Hutan Mangrove Kulon Progo, Wisata Alam Sejuk - WisataHits
Yogyakarta

Hutan Mangrove Kulon Progo, Wisata Alam Sejuk

Jumat, 2 September 2022 – 11:05 WIB

Perjalanan VIVA – Hutan mangrove Kulon Progo menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan. Hutan Mangrove Kulon Progo menawarkan wisata alternatif dan edukasi. Tempat ini merupakan suaka mangrove pertama di Yogyakarta. Terletak tidak jauh dari Pantai Congot, tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon Kulon Progo, tempat wisata ini sangat mudah untuk diakses.

Dengan luas lebih dari 3 hektar, wisatawan bisa menikmati hutan mangrove di pesisir pantai dan Sungai Bogowonto. Wisata mangrove di Kulon Progo terbagi menjadi tiga kawasan wisata yaitu wisata mangrove Pasir Mendhit (paling barat), kemudian wisata mangrove Jembatan Api Api (tengah) dan wisata mangrove Pantai Kadilangu (paling timur).

Pemandangan hutan mangrove yang hijau dan garis pantai yang indah menjadi daya tarik utama objek wisata Hutan Mangrove Kulon Progo. Tidak hanya itu, di tempat wisata ini juga terdapat berbagai jenis spot foto yang unik dan menarik dengan latar belakang hutan mangrove dan pantai. Diantaranya adalah ayunan, gazebo, jembatan pemadam kebakaran, jalur bambu di antara pohon bakau dan masih banyak lagi. Wisatawan dapat menikmati keindahan salah satu wisata hutan mangrove ini dengan biaya masuk yang terjangkau.

Daya Tarik Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulon Progo, Yogyakarta.

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulon Progo, Yogyakarta.

Tempat wisata ini awalnya didirikan sebagai cagar alam dan untuk menghindari gesekan. Perencanaan penggunaan kawasan ini sudah dilakukan sejak tahun 1989. Tempat wisata ini masih berada di kawasan Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik.

Salah satu objek wisata di hutan mangrove Kulon Progo adalah Jembatan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo. Di tempat ini, Anda akan menikmati udara sejuk dan dingin karena dipenuhi dengan hutan mangrove. Suasana sejuk dan menenangkan ini menenangkan pikiran.

Anda juga bisa berfoto selfie di Ready-Fire Bridge. Jembatan ini dibangun di antara hutan bakau yang lebat. Selain itu, Anda juga bisa bermain ayunan. Dengan pemandangan yang begitu unik di objek wisata ini menjadikan hutan mangrove salah satu spot paling populer untuk selfie.

Tempat menarik lainnya adalah jembatan penyeberangan segitiga, di sebelahnya ada sudut pandang. Di tempat ini Anda bisa berfoto selfie dan berfoto. Ada juga suasana romantis seperti tempat pernikahan. Ini sangat cocok untuk Anda berfoto bersama pasangan.

Hutan Mangrove Kulon Progo tidak kalah dengan wisata lain yang mengusung konsep Korea Selatan. Ada juga iklan kunci cinta yang menampilkan berbagai jenis kata cinta. Tentunya ini menjadi salah satu pesona yang bisa Anda abadikan dengan mengambil foto souvenir. Kamu juga bisa berfoto di tempat ini sebelum pernikahan silakan lihat.

tiket masuk

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Jika Anda ingin mengunjungi hutan mangrove Kulon Progo, harga HTM sangat terjangkau. Pengunjung akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp 3000 per orang. Parkir motor hanya Rp 2000. Sedangkan parkir dikenakan Rp 5.000 dan parkir minibus dikenakan biaya Rp 10.000.

Meski dikelola oleh pemerintah setempat, belum ada fasilitas lengkap di kawasan wisata ini. Fasilitas umum tersebut seperti toilet, mushola dan tempat sampah. Selain itu, terdapat tempat parkir yang luas dan juga warung yang menawarkan berbagai macam makanan.

Rute Menuju Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan mangrove Kulon Progo tidak jauh dari pusat kota. Jika Anda datang dari pusat kota Jogja, ambil jalur menuju Jalan Wates. Kemudian berjalan lurus menyusuri Jalan Wates hingga bertemu Patung Nyi Ageng Serang.

Dari patung ini, ambil jalan setapak menuju Purworejo. Lurus saja di jalan utama menuju Terminal Wates. Setelah itu berkendara sekitar 10 km melewati Rumah Makan Padang Murah Meriah yang cukup besar, kemudian Anda akan menemui pertigaan berbentuk Y.

Pilih jalan ke kiri. Lanjutkan perjalanan hingga bertemu dengan Jembatan Congot. Pilih jalur barat sekitar 100 meter. Di sebelah kiri jalan utama ada papan bertuliskan Dusun Pasir Mendit. Masuki jalan setapak dan Anda akan melihat banyak tanda yang mengarahkan Anda ke hutan bakau Kulon Progo.

Demikian gambaran tentang tempat wisata hutan mangrove Kulon Progo. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda dan bermanfaat. Berhati-hatilah agar lingkungan sekitar tetap bersih dan nyaman bagi wisatawan lain. Selamat Liburan dan perhatikan catatan kesehatan.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button