IA-ITB Luncurkan Tobaverse untuk Tingkatkan Potensi Pariwisata - WisataHits
Jawa Barat

IA-ITB Luncurkan Tobaverse untuk Tingkatkan Potensi Pariwisata

Jumat, 22 Juli 2022 – 18:40 WIB

IA-ITB berinovasi dengan meluncurkan Tobaverse, platform metaverse untuk Danau Toba. Foto dokumentasi IA-ITB

jpnn.com, JAKARTA – Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) berinovasi dengan meluncurkan Tobaverse, platform metaverse untuk Danau Toba.

Platform ini memungkinkan orang untuk menjelajahi daerah sekitar Danau Toba secara 3D. Aplikasi ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata di Sumatera Utara khususnya di sekitar Danau Toba.

“Banyak manfaat yang bisa diraih melalui platform metaverse Danau Toba ini,” kata Gembong Primadjaja, Ketua Umum Pengurus Pusat IA-ITB, dalam siaran persnya, Jumat (22/7).

Selain dapat lebih jelas melihat konfigurasi kontur baik di permukaan maupun di bawah permukaan, masyarakat dan pihak-pihak yang terkait dengan pembangunan juga dapat membuat desain pada kontur riil kawasan Danau Toba.

Selain itu, ada juga berbagai game seperti yang ada di game 3D yang bisa dimainkan di Tobaverse ini.

Tobaverse yang dipresentasikan pada Women 20 (W20) Summit yang diselenggarakan 19-21 Juli 2022 di Parapat, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, merupakan hasil kerjasama IA-ITB dengan Kantor Pelaksana Otoritas Danau Toba (PBODT). Hal ini juga terjadi sehubungan dengan percepatan pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba.

Presiden BPODT Jimmy Panjaitan mengatakan itu adalah langkah nyata. Ia mengaku senang bekerja sama dengan IA-ITB yang tidak hanya seorang profesional TI yang terlibat dalam kegiatan ini.

Namun, para desainer, arsitek, pejabat dan juga ahli geologi ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Source: m.jpnn.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button