HUT ke-141 Pura Poncowinatan semarak - WisataHits
Yogyakarta

HUT ke-141 Pura Poncowinatan semarak

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Halaman Klenteng Kwan Tee Kiong atau Pura Poncowinatan di Yogyakarta terlihat lebih ramai akhir pekan ini dari biasanya, halaman gedung tua ini dipenuhi dengan kios-kios yang menjual berbagai kuliner. Tidak hanya warung makan dan minum, ada juga warung tie-dye, warung archer club, warung shufa dan guohua, ramalan dan i-ching.

Ada juga tampaknya beberapa orang datang dan pergi. Hiruk pikuk Pura Poncowinatan tak lepas dari perayaan HUT ke-141 pura ini. Selama tiga hari, Jumat (22/7) – Minggu (24/7), berbagai kegiatan berlangsung di pura ini. Moderator memimpin dalam dua bahasa. bahasa Indonesia dan bahasa Mandarin.

Di sisi lain, ada yang bermain panahan, ada yang sedang mempersiapkan pertunjukan wayang. Sejumlah pemain gamelan dan sinden juga telah disiapkan. Pertunjukan wayang kulit kali ini menampilkan akulturasi budaya yaitu Wayang Tionghoa Jawa (Wacinwa) dengan lakon Sie Jin Kwi yang dibawakan oleh dalang Ki Aneng Kriswantoro.

Ketua Pelaksana Perayaan HUT ke-141 Candi Poncowinatan Muwardi Gunawan mengatakan, diharapkan dengan berbagai kegiatan memperingati hari jadi ini, rasa cinta, toleransi dan kerukunan antar suku, ras, budaya dan agama di nusantara khususnya di Jogja dapat meningkat. “Menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan budaya Indonesia,” katanya, Sabtu (24/7/2022).

UNMAHA 728×90

Baca Juga: Zhong Qiu Jie 2019 Akan Digelar di Klenteng Poncowinatan

Selain menghidupkan kembali seni budaya Tionghoa yang telah lama ditinggalkan, diharapkan rangkaian kegiatan dengan hadirnya berbagai lapak dagang dan kegiatan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Menurutnya, potensi Pecinan di kawasan Kranggan bisa menjadi potensi wisata baru di Jogja.

Baca Juga: Kini Ada Sudut Baca Cantika di Pura Poncowinatan

Informasi Tambahan: Pura Poncowinatan didirikan pada tahun 1879 di bawah kepemimpinan Sri Sultan HB VII. HB VII kemudian memberikan tanah sebagai hibah. Untuk menghormati keraton Yogyakarta, bangunan candi menghadap ke selatan menuju keraton. (Gua)

Agensi digital BERNAS.id 970×90

Source: www.bernas.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button