'IDESEMBER' memamerkan ratusan karya mahasiswa UK Petra - Lentera Today - WisataHits
Jawa Timur

‘IDESEMBER’ memamerkan ratusan karya mahasiswa UK Petra – Lentera Today

SURABAYA (Lenteratoday) -IDESEMBER menampilkan ratusan desain yang diciptakan melalui kreativitas Prodi Desain Komunikasi Visual (VCD) dan Desain Tekstil dan Mode di Universitas Kristen Petra Surabaya.

Turut hadir dalam kesempatan itu band Dandelions dari Surabaya yang mengenakan pakaian buatan mahasiswa Petra asal Inggris.

Dosen penanggung jawab acara, Deddi Duto Hartanto, mengatakan karya yang dipamerkan merupakan portofolio dari berbagai mata kuliah. Acara ini juga menjadi puncak semester sebelum mahasiswa berlibur di akhir tahun.

“Kolaborasi berbagai mata pelajaran yang menghasilkan karya baik berupa karya 2D, 3D maupun busana. Sebanyak 120 karya dipamerkan secara atraktif,” ujarnya, Jumat (16/12/2022).

Bagi mahasiswa VCD, karya yang ditampilkan merupakan hasil tugas mata kuliah Komunikasi Ide Kreatif (KIK), Prinsip dan Elemen Tipografi dan Desain. Sedangkan karya untuk mahasiswa desain tekstil dan busana berasal dari mata kuliah Komposisi Visual.

Semua desain yang dipamerkan harus mengandung unsur kearifan lokal kota Surabaya. Secara khusus gambaran potensi wisata di Surabaya. Hal ini diyakini dapat membantu mem-branding kota Surabaya di mata masyarakat.

“Berkreasilah dalam bentuk media konvensional yang unik, mulai dari lampion kreatif, tote bag hingga poster. Pameran dari Monumen Kapal Selam, Wisata Mangrove, Kebun Binatang Surabaya, Sentra Ikan Bulak dan lain-lain,” jelasnya.

Terkait fashion yang dibuat khusus untuk anggota band Dandelions, mahasiswa diberikan tantangan untuk merancang busana dan aksesoris dengan nuansa retro 1970-an. Hal ini disesuaikan dengan sifat dandelion.

“Aksesori berupa kemeja, celana, selendang (scarf), bucket hat, vest, sepatu dan aksesoris unik lainnya sesuai dengan image Dandelions Band,” jelasnya.

Selain itu, Deddi berharap acara ini bisa menjadi iming-iming untuk menjalin kerjasama dengan pihak di luar universitas. Ia juga tidak mengesampingkan tawaran dari pemerintah

Reporter: Azzahra | Editor: Arifin BH

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button