Harus tahu mengenali perbedaan Nasi Pecel di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Harus tahu mengenali perbedaan Nasi Pecel di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu legenda kuliner terpopuler, Nasi Pecel mudah ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pecel juga menjadi pilihan wisata kuliner saat mengunjungi suatu daerah.

Salah satunya di Jawa Timur, masakan yang memadukan aneka sayur masak dan sambal kacang, setiap daerah punya cita rasa khasnya masing-masing.

Berbagai kuliner khas yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur bisa Anda temukan. Nasi Pecel Jawa Timur memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri.

Berikut 5 kuliner khas Jawa Timur yang dirangkum dari berbagai sumber, yuk simak perbedaannya:

Pecel Semanggi Surabaya

Nasi Pecel Semanggu khas Surabaya ini memiliki ciri khas tersendiri. Pecel ini juga unik karena tambahan shamrock di dalamnya.

Shamrock khas Surabaya ini terbuat dari shamrock, tauge atau taoge, kangkung, kerupuk uli, dan bumbu berbahan dasar singkong yang dipadukan dengan sambal.

Para pedagang Pecel Semanggi kebanyakan berasal dari pinggiran kota Surabaya yang lebih dikenal dengan Desa Kenden. Pecel Semanggi merupakan masakan khas Jawa Timur yang paling banyak dicari oleh wisatawan.

Pecel Blitar

Pecel Blitar terkenal dengan sambalnya yang enak dan gurih. Kuah Pecel Blitar memiliki tekstur yang lembut dan gurih.

Sama seperti pecel pada umumnya, pecel blitar dibuat dengan sayuran yang dimasak seperti tauge, kangkung, kacang panjang, dan lainnya. Yang istimewa dari pecel ini adalah taburan serundeng kelapa yang pedas.

Pecel blitar juga biasa disantap dengan udang atau kacang tanah.

Pecel Ponorogo

Pecel Ponorogo adalah kombinasi nasi putih panas dengan sayuran seperti bayam, pare, tauge, kacang panjang dan bunga turi. Setelah pecel ponorogo disiram kuah kacang, biasanya ditaruh di atasnya daun kemangi.

Ada spekulasi bahwa pecel berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, karena bumbu kacang yang digunakan dalam campuran pecel juga digunakan dalam bumbu sate Ponorogo.

Padahal, kecamatan ini memiliki kawasan bernama Desa Pecel dimana masyarakat bisa menikmati Pecel 24/7. Desa Pecel ini terletak di kawasan Pasar Pon di Desa Mangunsuman Kecamatan Ponorogo.

Tonton video pilihan berikut:

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button