Indosat Business Gelar Roadshow IDE Dampingi Hampir 100 UMKM Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Indosat Business Gelar Roadshow IDE Dampingi Hampir 100 UMKM Bandung

BANDING, Headlinejabar.com

Menyusul perilisan platform digital untuk bisnis UMKM bernama Indosat Digital Ecosystem (IDE) pada pertengahan Oktober lalu, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui Indosat Business mengimplementasikan inisiatif tersebut dengan menyelenggarakan Bandung IDE Roadshow di Hotel Holiday Inn, Bandung (17/112022). ) diadakan. .

Seminar bisnis ini ditujukan bagi para pemangku kepentingan UMKM di kota kembang
merupakan kick-off roadshow dengan topik “Local Business Can Be Bigger”.

Bersama Reza Nurhilman, Founder Maicih Indonesia, sebagai Business Coach, Widirianto Hendro Trilaksono, SVP-Head B2B SMB IOH, Pravityo Yuliandika, VP-Product Owner SMB IOH, dan Entrepreneur Perry Tristianto, Owner De Ranch & Floating Market Lembang, seminar ini berhasil menjaring 95 peserta UMKM Bandung dari berbagai bidang usaha mulai dari makanan, fashion, kerajinan, jasa kreatif digital, real estate hingga start-up.

“Platform IDE lahir dari semangat para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya melalui proses digitalisasi, untuk itu kami telah menyiapkan solusi dalam berbagai kapabilitas IDE untuk menyelesaikan masalah dalam skala ekonomi apapun, termasuk bagi para pengusaha mikro,” ujar SVP Head of B2B SMB IOH Widirianto Hendro Trilaksono .

Pada kesempatan yang sama, Reza Nurhilman, pendiri Maicih Indonesia yang menjadi business coach mengatakan, UMKM dengan kontribusi 61,07% terhadap PDB atau Rp 8,5 triliun merupakan pilar penting bagi perekonomian nasional dan mampu menyerap 97% dari seluruh tenaga kerja di Indonesia. negara. .

“Covid-19 telah mengubah pola konsumsi barang dan jasa dari offline menjadi online, memaksa kita untuk segera beradaptasi dengan transformasi digital. Kini para pelaku UMKM tidak hanya bersaing secara offline, tetapi juga perlu gencar merancang strategi yang tepat di media online untuk memenangkan persaingan bisnis dimana data seperti tren permintaan sudah tersedia.
Konsumen adalah kunci utama.”

Perry Tristianto, pemilik De Ranch & Floating Market Lembang setuju: “Saat ini saya mengelola 27 factory outlet, dua tempat kuliner dan beberapa tempat wisata yang tersebar di seluruh Bandung. Era digital seperti sekarang memaksa saya untuk pandai membaca pasar, tren terkini, gap demand dan supply, serta tools untuk mempermudah operasional yang bertujuan agar kita tetap relevan dengan tuntutan pasar. Fitur platform IDE sejauh ini telah membantu saya menjalankan bisnis dengan lebih baik. Yah karena aku punya
wawasan hiper-lokal, literasi digital, dan pasar untuk akses ke produk teknologi mendalam
sebuah platform.”

Sebagai informasi, platform IDE menawarkan tiga fitur yang ditawarkan kepada pelaku UMKM yaitu IDE Advisory yang menyediakan data atribusi konsumen dan informasi pasar untuk hot sector dan IDE Academy yang memungkinkan pelaku UMKM
Akses ke video pelatihan untuk membangun kapasitas dan keterampilan, terakhir IDE
Marketspace sebagai tempat bertemunya UMKM dengan pemangku kepentingan bisnis lainnya seperti konsumen, vendor, dan pemasok.

“Pada dasarnya, IDE ditujukan untuk semua kalangan pengusaha UMKM, karena layanan yang ditawarkan dapat menyelesaikan masalah skala ekonomi apapun. Solusi bisnis ini tersedia dengan harga terjangkau, bahkan untuk pengusaha mikro, platform ini juga untuk kolaborasi. Jadi ayo #BeraniJadiHebat di IOH,” kata Widirianto.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button