Ingin merayakan malam pergantian tahun di Lumajang? Coba 6 wisata ini bukan Gunung Semeru - WisataHits
Jawa Timur

Ingin merayakan malam pergantian tahun di Lumajang? Coba 6 wisata ini bukan Gunung Semeru

Berita Terkini, Perjalanan – Lumajang merupakan kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Keindahan alamnya meliputi pegunungan, pantai, air terjun, dan danau. Merayakan tahun baru di Lumajang pasti tidak akan pernah menyesal.

Kita dimanjakan dengan berbagai panorama yang indah. Selain itu, suasana tempat wisata di Lumajang yang masih asri menambah kemeriahan merayakan tahun baru.

Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan jika ingin merayakan tahun baru di Lumajang:

1. Air Terjun Kapas Biru

Situs Kabupaten Lumajang dikelilingi oleh gunung berapi aktif, yang berarti terdapat banyak air terjun di daerah ini. Salah satunya adalah Air Terjun Kapas Biru. Merayakan malam pergantian tahun di bawah air terjun tentu menjadi pengalaman yang berbeda.

Air Terjun Kapas Biru memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang deras. Air Terjun Cotton Blue diapit oleh dua tebing tinggi dan aliran airnya terbentuk di tepi lembah sungai Besukbang Gklik yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang.

Berita Terkait: Waria Desa Geng Ikuti Penyuluhan HIV/AIDS Gratis

Untuk merayakan tahun baru di bawah air terjun, bisa ditempuh dengan berjalan kaki 1 km dari area parkir motor. Setelah itu, kelelahan Anda akan terbatas. Air terjun ini jatuh dari sungai yang berada di atas tebing. Air yang menerpa dasar tebing menciptakan tetesan air yang menyerupai tirai kabut saat terkena sinar matahari.

Inilah salah satu keunikan Air Terjun Kapas Biru yang tak terlupakan saat merayakan pergantian tahun di Lumajang. Selain air terjun, wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang tirai kabut yang seolah-olah berada di negeri langit.

2. Air Terjun Tumpak Sewu

Selain air terjun Kapas Biru, Lumajang juga memiliki air terjun yang sangat unik dan selalu diminati wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Namanya Air Terjun Tumpak Sewu. Destinasi yang tepat untuk merayakan tahun baru di Lumajang.

Air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu atau dua aliran air. Seperti namanya, Tumpak Sewu berarti “seribu air terjun”. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki aliran air yang melebar dan banyak titik air terjun, kemudian membentuk sungai yang berakhir di Gunung Semeru.

Pesona Air Terjun Tumpak Sewu memang sangat indah dan unik. Tak heran air terjun ini terpilih sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa. Jadi jika ingin merayakan tahun baru di Lumajang, air terjun yang satu ini harus masuk daftar.

3. Tetesan Gua

Goa Tetes merupakan salah satu destinasi wisata unik di Lumajang. Lokasi Goa Tetes berada di dekat air terjun Tumpak Sewu. Meski tidak setenar Tumpak Sewu, Goa Tetes sangat menarik untuk dikunjungi dan bisa dijadikan destinasi perayaan tahun baru di Lumajang.

Goa Tetes merupakan kawasan karst. Gua-gua tersebut terbentuk secara alami dari air yang mengalir melalui bebatuan karst. Letak Goa Tetes tersembunyi tepat di belakang air terjun, lindi dari air terjun mengalir ke mulut goa dan merembes ke salah satu dinding goa, sistem inilah yang melatar belakangi penamaan Goa Tetes.

Di sini Anda bisa menikmati segarnya air terjun yang mengalir dari bebatuan yang mempesona. Akses Goa Tetes bisa langsung terhubung ke Tumpak Sewu atau sebaliknya. Meski wisatawan umumnya lebih memilih jalur Tumpak Sewu – Goa Tetes karena aksesibilitas yang mudah. Sebagian orang menganggap Goa Tetes lebih mudah untuk Anda daki daripada turun.

Berita Terkait: BPD Wonokerto terus mensosialisasikan hasil pengaduan atas upaya masyarakat

Gemericik air di Goa Tetes akan menenangkan Anda saat merayakan tahun baru di Lumajang.

4.Puncak B29

Merayakan malam tahun baru di atas awan? Mengapa tidak. Lumajang dikenal dengan dataran tinggi yang mempesona. Di sini ada destinasi yang dikenal dengan nama “Negeri Diatas Awan” atau Puncak B29. Puncak B29 atau Puncak Argosari berada di ketinggian 2900 mdpl dan merupakan puncak tertinggi di kawasan Gunung Bromo.

Puncak B29 Lumajang biasanya digunakan sebagai tempat perkemahan. Pesona sunrise dan sunset yang sangat indah menjadi salah satu alasannya. Dari Puncak B29 Anda akan dihadapkan dengan pemandangan pegunungan di Jawa Timur. Gunung Bromo, Gunung Batok, Cemoro Lawang, dan Gunung Semeru terlihat jelas dari jauh. Dalam suasana ini Anda tidak akan menyesal merayakan tahun baru di B29.

5.Ranu Regulo

Setiap pergantian tahun, banyak wisatawan yang ingin merayakan pergantian tahun di kawasan lindung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Salah satu yang dikunjungi adalah Ranu Regulo. Tak kalah cantik dari Ranu Kumbolo.

Ranu Regulo adalah tiga rangkaian danau indah di kaki Gunung Semeru dengan kondisi lingkungan yang sangat alami di Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro, Lumajang.

Di Ranu Regulo, keindahan perbukitan hijau yang mengelilingi danau menambah kemeriahan merayakan tahun baru Lumajang. Udara yang sejuk dan lingkungan yang masih alami membuat suasana menjadi lebih hangat. Tak jarang, suara kicauan burung mengiringi.

6. Pantai Watu Godeg

Lumajang tidak hanya memiliki destinasi wisata di dataran tinggi. Di selatan Kabupaten Lumajang terdapat deretan pantai berpasir hitam yang rata-rata nyaman untuk dijadikan tempat merayakan tahun baru Lumajang.

Berita Terkait: Student Achievement Expo 2019, Cak Thoriq: Prestasi Mahasiswa, Masa Depan Cerah

Bagi Anda yang ingin merayakan tahun baru di Lumajang, tak ada salahnya menikmati semilir angin dan deburan ombak yang menerpa pantai-pantai di sini. Salah satunya adalah Pantai Watu Godeg.

Properti wisata pantai ini terletak di Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang. Pantai Watu Godeg memiliki pesona yang sangat menggoda untuk dikunjungi saat merayakan pergantian tahun di Lumajang.

Pantai Watu Godeg, terdiri dari dua suku kata, watu berarti batu dalam bahasa Jawa dan godeg berarti bergoyang. Nama ini berasal dari sebuah kejadian yang sangat unik, di sekitar pantai terdapat sebuah batu karang besar yang menjulang tinggi dan berada di pinggir pantai.

Saat air laut sedang pasang, batu karang ini akan bergoyang akibat terjangan ombak. Asyiknya bermain air di Pantai Watu Godeg menjadi salah satu aktivitas yang bisa Anda coba saat merayakan tahun baru di Lumajang.

Sosialisme dari Utopia ke Indonesia

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button