Indonesia akan menjadi lebih aktif secara digital pada tahun 2022, dibungkus dengan literasi dan hiburan digital - WisataHits
Jawa Tengah

Indonesia akan menjadi lebih aktif secara digital pada tahun 2022, dibungkus dengan literasi dan hiburan digital

Gerakan Nasional Literasi Digital (GLDN) Siberkreasi menampilkan literasi digital secara offline dikemas dengan hiburan pada acara Indonesia Makin Cakap Digital (IMDC) 2022 yang akan diadakan di Stadion Internasional Jakarta (JIS).

Acara ini menampilkan dua sesi kuliah yang menampilkan pakar teknologi, praktisi, dan profesional yang secara aktif terlibat dalam ruang digital untuk berbagi pengetahuan tentang pilar literasi dalam mendukung transformasi digital.

“Kompetensi digital tidak selalu harus ditanggapi dengan serius melalui webinar atau seminar, bisa juga dikemas dengan cara ini. Ada hiburan dengan konser musik dan hadiah, juga tempat kita belajar tentang digital skill. Keterampilan digital,” kata Ketua GLDN Siberkreasi Yosi Mokalu saat membuka acara “Indonesia Goes Digitally More Capable 2022” pada Sabtu di JIS, Jakarta Utara.

Baca juga: Pentingnya Keamanan Data Pribadi di Ruang Digital

Selain itu, Yosi mengatakan bahwa penyelenggaraan literasi digital IMDC 2022 yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), merupakan langkah mempersiapkan SDM Indonesia untuk memanfaatkan ruang digital dengan baik.

Ia memberi contoh sosial di dunia nyata, Indonesia terkenal dengan keramahannya, bahkan secara regional, Indonesia meraih predikat negara terindah di dunia versi Forbes.

Yosi berharap rating positif juga bisa diraih Indonesia di ruang digital dan bukan sebaliknya.

Yosi Mokalu, Ketua Gerakan Nasional Cybercreative Digital Literacy "Indonesia semakin digital" 2022 di Stadion Internasional Jakarta, Jakarta Utara, Sabtu (27/822).  (ANTARA/Livia Kristianti)

Yosi Mokalu, Ketua Gerakan Nasional Cyber-Creative Digital Literacy, membuka Indonesia Menjadi Digital Capable 2022 pada Sabtu (27/822) di Stadion Internasional Jakarta, Jakarta Utara. (ANTARA/Livia Kristianti)

Pria yang juga tergabung dalam grup musik Project Pop ini mengatakan, sebagai bagian dari gerakan literasi digital, IMDC 2022 juga memiliki peran penting dalam mendukung optimal ekosistem digital di tanah air.

Penyediaan pendidikan terkait keterampilan digital harus berjalan seiring dengan langkah pemerintah untuk menyiapkan infrastruktur layanan komunikasi digital bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Setelah infrastruktur selesai, semua orang Indonesia dapat menikmati internet dengan akses yang sama. Tidak hanya itu, kami semakin kuat di ruang digital karena semua orang mau menampilkan konten positif,” kata Yosi.

Lanjut membaca

Dua sesi Digital Literacy Talk membahas “Mencipta Daya Tarik dan Inovatif di Era Digital” yang menghadirkan pembicara yaitu Yosi selaku Ketua Siberkreasi, Onno W. Purbo selaku Pakar Teknologi dan Informasi, Andi Nadia Aisyah dan Dims The Meat Guy selaku content creator di luar angkasa digital.

program "Indonesia semakin digital" 2022 yang dimeriahkan dengan konser musik band Maliq and d'essentials di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara, Sabtu (27/8/2022).  (ANTARA/Livia Kristianti)

Acara Indonesia Makin Cakap Digital 2022 dimeriahkan dengan konser musik band Maliq and d’essentials pada Sabtu (27/8/2022) di Stadion Internasional Jakarta, Jakarta Utara. (ANTARA/Livia Kristianti)

Selain itu, untuk sesi literasi digital kedua bertajuk “Personal Branding di Era Digital” yang dibawakan oleh pengusaha dan motivator Merry Riana, Bella Pgabean sebagai sinematografer dan pengaruh Okky Alparessi.

Konser musik acara ini dimeriahkan oleh Maliq dan D’Essentials serta grup idola JKT48.

Baca Juga: Menumbuhkan Talenta Digital untuk Indonesia Cemerlang

Baca Juga: Kemenkominfo-GNLD Siberkreasi Luncurkan 58 Buku Literasi Digital

Baca Juga: Orang Tua Jadi Garda Depan Lindungi Anak dari Cybercrime

Source: id.berita.yahoo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button