Ingin liburan Nataru? Simak 5 Daerah Rawan Bencana di Jawa Barat Ini: Okezone News - WisataHits
Jawa Barat

Ingin liburan Nataru? Simak 5 Daerah Rawan Bencana di Jawa Barat Ini: Okezone News

PITA – Wilayah Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki kerawanan bencana alam yang cukup tinggi. Baik pada musim hujan maupun kemarau, beberapa kabupaten/kota sering dilanda bencana.

(Baca juga: 5 Jalan Kemacetan Padat di Bandung yang Wajib Diketahui Traveler!)

Biasanya terjadi bencana alam saat musim hujan seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, banjir, puting beliung. Sedangkan pada musim kemarau biasanya terjadi bencana kekeringan.

Oleh karena itu, traveler yang ingin menikmati liburan Nataru perlu mengetahui hal ini. Berikut beberapa daerah rawan bencana berdasarkan catatan Okezone di Jawa Barat per Sabtu (17/12/2022).

1.Lembang

Lembang di Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki kerawanan bencana yang cukup tinggi. Apalagi saat musim hujan, beberapa wilayah seperti Lembang dan beberapa kecamatan di wilayah selatan menghadapi kerawanan tinggi terhadap longsor, gerakan tanah, dan banjir bandang.

“Di KBB, 11 dari total 16 kecamatan merupakan daerah rawan bencana. Setiap tahun terjadi bencana dan memakan korban,” kata Direktur Penanggulangan Bencana Daerah KBB Duddy Prabowo kepada Okzone baru-baru ini.

2. Ciwidey

Kawasan Ciwidey di Kabupaten Bandung merupakan salah satu kawasan wisata di Bandung Raya. Titik lemah yang umum terjadi biasanya longsor, terutama di wilayah selatan yang merupakan daerah dataran tinggi. Selain itu, keberadaan Sungai Citarum membuat beberapa wilayah rawan banjir, seperti di Baleendah.

3.Subang

Berada di wilayah utara Jawa Barat, kawasan Subang dikelilingi oleh pegunungan dan Laut Utara. Beberapa daerah di Subang sering dilanda bencana. Seperti kawasan Ciater yang berdekatan dengan objek wisata Gunung Tangkubanprahu. Pada saat erupsi terjadi, kawasan Ciater Subang terkena abu vulkanik dari Gunung Tangkubanparahu.

Baca juga: Apakah Anda ingin memesan ulang tiket pesawat dengan Pegipegi? Begini caranya!

4. Garut

Kabupaten Garut merupakan wilayah yang cukup luas di Jawa Barat. Daerah Garut Selatan khususnya sering dilanda tanah longsor, banjir bandang dan gempa bumi. Garut juga merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, sehingga harus berhati-hati karena bencana bisa terjadi kapan saja.

5.Cianjur

Gempa bermagnitudo 5,6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) membuktikan bahwa wilayah Cianjur termasuk daerah di Jawa Barat yang rawan bencana alam. Oleh karena itu, masyarakat dan wisatawan yang datang ke Cianjur pada akhir tahun harus tetap waspada karena intensitas hujan saat ini masih cukup tinggi.

“Gempa Cianjur berdampak sangat besar, sebenarnya 532 gedung sekolah rusak dengan 334 korban jiwa berdasarkan data BNPB,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam rapat di Cimahi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button