HUTAN PINUS BANDUNG: 7 tempat wisata keren - WisataHits
wisatahits

HUTAN PINUS BANDUNG: 7 tempat wisata keren

Kawasan Bandung memang identik dengan cuaca sejuk yang cenderung dingin. Suasana ini ditemukan terutama di kawasan hutan pinus. Deretan pohon pinus menebar oksigen segar yang membuat suasana liburan semakin nyaman. Jelajahi area Hutan Pinus Bandungberikut 7 destinasi yang bisa menjadi referensi:

1. Hutan Anggrek Hutan Pinus Cikole Lembang Bandung

Hutan Anggrek Bandung Barat.Hutan Anggrek Bandung Barat. Foto: GMap/Akash Senjaliya

Terletak di Lembang, Hutan Anggrek Cikole di tengah sejuknya hutan pinus Bandung Barat. Destinasi ini merupakan wisata taman anggrek terbesar di Indonesia dengan koleksi hingga 157 jenis anggrek. Buka sejak 2017, koleksi anggreknya termasuk spesies langka dari spesies lokal dan asing.

Saat berada di kawasan hutan lindung seluas 12 hektar, Anda bisa merasakan sensasi alam yang menyegarkan. Lalu ada beberapa wahana menarik di antara pohon pinus yang menjulang tinggi. Wahana utamanya adalah Wood Bridge, sebuah jembatan sepanjang 50 meter yang dipagari lampu berkelap-kelip di malam hari. Selain itu, ada juga ampiteater, Taman Cahaya juga tempat perkemahan.

Baca: 8 Destinasi Wisata Terkenal di Bandung Barat

2. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Juanda Bandung.Taman Hutan Raya Juanda Bandung. Foto: GMap/jeannie_yahya

Parc Forestier Ir. H. Djuanda berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 99, Ciburial. Dikenal juga dengan namanya Tahu Juanda, kawasan ini memiliki kawasan konservasi sekitar 7 kilometer dari pusat kota Bandung. Wilayahnya meliputi hutan pinus, serta Sungai Citarum dan Sungai Cikapundung. Alirannya membentang dari Curug Dago hingga Curug Maribaya.

Parc Forestier Ir.H.Djuanda resmi didirikan pada tahun 1965. Pembukaan destinasi ini merupakan bentuk apresiasi atas jasa Ir. H. Raden Djoeanda Kartawijaya. Ia merupakan putra Pasundan yang menjabat sebagai Perdana Menteri ke-10 Indonesia.

Dengan luas minimal 526,98 hektar, kawasan ini memiliki koleksi ribuan jenis tumbuhan. Alam Tahura Djuanda menjadi rumah berbagai satwa seperti kera, burung Ketilang, Kepodang.

Sambil menjelajahi kawasan hutan, wisatawan bisa menemukan berbagai objek wisata yang menarik. Di dalamnya terdapat Air Terjun Kidang, Air Terjun Omas Maribaya, Air Terjun Koleang dan Air Terjun Lalay. Lalu ada Gua Jepang, Gua Belanda, Batu Batik, Tebing Keraton, dan Peternakan Rusa.

Baca: 7 Gunung Populer di Bandung yang Cocok untuk Trekking

3. Terminal Wisata Hutan Pinus Grafis Cikole Bandung

Kunjungan ke Terminal Wisata Grafis hutan pinus Cikole Bandung.Kunjungan ke Terminal Wisata Grafis hutan pinus Cikole Bandung. Foto: GMap/Yuli Sunaryati

Konsep wisata alam, Grafis Terminal Wisata Cikole terletak di jalan raya Tangkuban Parahu Km 8. Lokasinya berada di kaki gunung pada ketinggian sekitar 1400 mdpl, tidak jauh dari hutan anggrek Cikole.

Terminal Wisata Grafis Cikole menawarkan berbagai aktivitas keluar di tengah hutan pinus. Kawasan seluas minimal 9 hektar ini memiliki iklim sejuk khas kawasan pegunungan Lembang. Dengan suhu harian 20°C, destinasi ini menghadirkan nuansa liburan yang menyegarkan.

Orang dewasa dan anak-anak dapat mencoba berbagai wahana keluar. Kendaraan rubah terbang mengajak wisatawan meluncur di ketinggian 25 meter kali 125 meter. Juga ada bola cat, menuruni tebing, Jembatan Burma dan Jembatan Dua Tali.

Lokasi ini juga menawarkan akomodasi bernuansa alam di urban camp, family campsite, dan tempat wisata alam. Selain itu ada juga Balai Dayang Sumbi, Saung Lesehan, Rumah Makan Sunda dan Balai Hutan dengan sajian kulinernya.

