IMI dan ASITA ingin bekerja sama untuk meningkatkan pariwisata mobil di Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

IMI dan ASITA ingin bekerja sama untuk meningkatkan pariwisata mobil di Indonesia

jakarta

Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Asosiasi Pengusaha Tur dan Perjalanan Indonesia (ASITA) akan bekerja sama untuk mempromosikan pariwisata mobil sport di berbagai daerah. Selain memfasilitasi akomodasi perjalanan, kerjasama ini bertujuan untuk mempromosikan berbagai kegiatan otomotif, baik yang berkaitan dengan olahraga maupun mobilitas, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketua IMI Bambang Soesatyo mengatakan, tidak kurang dari 4.800 event kejuaraan digelar IMI dalam setahun. Mulai dari level lintas klub, regional, nasional dan internasional.

Setelah sukses menjadi tuan rumah FIM Motocross World Championship MXGP 2022 Indonesia mulai 24-26 Juni 2022 di Rocket Motor Circuit, Samota, Sumbawa, NTB, IMI juga akan menghadirkan berbagai event internasional lainnya dalam waktu dekat.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Antara lain, FIM MiniGP Indonesia Series yang akan dimulai pada Agustus 2022 hingga Oktober 2022 di Sirkuit Internasional Sentul Karting, Bogor. Kemudian Kejuaraan Reli Asia Pasifik FIA yang akan digelar pada 23-25 ​​September 2022 di kawasan Danau Toba.

Selanjutnya akan disusul GT World Challenge Asia pada 21-23 Oktober 2022 dan World Superbike Indonesia Series 2022 pada 11-13 November yang keduanya akan digelar di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika di Lombok, NTB.

“Keberadaan berbagai event internasional tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh berbagai pelaku usaha seperti tour and travel operator sehingga dapat membawa manfaat ekonomi bagi mereka dan juga masyarakat sekitar,” kata Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (29/5). /07/2022).

Ketua MPR RI menjelaskan, selain event internasional, berbagai kejuaraan nasional juga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku industri tour and travel. Antara lain, Kejuaraan Reli Nasional Putaran 1 yang akan digelar pada 6-7 Agustus 2022 di Danau Toba, Sumatera Utara. Race 2 dan FIA Asia Pacific Rally Championship pada 23-35 September 2022 juga digelar di Danau Toba, begitu juga Race 3 dan 4 pada 22-23 Oktober 2022 di Muara Bungo, Jambi.

“Stakeholder travel dan industri travel seperti anggota ASITA dapat menjadi mitra strategis IMI untuk mempromosikan kejuaraan ke berbagai kelompok. ASITA dapat menjual paket tiket mulai dari tiket pesawat, hotel dan tiket kejuaraan hingga kebutuhan akomodasi lainnya dengan harga yang terjangkau, kompetitif sehingga menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melihat kejuaraan tersebut sekaligus menikmati keindahan pariwisata Indonesia,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu juga mendorong pemerintah melalui Pertamina untuk menurunkan harga jual avtur. Disampaikan ASITA, kenaikan harga avtur membuat harga tiket pesawat naik. Perluasan perjalanan wisata masyarakat yang semula meningkat setelah penyebaran virus COVID-19 mereda, dimundurkan lagi.

“Biaya avtur rata-rata sekitar 35-40 persen dari biaya operasional pesawat. Sejak 2021, Indonesia sebenarnya sudah memproduksi avtur di dalam negeri, jadi tidak lagi bergantung pada impor,” ujarnya.

“Ironisnya, terkadang harga avtur di Indonesia justru lebih mahal dari harga avtur di Malaysia atau Singapura, bahkan rata-rata selisihnya bisa mencapai 30 persen. Pertamina harus segera mencari solusi agar harga avtur di Indonesia bersaing dengan harga di berbagai negara lain, industri pariwisata tidak lagi terhambat,” pungkas Bamsoet.

Pengurus ASITA yang hadir antara lain Ketua Umum Rusmiati, Sekjen Nofel Saleh Hilabi, Bendahara Umum Hanny Irawan, Wakil Ketua 1 ASITA DPD Jawa Barat dan Ketua Budijanto Ardiansjah, Ketua DPD DKI Jakarta Asita DPD Rocky WP 3 dan Wakil Ketua Umum, Wakil Ketua Umum 5 Didi Leonardo dan Wakil Sekretaris Jenderal 1 Hairani.

(ncm/ega)

Source: oto.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button