Heboh, Kabupaten Malang akan berganti nama, bahkan Madiun pun pernah berganti - WisataHits
Jawa Timur

Heboh, Kabupaten Malang akan berganti nama, bahkan Madiun pun pernah berganti

Heboh, Kabupaten Malang akan berganti nama, bahkan Madiun pun pernah berganti

SurabayaNetwork.id – Beberapa waktu lalu, Kabupaten Malang yang dihebohkan dengan tragedi Kanjuruhan kini kembali ramai diperbincangkan di dunia maya.
Kali ini Kabupaten Malang heboh karena kabar berganti nama.
Seperti diketahui, Kabupaten Malang yang sudah ada sejak era Balanda ini selain terkenal dengan potensi wisata dan pertaniannya, juga memiliki sejarah penting asal muasal namanya.
Soal perubahan nama Kabupaten Malang berawal dari ide Bupati sendiri, HM. sanusi

Pemikiran tersebut didasari pertimbangan agar ada regulasi tersendiri dan tidak ada kerancuan dengan kota Malang.

Maraknya persoalan pergantian nama Kabupaten Malang menjadi bahan pemikiran warga.
Menurut bupati, Kabupaten Malang berencana berganti nama menjadi Kabupaten Kepanjen dengan alasan pusat kotanya ada di Kepanjen.
Namun, Wakil Ketua DPRD 3 Kabupaten Malang Shodikun Amin menanggapi usulan Bupati tersebut bahkan terang-terangan menyatakan ketidaksetujuannya terhadap wacana tersebut.
Menurut Amin, perubahan nama Kabupaten Malang dikhawatirkan akan menghapus fakta sejarah yang telah terbentuk selama lebih dari seribu tahun.
“Kabupaten Malang ibarat orang tua yang melahirkan satu anak di Kota Malang dan dua di Kota Batu. Ya, kami akan menghancurkan cerita ini,” kata Amin.

Padahal, Amin tak ikut campur dalam wacana pergantian nama kabupaten itu.

Namun, jika wacana ini menjadi isu yang serius dan mendesak untuk diubah, tentu tidak harus segera, tetapi harus didahului dengan pendalaman.

.
Penamaan tersebut merupakan doa, sehingga memerlukan kajian historis, sosiologis dan pertimbangan lain yang melatarbelakangi penamaan Kabupaten Malang ini sejak lama.

Harus ada banyak elemen yang terlibat dalam kajian ini, baik tokoh masyarakat, tokoh budaya maupun akademisi, semua harus terlibat.

Namun jika melihat sejarah, beberapa daerah di Jawa Timur juga mengalami perubahan nama seperti Kabupaten Madiun bahkan Surabaya sendiri.

Kabupaten Madiun yang dikenal dengan Kota Anak Perempuan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur.
Kabupaten Madiun juga mengalami perubahan nama yang sebelumnya bernama Kabupaten Purabaya kemudian berganti nama menjadi Purabaya menjadi Mbedi Ayun pada tanggal 16 November 1590 oleh Penembahan Senopati.
Seiring berjalannya waktu, nama Mbediyu berubah menjadi Mediyun, akhirnya menjadi Madiun.***
Terima update berita terpilih, berita sela dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari Ayo gabung di channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button