Baca: 8 Destinasi Wisata Bandung Populer

4. Wisata Hutan Pinus Pal 16 Cikole Bandung

Mengunjungi hutan pinus Pal 16 Cikole Bandung.Mengunjungi hutan pinus Pal 16 Cikole Bandung. Foto: GMap/sobat 16 kunjungan ke hutan pinus cikole

Masih di Tol Tangkuban Parahu, teman hutan pinus 16 menambah daftar wisata hutan pinus. Letaknya sangat dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu, pada awalnya tempat ini berada tempat peristirahatan. Kontur datarannya lurus dengan udara yang sejuk sehingga cocok untuk tempat peristirahatan. Selain itu suasana yang ditawarkan tenang dengan pemandangan hutan pinus dan udara yang menyegarkan.

Destinasi Hutan Pinus Pal 16 Cikole menawarkan lokasi untuk beraktivitas keluar dan berkemah. Menikmati suasana alam, wisatawan juga bisa bersantai di puncak tempat tidur gantung bersarang di pohon pinus. Sejumlah jalan-jalan foto juga tersebar di sekitar area dengan latar belakang hutan pinus yang rimbun.

Baca: Segarnya 7 Destinasi Wisata Curug di Bandung

5. Kunjungi batu dengan menunggang kuda

Wisata Hutan Pinus Batu Kuda BandungMengunjungi Hutan Pinus Batu Kuda Bandung. Foto: GMap/Rizki Rismawan

Kunjungi batu dengan menunggang kuda fitur Hutan Pinus Batu Kuda Manglayang di Cileunyi, Kabupaten Bandung. Buka sejak 1982, domain ini berada di ketinggian lebih dari 1.000 Mpdl. Menawarkan udara dataran tinggi yang segar. Ditambah lagi dengan kabut halus yang sering turun di kawasan cagar budaya dengan hutan pinus. Situs Batu Kuda sendiri berjarak sekitar satu kilometer dari pintu masuk kawasan tersebut.

Spot Pemandangan Batu Kuda merupakan salah satu pos yang menjadi bagian dari Jalur Panjat Tebing Malangyang. Melacak lintas alam di sekitar area tersedia dalam bentuk Melacak tangga. Lalu banyak juga turis yang bersepeda juga berlari dengan masyarakat di daerah ini. Selain itu, wisata Batu Kuda menjadi tempat favorit para pendaki camping.

Sedangkan dari pos pengamatan yang tersedia, wisatawan bisa melihat pemandangan kota Kota Bandung terbentang di kejauhan. Wilayah ini kondusif untuk relaksasi bersama tempat tidur gantung dan kegiatan “botram” atau piknik keluarga dalam bahasa Sunda. Batu Kuda juga cocok untuk mencicipi kopi khas yang langsung diproduksi di kawasan Manglayang.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Puncak Bintang Bandung

6. Kamp Hutan Pinus Bandung

Perkemahan hutan pinus Lembang Bandung.Perkemahan hutan pinus Lembang Bandung. Foto: GMap/Habib Febriansyah

Perkemahan hutan pinus menghadirkan area camping eksklusif di Lembang, sekitar 22 kilometer dari pusat kota Bandung. Lokasinya berada di tengah hutan pinus di ketinggian minimal 1200 mdpl dengan udara yang segar. Buka sejak 2003, semua kebutuhan berkemah telah dipenuhi dengan fasilitas bergaya.

Kawasan wisata Pine Forest Camp Lembang juga memenuhi kebutuhan aktivitas keluar wisatawan. Berbagai wahana tersedia seperti Pampers Pole, Elvis Walk, tali tinggi, off-road sampai rubah terbang. Untuk bermalam, tersedia paket kemah standar, kemah eksklusif, dan berkemah POD. Selain itu juga ada villa, aula, area api unggun, jalan setapak mengikuti, bahkan sampai lapangan helikopter.

Baca: TEMPAT WISATA DI LEMBANG: 20 Destinasi Terbaik

7. Wisata Hutan Pinus Pananjung Bandung

Wisata Pinus Pananjung Bandung.Wisata Pinus Pananjung Bandung. Foto: GMap/ARJUNA SAMBA

Sudah lama populer, Wisata Pinus Pananjung digemari oleh wisatawan bahkan dari luar kota Bandung. Kawasan ini memadukan konsep wisata alam hutan pinus dengan keindahan pemandangan dari ketinggian. Begitu memasuki kawasan, wisatawan langsung disuguhkan pohon pinus yang menjulang tinggi. Oksigen alami yang dihasilkannya begitu menyegarkan bagi jiwa dan raga.

Selain hutan pinus, kawasan ini juga memiliki tempat hang-gliding untuk kegiatan olahraga paralayang. Dikenal sebagai Negeri di Atas Awan, titik awal layang gantung ini menampilkan pemandangan alam yang menakjubkan. Wisatawan bisa melihat hamparan kota Bandung dan Cimahi, PLTA Saguling, perbukitan hingga Gunung Tangkuban Perahu.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button