Ingatkan Nelayan, DKP Gunungkidul Anjurkan Pantau Informasi BMKG Sebelum Berlayar - WisataHits
Yogyakarta

Ingatkan Nelayan, DKP Gunungkidul Anjurkan Pantau Informasi BMKG Sebelum Berlayar

SuaraJogja.id – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul menghimbau kepada nelayan setempat untuk selalu memantau informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelum melaut untuk mengantisipasi potensi gelombang tinggi.

Krisna Berlian, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul, di Gunungkidul, Kamis, mengatakan pihaknya meminta agar nelayan selalu memantau peringatan dari BMKG terkait situasi dan kondisi gelombang serta kondisi kapal yang akan dikerahkan. . dan jangan memaksakan diri melaut bila situasi dan kondisi tidak memungkinkan.

“Untuk beberapa waktu, pantai selatan Gunungkidul mengalami gelombang tinggi, sehingga nelayan tidak melaut,” kata Krisna Berlian.

Dikatakannya, potensi bencana di wilayah pesisir selatan cukup tinggi. Namun, dengan berkurangnya kekuatan kesiapsiagaan bencana, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul tidak bisa berbuat banyak.

Baca Juga: Meski Musim Hujan, Gunungkidul Diterjang Kebakaran dan Longsor

Pengurangan risiko bencana adalah segala upaya untuk mengurangi risiko bencana. Program kesiapsiagaan bencana dapat dilaksanakan melalui pembangunan fisik dan peningkatan kapasitas untuk menghadapi ancaman bencana.

Kewenangan DKP kini sudah sangat berkurang seiring dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Kami tidak lagi memiliki langkah-langkah pengurangan risiko bencana seperti dulu. Namun, kami bekerja sama dengan BMKG untuk mengadakan sekolah lapangan bagi para nelayan untuk memberikan edukasi tentang dampak cuaca terhadap potensi bencana dan cara mitigasinya,” ujarnya.

Bersama Dinas Tata Ruang dan Negara (DPTR), Dinas Pariwisata (Dispar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tim SAR, DKP juga memastikan sosialisasi sempadan pantai.

“Selain itu, kami juga melakukan pelatihan dan pertolongan pertama kepada nelayan jika terjadi korban laut, dengan melibatkan tim SAR sebagai personel pendukung,” ujarnya.

Baca juga: Mobil Dinas Kepala PUPR Gunungkidul Dihukum Polisi dengan Plat Nomor Gelap

Sementara itu, Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengaku harus mengantisipasi kemungkinan bencana yang mungkin terjadi di tempat wisata saat musim hujan.

“Jika terjadi bencana, mudah-mudahan bisa dikelola dengan baik,” kata Mohammad Arif Aldian. [ANTARA]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button