Hebat, Desa Balbar menerima Lencana Desa Mandiri dari Menteri PDTT RI - WisataHits
Jawa Timur

Hebat, Desa Balbar menerima Lencana Desa Mandiri dari Menteri PDTT RI

TIMESINDONESIA, KEPULAUAN TIDORE – Desa Balbar, Kecamatan Oba Utara, meraih penghargaan Desa Mandiri, Maju dan Berkembang dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia,

Penyerahan penghargaan ditandai dengan penyematan lencana desa mandiri dan penyerahan Sertifikat Apresiasi langsung oleh Menteri Des PDTT RI Abdul Halim Iskandar kepada Kepala Desa Balbar, Amir Abdullah di hadapan Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim di halaman dalam support center IKM, Pantai Tugulufa, Jumat (14/10/2022).

Wali Kota Kepulauan Tidore mengatakan, dua tahun lalu masih banyak desa yang berstatus “sangat tertinggal dan tertinggal” berdasarkan Building Village Index (IDM) di kota Kepulauan Tidore.

Namun hari ini, dengan bangga ia menginformasikan kepada Menteri bahwa Kota Kepulauan Tidore tidak lagi memiliki desa dengan status “sangat tertinggal” dan hanya tersisa 4 desa dengan status “tertinggal”.

Hingga tahun ini, Kota Kepulauan Tidore memiliki 1 desa berstatus desa mandiri yaitu Desa Balbar di Kecamatan Oba Utara.

Pemerintah Kota Kepulauan Tidore juga akan mengakui dan menghargai desa yang berstatus mandiri dengan alokasi manfaat melalui alokasi dana desa yang bersumber dari APBD.

“Kami juga harus melaporkan bahwa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di kota Kepulauan Tidore akan memberikan beberapa dukungan pada tahun 2022, yaitu pengembangan desa wisata di pulau Maitara, pengembangan pasar desa di Bantuan pembangunan Bale dan BUMDes untuk 3 Desa di Kota Kepulauan Tidore,” ujarnya.

“Tentunya bantuan ini sangat berarti bagi kami terutama dalam meningkatkan perekonomian desa dan masyarakatnya, yang tentunya tergantung pada peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan di desa tersebut,” tambah Ali Ibrahim.

Usai penyematan lencana dan penyerahan penghargaan, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dalam sambutannya memberikan penghargaan dan ucapan selamat kepada Kepala Desa Balbar atas diraihnya Penghargaan Status Desa Mandiri.

Ia berharap penghargaan ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kota Kepulauan Tidore dalam mengembangkan pembangunan desa.

“Tentunya masih banyak lencana yang disiapkan untuk kepala desa berprestasi, ini sebagai bentuk pengakuan dari kementerian desa kepada kepala desa agar setiap prestasi bisa disosialisasikan oleh masyarakat, dengan apa yang telah diraih dan apa yang diberikan apresiasi. Kami juga berterima kasih kepada Wali Kota Tidore Kepulauan yang bersama-sama dengan kepala desa terus berupaya mempercepat pembangunan desa,” kata Halim.

Selain menyematkan lencana dan memberikan sertifikat desa mandiri, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar juga menyerahkan dukungan Ditjen Pembinaan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi berupa pengadaan 1 bungkus alat kesenian Qasidah pada tahun 2022 dan pembangunan tembok pinggir jalan sepanjang 1,3 km pada tahun 2023 secara simbolis dan diterima langsung oleh Bupati. Walikota Tidore, Kepulauan Capt. Ali Ibrahim.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button