IKPMDI DIY berharap hak pilih mahasiswa asing di DIY dapat dipertimbangkan dengan baik pada pemilu 2024 - WisataHits
Yogyakarta

IKPMDI DIY berharap hak pilih mahasiswa asing di DIY dapat dipertimbangkan dengan baik pada pemilu 2024

Jogja, dprd-diy.go.id – Ikatan Keluarga Mahasiswa Daerah Indonesia (IKPMDI) DIY mengunjungi gedung DPRD DIY pada Rabu (12/10/2022). H. Koeswanto, SIP selaku Ketua Komisi D DPRD DIY didampingi oleh Dr. R. Stevanus Christian H, S.Kom, MM selaku anggota Komisi D DPRD DIY menerima sidang yang berlangsung di serambi lantai 1 gedung DPRD DIY.

Pertemuan ini difokuskan pada pemaparan Pengurus IKPDI DIY dan pertanyaan dari IKPDI DIY kepada DPRD DIY mengenai hak pilih dan hak konstitusional mahasiswa asing yang belajar di DIY untuk dipertimbangkan saat melakukan pemilihan presiden 2024.

“Mengingat mahasiswa daerah di Yogyakarta sangat banyak dengan jumlah yang signifikan dan kita juga mendekati dinamika Pilkada 2024, kita harus memberitahu DPRD perjuangan kita untuk mahasiswa daerah di Yogyakarta agar hak politik dan hak konstitusional kita sebagai warga negara teman-teman daerah kita ada di Yogyakarta jika memungkinkan dalam penyelenggaraan Pilpres 2024,” ujar Asrizal selaku Ketua IKPDI DIY.

Asrizal juga mengungkapkan ada sekitar tiga ratus ribu mahasiswa dari luar daerah yang belajar di DIY. Dengan jumlah mahasiswa luar daerah yang cukup signifikan, IKPMDI DIY menyikapi isu hak politik bagi mahasiswa luar daerah peserta DIY pada Pilpres 2024.

“Tidak mungkin jumlah yang begitu besar tidak bisa memilih karena pembatasan DPT, jadi mereka harus kembali ke kampungnya dulu, baru bisa memilih dalam pemilihan umum, baik itu pemilihan presiden, legislatif, maupun daerah.” , lanjut Asrizal.

IKPMDI DIY berharap DPRD DIY dapat membantu menjembatani dan memediasi aspirasi, ketakutan, dan hambatan yang dihadapi mahasiswa asing di DIY terkait haknya untuk berpartisipasi secara politik dalam pemilu, khususnya pada pemilihan presiden 2024, yang akan segera terjadi di pemerintah pusat.

Menjawab pertanyaan dari IKPMDI DIY, H. Koeswanto, SIP. akan mendukung IPMDIY mengenai hak-hak politik mahasiswa dari luar daerah yang bergerak di DIY dengan berkoordinasi dan mengundang instansi terkait untuk membahas apa yang menjadi aspirasi IPMDI DIY.

“Saya mendukung IKPMDI DIY. Dan sebagai wakil rakyat, kita sudah menangkap aspirasi Sahabat IKPMDI kita, dan dalam hal ini kita akan segera berkoordinasi, menengahi dan mengundang instansi terkait atau KPU untuk menengahi dan membahas apa saja aspirasi Sahabat IKPMDI-DIY itu,” ujar Koeswanto.(Ljm)

Dilihat: 33

Source: www.dprd-diy.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button