Hidup bahagia - Warta Pramuka - WisataHits
Jawa Tengah

Hidup bahagia – Warta Pramuka

PRAMUKA.ID – Kontingen Pramuka Kuartal Jawa Tengah yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI di Bumi Perkemahan Cibubur pada 14-21 Agustus 2022 diminta untuk aktif berpartisipasi dan menikmati setiap kegiatan yang disediakan. Agar mereka bisa hidup bahagia.

Hal itu ditegaskan Ketua Kuartal Daerah Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo usai pelepasan kontingen pada Rabu (3/8/2022) di Gedung Grhadhika Bhakti Praja, kompleks perkantoran Gubernur Jawa Tengah Semarang. Kontingen 740 Kwarda Pramuka se-Jawa Tengah telah diberhentikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Dewan Pertimbangan Daerah (Mabida) dan akan hadir dalam acara yang akan berlangsung pada 14-21 Agustus 2022 tersebut.

Menurut Atikoh, jambore kali ini digelar untuk membawa keceriaan bagi seluruh peserta.

“Tentu harus bisa mengharumkan nama baik Kwarda Jawa Tengah. Banyak juga ilmu yang mereka dapatkan disana dan nanti saat pulang kampung bisa menularkan ke adik-adik lainnya, di sekolah, di Kwarcab atau di Front Group,” jelasnya.

Atikoh juga berpesan agar peserta Jambore Jawa Tengah tetap bisa membawa nama baik Provinsi Jawa Tengah. Melalui kegiatan aktif tentunya. Tak lupa juga menyampaikan pesan kepada para hadirin agar tetap menjaga kesehatan dan semangat.

“Jaga kesehatan, persatuan dan selalu aktif dalam kegiatan yang akan berlangsung di Cibubur nanti. Lanjutkan,” perintahnya.

Gubernur Ganjar Pranowo berharap Jamnas XI dapat membentuk karakter pramuka sejati. Berbagai kegiatan dalam Jamnas bertujuan untuk menginspirasi peserta, khususnya yang berasal dari Jawa Tengah. Selain itu kegiatan ini diikuti oleh Pramuka Pegalang yang berlatar belakang pendidikan setingkat SMP se-Indonesia, sehingga diharapkan dapat menjadi pendorong terjalinnya komunikasi yang baik antar anak bangsa.

“Jambore Nasional ini menarik bagi seluruh pramuka Indonesia, waktu SMP saya sangat tidak pernah ingin bisa ikut, jadi mereka adalah anak-anak terbaik. Saya sangat berharap ini dinamika pascapandemi yang bisa melanda seluruh Indonesia,” kata Ganjar.

Ketua Kontingen Daerah (Pinkonda) Kwarda Jateng Hernowo Budi Luhur mengatakan, Kuartal Daerah Jateng telah menurunkan kontingen sebanyak 740 orang. Dengan rincian 560 peserta dari 35 Kwarcab, masing-masing 16 Pramuka Garuda Penggalang dan empat Pramuka Berkebutuhan Khusus.

Ada juga tambahan peserta dari pondok pesantren yaitu Kwarcab Jepara 16 orang (1 tim putra dan 1 tim putri) dari Pondok Pesantren Balekambang, Kwarcab Kendal 16 orang (2 tim putri) dari Pondok Pesantren Darul Amanah, Kwarcab Sukoharjo 16 orang ( 1 regu putra dan 1 regu putri), 1 regu putri) dari Pondok Pesantren Assalam, 8 orang dari Batang Kwarcab (1 regu putra) dari Pondok Pesantren Tazzaka, 8 orang dari Batang Kwarcab (1 regu putri).

Selain itu, terdapat 78 asisten pelatih dan 4 asisten pelatih Pramuka berkebutuhan khusus, serta 30 anggota Panitia Pengirim Kontingen yang terdiri dari pimpinan Kwarda, Kwarda Andalan, Dokter Kontingen dan staf Sekretariat Kwarda Jawa Tengah.

Dermaga. Diskinfo Jawa Tengah

Menurut Waka Binamuda Kwarda, Jawa Tengah, selama penyelenggaraan Jamnas 2022, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan Jamnas antara lain Upacara Pembukaan dan Penutupan Jamnas, Permainan Persaudaraan, Keterampilan Pramuka, Desa Pembangunan Berkelanjutan, Petualangan Akuatik, Teknologi, Pramuka, seni dan budaya, desa digital dan komputasi awan, perjalanan pendidikan dan permainan nasional.

Hernowo mengatakan selain aktif mengikuti Jambore Nasional, Kwarda dari Jawa Tengah turut serta dalam pembukaan Jamnas Nasional 2022 dengan menggunakan 272 indukan Garuda sebagai penampil atraksi dan keterampilan kepramukaan Gelar Seni Budaya. Atraksi tersebut dilakukan oleh 272 indukan Garuda, peserta Jambore Nasional dari 17 Kwartir Cabang Binwil Banyumas, Binwil Pekalongan dan Kedu Binwil.

Dalam atraksi ini, mereka menggarap gerakan tari tradisional di seluruh Indonesia, keterampilan semaphore, tongkat koloni, mempelopori keterampilan pembuatan menara bambu, jembatan, perahu dan tenda, dan dibantu oleh gerakan solid spanduk pola tie-dye dari seluruh Indonesia. .

Kwarda Jawa Tengah juga berpartisipasi dalam pameran dan kegiatan pendidikan seni budaya Jawa Tengah yang didukung oleh Kwarcab Rembang, Kwarcab Boyolali, Kwarcab Banyumas, Saka Wana Bakti Kwarda Jawa Tengah dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah.

“Selain itu, pameran Saka Milenial Jateng di Digital Village dan cloud computing untuk membekali peserta Jamnas dengan materi adopsi media sosial, literasi digital dan keterampilan sesuai kriteria Milenial Saka,” ujarnya.

***

Sumber: Diskominfo Jawa Tengah

Source: pramuka.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button