Industri Pariwisata Yogyakarta Serukan Percepatan Penataan Kawasan Pesisir Selatan - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Industri Pariwisata Yogyakarta Serukan Percepatan Penataan Kawasan Pesisir Selatan – ANTARA News Yogyakarta

Industri Pariwisata Yogyakarta Serukan Percepatan Penataan Kawasan Pesisir Selatan – ANTARA News Yogyakarta

YOGYAKARTA (ANTARA) – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Daerah Istimewa Yogyakarta menyerukan percepatan penetapan kawasan pantai selatan DIY agar pengembangan pariwisata di daerah itu dapat segera dilaksanakan.

“Tentu akan memberikan kejelasan bagi investor, sehingga investor sangat tertarik untuk berinvestasi di sana,” kata Bobby Ardianto, Ketua GIPI DIY, di Yogyakarta, Rabu.

Bobby mengatakan pengembangan pariwisata di pantai selatan sejalan dengan visi dan misi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang ingin menjadikan kawasan selatan sebagai halaman depan DIY.

Baca Juga: Gunungkidul Koordinasikan Pemda DIY Soal Pengelolaan Pantai Gesing

“Supaya ke depan ada harapan bagaimana penataan di Pansela (pantai selatan) benar-benar bisa memberikan daya tarik wisata, kenyamanan dan keamanan,” ujarnya.

Menurutnya, dalam penataan pantai selatan, Pemda DIY dan stakeholder terkait harus segera berkoordinasi dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang banyak bersinggungan dengan “Sultan Ground”.

Menurut dia, investor dan pemangku kepentingan industri pariwisata mengharapkan kejelasan tata guna lahan di kawasan dengan legitimasi keraton.

“Jika rencana utama itu sudah dilegitimasi oleh pihak keraton, tentu akan mempercepat perkembangan pariwisata di sana,” ujarnya.

Salah satu bentuk pengembangan wisata pantai selatan yang didukung oleh GIPI DIY antara lain berupa gagasan konsep wisata malam.

Konsep wisata malam di pantai selatan ini sebelumnya disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Potensi kawasan pantai selatan sangat beragam, terutama untuk wisata kuliner makanan laut populer di Pantai Depok, Bantul dianggap mampu mendukung konsep ini.

“Dalam positive quotes (wisata malam) tentu akan membantu mengingat bandara (Yogyakarta International Airport) berada di sebelah selatan, tentu ini akan memberikan konektivitas dan akan mendukung ketika Yogyakarta telah memutuskan untuk menjadi pusat,” kata Bobby Ardianto.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button