Hiking the Hungarian Mountain Climbing Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Hiking the Hungarian Mountain Climbing Semarang

Bagi anda pemanjat tebing baru, Semarang menawarkan pemandangan gunung yang indah cocok untuk anda yang baru belajar panjat tebing. Gunung Ungaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah bisa menjadi pilihan pendakian yang aman bagi pemula.

Gunung yang merupakan jenis stratovolcano atau gunung berapi tipe C ini dikelilingi oleh banyak sumber air panas di kaki gunung. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Semarang, jangan lupa tambahkan Gunung Ungaran ke dalam listnya Daftar Keinginan Kita.

Atraksi Gunung Hongaria

Meskipun menjadi salah satu gunung berapi di Indonesia, Gunung Ungaran merupakan tempat wisata yang cukup populer dengan berbagai atraksi yang luar biasa.

1. Jalur pendakian ramah pemula

Gunung Ungaran, gunung yang ramah untuk didaki di kota Semarang

Gunung Ungaran memiliki ketinggian sekitar 2.050 meter di atas permukaan laut. Di lereng gunung, dihiasi dengan kebun teh dan tempat perkemahan yang sejuk. Suhu udara di kawasan Gunung Ungaran berkisar antara 22 hingga 27°C yang terbilang sangat sejuk dibandingkan dengan kawasan dekat laut kota Semarang.

Jalur pendakian Gunung Ungaran terkenal curam dan cocok untuk pendaki berpengalaman di pagi hari. Namun, keadaan gunung yang tenang aman untuk pendakian atau wisata.

2. Titik awal pendakian yang berbeda

Jalur Pendakian Gunung Ungaran, gunung yang ramah di kota Semarang untuk didaki

Mulai dari Jalur Pendakian Gedong Songo yang dimulai dari Taman Wisata Candi Gedong Songo, hingga Jalur Promasan yang menawarkan keindahan kebun teh, dan Jalur Mawar yang menawarkan tempat perkemahan untuk beristirahat ketika lelah mendaki.

Saat memulai pendakian jalur Gedong Songo, Anda akan melewati hutan yang penuh dengan semak belukar, sehingga bagi Anda yang pemula perlu didampingi oleh pendaki profesional untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Jejak ini tepat di sebelah jurang dan banyak rumput liar yang cukup tinggi untuk menghalangi pandangan. Kemiringan jalur ini bisa mencapai lebih dari 60 derajat.

Bagi Anda yang memulai pendakian dari Promasan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan kebun teh yang hijau dan luas. Pemandangannya yang eksotis membuat banyak wisatawan yang berfoto di kawasan ini. Apalagi jika Anda datang saat matahari terbit (matahari terbit) atau matahari terbenam (matahari terbenam) menjamin bahwa foto Anda sangat estetis. Trek Promasan akan membawa Anda ke jalur Mawar, tanah datar untuk berkemah. Jalur Mawar biasanya merupakan jalur yang biasa digunakan oleh para pendaki Gunung Ungaran karena medannya yang santai dan tidak terlalu sulit untuk melanjutkan perjalanan.

3. Memiliki tiga puncak yang indah

Puncak gundul Gunung Ungaran, gunung yang ramah di kota Semarang untuk didaki

Gunung Ungaran memiliki tiga puncak yaitu Puncak Gendol, Puncak Gundul dan Puncak Ungaran. Dari ketiganya, Puncak Ungaran merupakan yang tertinggi dengan ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut.

Dari puncak ini Anda bisa melihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Telomoyo dan Rawa Pening. Jika Anda bergerak sedikit ke barat, Anda akan menemukan Gunung Sumbing, Sindoro dan Prau Dieng.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Permata Tersembunyi di Kota Semarang

Fasilitas Gunung Hongaria

Fasilitas di Gunung Ungaran, gunung yang ramah untuk didaki di kota Semarang

Tempat ini menawarkan pos pendakian seperti Basecamp Mawar, Basecamp Gedong Songo dan Basecamp Promasan. Anda tidak perlu khawatir karena setiap base camp dilengkapi dengan toilet dan kabin serta ada tempat parkir.

Di sekitar Gunung Ungaran, Anda juga bisa mengunjungi Candi Gedong Songo dan kawasan Umbul Sidomukti. Anda juga bisa mandi air panas di lereng Gunung Ungaran sambil menikmati sejuknya pemandangan Pegunungan Ungaran.

Baca Juga: Desa Lerep dan Destinasi Wisata Alam Pilihan di Ungaran Semarang

Lokasi dan rute menuju Gunung Ungaran

Rute Menuju Gunung Ungaran, gunung yang ramah di kota Semarang untuk didaki

Cara mudah bagi Anda yang ingin mengunjungi Gunung Ungaran yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini bisa dilakukan melalui Pos Mawar, Pos Gedong Songo dan Pos Promasan.

Jika Anda lebih dekat dengan Kompleks Candi Gedong Songo, mungkin akan memakan waktu sekitar 1 jam dari Kota Ungaran. Jika Anda berada di dekat kawasan umbul Sidomukti, Anda bisa melewati pasar Jimbaran terlebih dahulu. Anda juga bisa berjalan kaki dari kawasan kebun teh Medini atau naik ojek sekitar 1 jam jika ingin berakhir di pos Promasan.

Harga tiket dan jam operasional Gunung Ungaran

Harga tiket masuk dan lokasi Gunung Ungaran, gunung yang ramah untuk didaki di kota Semarang

Bagi anda yang ingin mendaki Gunung Ungaran harus membayar biaya pendaftaran camp sebesar Rp 15.000, biaya pendaftaran Tektok sebesar Rp 10.000 dan bagi anda yang membawa kendaraan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk Sepeda Motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Gunung Ungaran dapat diakses 24 jam sehari, namun pendaftaran pendakian hanya dibuka dari jam 1 siang – 7 malam WIB

Nah, itulah beberapa informasi tentang Gunung Ungaran. Tertarik untuk mengunjungi kawasan Gunung Ungaran yang sejuk?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button