panjang atau disebut Srodotan Donat. Warna pelangi pada slide ini pasti akan menarik perhatian anak-anak. Selain itu, ada sekitar 110 tenant UMKM yang menjual aneka masakan dan suvenir. Rest area ini memiliki luas lahan 10,6 hektar.

  1. Rest Area Km 19, Tol Jakarta-Cikampek

Rest area yang sudah beroperasi sejak 2005 ini memiliki desain modern. Bahkan, kanopi di area SPBU di rest area berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia-Dunia (MURI) untuk kanopi terunik di Indonesia. Tak heran jika pengendara yang singgah di rest area Tol Jakarta-Cikampek Km 19 kerap memanfaatkannya sebagai backdrop foto.

Rest area KM19 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek terletak di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. (Foto: TribunJakarta)

Terdapat fasilitas yang lengkap mulai dari SPBU, restoran, kafe, mini market, ATM, toilet eksekutif, masjid dan bengkel. Baru-baru ini dibangun hotel di Rest Area Tol Jakarta Cikampek Km 19 yang merupakan hotel pertama di Tol Trans-Jawa. Hotel bintang 3 ini memiliki 12 kamar dan dua ruang pertemuan yang bisa disewa oleh pengunjung.

  1. Rest Area Km 456, Tol Semarang-Solo

Rest area Km 456 yang terletak di jalan tol Semarang-Solo Jawa Tengah ini dikenal juga dengan nama Resta Pendopo 456. Rest area ini mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai rest area terbaik di Indonesia.

Pemandangan di sana sangat luar biasa. Dengan luas 3,3 hektar, Resta Pendopo 456 memiliki sky bridge, atau jembatan penghubung, yang menghubungkan gedung-gedung di sisi kanan dan kiri jalan tol. Keunikannya adalah pengunjung yang mampir bisa melihat pemandangan hamparan sawah dan pegunungan yang luas yang bisa menjadi spot foto instagramable. Saat cuaca cerah, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Merbabu.

Resta Pendopo KM 456. (Foto: Astra Infra)

Selain itu, di Resta Pendopo 456 terdapat lima bangunan utama bergaya Joglo dengan atap limas. Bangunan ini memiliki filosofi yang mewakili keberadaan lima gunung di Jawa Tengah, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Ungaran.

  1. Rest Area Km 429, Tol Semarang-Solo

Masih di jalan tol Semarang-Solo, rest area Instagramable selanjutnya adalah rest area Km 429. Tak jauh berbeda dengan Resta Pendopo 456, rest area ini juga menyuguhkan pemandangan pegunungan dan perbukitan hijau bagi pengunjungnya. Lokasinya berada di depan pertigaan jalan keluar menuju Kota Ungaran, Semarang.

Kondisi rest area Tol Semarang-Solo KM 429, Jumat (31/5/2019). (Foto: Kompas.com)

Fasilitas di rest area Tol Semarang-Solo Km 429 juga lengkap, mulai dari masjid, toilet, toko kelontong, mini market, SPBU dan tempat parkir.

  1. Rest Area Km 22, Tol Semarang-Bawen

Tol ABC Semarang. (Foto: Jasa Marga)

Rest Km 22 terletak di Dusun Ngemplak, Susukan, Hongaria Timur. Salah satu ikon rest area ini adalah masjid kubah merah. Kubah merah masjid terlihat megah meski dari jauh. Fasilitas di rest area ini antara lain kantin, supermarket, taman bermain, parkir mobil dan toilet.

  1. Rest area Km 88B, pintu tol Cipularang

Ikon Rest Area Km 88B di Tol Cipularang (menuju Jakarta), Jawa Barat, ini Masjid Al-Safar. Berdasarkan informasi dari website Pemerintah Kota Bandung, masjid ini dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (saat itu Wali Kota Bandung) dengan perusahaan Urbane Indonesia.

Masjid ini menarik perhatian setiap pengunjung karena memiliki desain yang futuristik. Dengan kapasitas 6000 jemaah, Masjid Al-Safar berbentuk seperti permata berwarna abu-abu. Selain masjid, rest area ini juga memiliki wisata foto tiga dimensi (3D) berdasarkan informasi dari situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk mengabadikan momen bersama keluarga.

Masjid Al Safar. (Foto: Jasa Marga)

Tur 3D menampilkan karakter superhero, fauna, dan banyak lagi. Rest area ini mendapatkan predikat terbaik dalam Penilaian Rest Area and Sustainable Toll Roads 2021 berdasarkan informasi dari akun Twitter resmi Kementerian PUPR.

  1. Rest area Km 97, tol Cipularang

Tempat istirahat di Kota Purwakarta, Jawa Barat ini memiliki ikon masjid yang indah yaitu Masjid Al-Miraj. Masjid ini memiliki kubah besar dan dua kubah emas kecil sehingga terlihat megah.

Tempat istirahat ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti. B. tempat kuliner, oleh-oleh, toilet, tempat parkir, SPBU dan lain-lain. Tempat ini merupakan tempat perhentian bagi pengemudi yang berangkat dari Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya.

  1. Rest Area Km 487, Tol Semarang-Solo

Tempat istirahat ini terletak di Desa Gumukrejo, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Saat memasuki rest area, pengunjung melihat patung sapi yang menjadi ikon Kabupaten Boyolali sebagai penghasil susu, seperti dikutip dari situs Trans Marga Jawa Tengah.

Rest area km 487 Tol Semarang Solo, Boyolali. (Foto: Dok.

Tempat istirahat ini juga dikenal dengan nama Rest Area Bale Nglaras. Terdapat atap di rest area sehingga pengemudi dapat beristirahat sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan Kabupaten Boyolali. Rest area ini tidak memiliki SPBU. Lokasinya berada di sisi selatan dan utara jalan tol Semarang-Solo. Setiap rest area memiliki luas 1,3 hektar.

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button