Ikuti wisata edukasi sebelum ujian akhir semester Mimau - WisataHits
Jawa Tengah

Ikuti wisata edukasi sebelum ujian akhir semester Mimau

Banjarnegara – Melakukan aktivitas seru sambil belajar tentu sangat menarik. Pembelajaran di sekolah dengan suasana formal terkadang cepat menimbulkan rasa bosan dan lelah pada anak. Belajar sambil jalan-jalan bisa menjadi solusi yang menyenangkan namun tetap menambah wawasan. Demikian yang dilakukan MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (Mimau) pada Jumat dan Sabtu (12/11) bersama siswa kelas V dan VI.

Disampaikan oleh Wahyul Khomisah selaku Kepala Madrasah kepada seluruh siswa Kelas V dan VI sebelum keberangkatan.

“Kegiatan wisata ini merupakan penyegaran otak dan tubuh kita menjelang pelaksanaan Ujian Akhir Semester (PAS). Semoga setelah pelaksanaan ini kita bisa meningkatkan semangat belajar untuk meraih semua prestasi dan mari berdoa semoga perjalanan kita lancar, sehat dan selamat,” ujar Wahyul.

Wisata edukasi ke kota Semarang ini menyasar tiga tempat yaitu Masjid Raya, Cimory dan Saloka. Berangkat dari kota Gilar-gilar Banjarnegara pada hari Jumat pukul 00:00 sampai di Masjid Raya Semarang pukul 04:00. Setibanya di Masjidil Haram, seluruh santri dan Dewan Guru Mimau melakukan pembersihan badan dan sholat subuh bersama. Kemudian makan pagi sebelum menuju tempat wisata Cimory dan Saloka.

Kesan seorang guru kelas diberikan saat beristirahat sambil bercengkerama dengan sesama guru di halaman masjid usai sarapan.

“Belajar dan bepergian dapat membantu anak melihat dunia dengan cara yang berbeda,” kata Nuri.

Sebanyak 78 orang yang terdiri dari panitia, seluruh dewan guru dan siswa mengikuti kegiatan tersebut. Belajar dan jalan-jalan tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak, orang dewasa juga bisa ikut memperluas ilmu, termasuk tujuan kedua yaitu Cimory. Wisata edukasi ini mengenalkan anak-anak pada proses memerah susu sapi dan kebun binatang mini.

Selain itu, anak-anak di Cimory dapat belajar menanam dan memanen sayuran di kebun yang telah disediakan. Bisa juga memberi makan kelinci dan belajar memanah dengan bantuan petugas. Berwisata tidak hanya dapat memberikan wawasan dan pengetahuan, tetapi juga memacu adrenalin (pertahanan tubuh) dengan bermain di taman wisata bertema Saloka, tujuan akhir perjalanan. Setelah kurang lebih 5 jam di Saloka, akhirnya rombongan Mimau selesai menikmati aktivitas dengan sangat senang dan ceria. Sesuai dengan slogan Saloka Cheers Never Ends.(nf)

Tampilan postingan: 18

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button