IKA Unair dan POSSI Jatim adopsi 7.700 terumbu karang di Pasir Putih Situbondo - WisataHits
Jawa Timur

IKA Unair dan POSSI Jatim adopsi 7.700 terumbu karang di Pasir Putih Situbondo

Situbondo (ANTARA) — Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga Surabaya bersama Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur telah mengambil alih dan menanam 7.700 terumbu karang untuk pelestarian ekosistem laut di Laut Pasir Putih. Kawasan Wisata Situbondo, Sabtu.

Ketua VII IKA Unair Surabaya Mirza Muttaqien mengatakan terumbu karang ini merupakan rumah bagi biota laut yang sangat penting untuk dilestarikan.

“Karena jika biota laut berkembang dengan baik, ikan secara alami akan berkembang biak dengan sangat baik, yang akan mempengaruhi kesejahteraan nelayan,” kata Ketua Pengprov POSSI Jatim.

Ia menjelaskan, dalam kondisi normal, terumbu karang hanya tumbuh dan berkembang sekitar 1 sentimeter dalam setahun.

Sedangkan dalam kondisi tidak normal, sampah laut, arus, atau banyak hal lainnya bisa mati. Oleh karena itu, perawatan dan pemantauan rutin harus dilakukan.

Kegiatan bertema Adopsi 7.700 Terumbu Karang ini melibatkan 11 komunitas penyelaman di Jawa Timur. Bersama-sama mereka menyelam ke dasar laut untuk memantau terumbu karang yang ditransplantasikan beberapa bulan lalu dan sekaligus menanam terumbu karang.

“Ada 11 komunitas selam yang membangun komitmen bersama. Secara khusus, mereka yang telah menjalani transplantasi, kami secara bertahap memperlakukan mereka sebagai gerakan bersama,” katanya.

Mirza menambahkan, gerakan peduli terumbu karang diawali dengan Wisata Bahari Pasir Putih di Situbondo Jawa Timur. Karena Laut Pasir Putih memiliki sejuta keindahan.

“Inilah awal dari gerakan konservasi terumbu karang dari Pasir Putih Situbondo ke Jawa Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono mengingatkan perlunya gerakan konservasi terumbu karang untuk melindungi biota di dasar laut.

“Untuk melestarikan dan menghasilkan ikan yang berkualitas, salah satu caranya adalah dengan menanam mangrove dan mengadopsi terumbu karang,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button