Indahnya Kaolin Bangka Belitung, Menawan Biru Bekas Pertambangan - WisataHits
Jawa Timur

Indahnya Kaolin Bangka Belitung, Menawan Biru Bekas Pertambangan

KLIKTIMES.COM | MISKIN– Danau Kaolin merupakan salah satu bekas tambang yang menjadi tempat wisata di Kabupaten Belitung. Danau ini terletak di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Danau Kaolin berasal dari bekas tambang bijih timah yang sudah lama ditinggalkan. Danau Kaolin sering disebut sebagai Kulong Biru.

Meski bekas tambang timah, Danau Kaolin memiliki udara segar tanpa terganggu bau belerang karena kawasan ini bukan kawah gunung.

Baca juga: Rekomendasi Wisata di Balikpapan, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Danau Kaolin memiliki pemandangan yang berbeda dari danau lainnya. Hal ini membuat Danau Kaolin terlihat sangat unik dibandingkan danau pada umumnya.

Setibanya di tempat wisata tepi danau ini, pengunjung akan disambut oleh hamparan air biru jernih nan indah serta perbukitan putih.

Wisatawan dapat berjalan di sepanjang jalur pejalan kaki atau jembatan kayu yang terhubung dengan Dabau Kaolin. Jalur ini memberikan sensasi tersendiri.

Baca juga: Museum Gratis, Tugu Khatulistiwa Pontianak Utara

Lanskap kontras muncul dari perairan jernih berwarna biru kehijauan dengan bukit-bukit dasar pasir putih menjadi bukit-bukit kecil yang mengelilingi kawasan Danau Kaolin.

Sedangkan warna air di danau ini berubah-ubah tergantung suhu udara dan sinar matahari.

Pesona Danau Kaolin mampu memanjakan wisatawan domestik maupun mancanegara. Danau ini juga masuk dalam nominasi destinasi wisata unik terpopuler dalam Indonesian Enchantment Award 2019.

Baca Juga: Air Terjun Batang Kapas, Pesona Alam Tersembunyi di Kampar Riau

Untuk menuju Wisata Danau Kaolin berjarak sekitar 60 km dari Bandara Depati Amir dan sekitar 15 km dari ibu kota Kabupaten Bangka Tengah.

Waktu tempuh dari Kota Pangkal Pinang ke Danau Kaolin sekitar 60 menit. Menuju danau ini bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi, ojek online atau bus Damri dari bandara.

Akses menuju Danau Kaolin sudah didukung untuk pariwisata sehingga memudahkan wisatawan untuk datang ke danau ini setiap saat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button