Hujan deras, pohon setinggi 20 meter tumbang - WisataHits
Jawa Timur

Hujan deras, pohon setinggi 20 meter tumbang

Personel gabungan membersihkan material pohon tumbang di Tol Oro-Oro Ombo, Desa Temas, Kota Batu. (MVoice/Pusdalops BPBD Kota Batu)

SUARA WARNA Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang. Tempat kejadian adalah Jalan Raya Ombo-ombo, Desa Temas, Kota Batu. Dekat dengan tujuan wisata Jatim Park II.

Pusdalops BPBD Kota Batu melaporkan, pohon tumbang itu terjadi sekitar pukul 14.45 WIB, Selasa (8/11). Setelah kejadian itu, dua unit toko rusak tertimpa material kayu yang berjatuhan.

“Tidak ada korban luka dalam kejadian ini. Dua bangunan komersial di dekat insiden itu mengalami kerusakan ringan. Pemiliknya Pak Kodim warga Dau Kabupaten Malang dan Pak Ismandi warga Kota Batu,” kata Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu.

Baca juga:D77 Bakso Panggang Kaya Rempah-rempah, Kane Lop!

Baca juga: KPU Kabupaten Malang memperkirakan anggaran pilkada 2024 akan menelan Rp 150 juta

Baca juga: Pelanggan Perumda Tugu Tirta Kota Malang mengeluhkan distribusi air tidak lancar

Arus lalu lintas sempat mengalami kendala karena salah satu lajur terhalang pohon tumbang berdiameter 40 sentimeter dan tinggi 20 meter. Petugas juga memaksa arus lalu lintas untuk membuka dan menutup selama proses pembersihan material kayu yang ambruk.

Diperkirakan pohon itu mati, sehingga akarnya busuk, tambah Agung.

Baca juga: Bahaya bencana mengintai di Kota Batu, meski skor IRB menurun

Baca juga: Anggaran untuk daerah rawan bencana masih rendah

Baca juga: BPBD Kota Batu sebar EWS ke sejumlah daerah rawan longsor

Selain itu, Agung menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya pohon tumbang. Mengingat kejadian tersebut kemungkinan akan terjadi saat musim hujan tiba. Apalagi saat hujan deras dan angin kencang.

“Masyarakat harus waspada dan tidak terlalu dekat dengan pohon tumbang. Apalagi pohon yang sudah tua dan rapuh,” pungkasnya.(der)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button