Ingin tahu sejarah singkat Hari Batik Nasional? Yuk baca cerita pendeknya di sini! - WisataHits
wisatahits

Ingin tahu sejarah singkat Hari Batik Nasional? Yuk baca cerita pendeknya di sini!

Indonesia memiliki hari-hari penting yang diperingati oleh semua lapisan masyarakat.

Mulai dari Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober dan masih banyak lagi.

Sejarah Singkat Hari Batik Nasional, gambar oleh Mahmur Marganti dari Pixabay Sejarah Singkat Hari Batik Nasional, gambar oleh Mahmur Marganti dari Pixabay

Di antara hari-hari penting tersebut, ada yang diperingati dengan tidak adanya berbagai kegiatan di masyarakat, dan ada pula yang tidak.

Di antara sekian banyak hari penting yang diperingati tanpa adanya kegiatan di masyarakat, Hari Batik Nasional adalah salah satunya.

Dan pada tahun 2022, Hari Batik Nasional jatuh pada Minggu (2/10/2022).

Hari Batik Nasional diperingati sebagai salah satu momen penting yang terjadi di Indonesia, sejak beberapa tahun lalu UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Budaya Dunia Lisan dan Nonbendawi Manusia.

UNESCO menganggap batik layak dijadikan sebagai warisan budaya kemanusiaan lisan dan takbenda dunia, karena batik memiliki teknik dan simbol yang sangat melekat pada budaya bangsa Indonesia.

Penetapan batik sebagai warisan budaya lisan dan takbenda kemanusiaan jatuh pada 2 Oktober 2009, dalam sidang keempat Intergovernmental Committee yang diadakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Setelah keputusan yang diambil oleh UNESCO, Presiden Republik Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono, menyambutnya dengan sangat baik.

Ia juga menetapkan bahwa setiap tanggal 2 Oktober adalah waktu untuk memperingati Hari Batik Nasional.

Asal Usul Hari Batik Nasional

Penetapan Hari Batik Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009, yang dikeluarkan pada tanggal 17 November 2009.

Keputusan tersebut diambil mengingat batik telah diakui oleh dunia internasional sebagai warisan budaya yang berasal dari Indonesia.

Selain itu, memperingati Hari Batik Nasional juga dinilai sangat baik bagi citra dan martabat bangsa Indonesia di mata negara-negara lain di dunia.

Dan sejak itu, setiap 2 Oktober, melalui Kementerian Dalam Negeri, pemerintah menghimbau seluruh jajaran pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota untuk menggunakan batik dalam peringatan Hari Batik Nasional.

Tidak hanya itu, juga sudah menjadi kebiasaan di seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, yang selalu memakai baju batik di Hari Batik Nasional.

Baik karyawan swasta, mahasiswa atau lainnya, membuat batik seperti aturan berbusana setiap 2 Oktober.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button