Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, Walkot Surabaya membagikan 13.884 bendera merah putih - WisataHits
Jawa Timur

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, Walkot Surabaya membagikan 13.884 bendera merah putih

jakarta

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membagikan 13.884 bendera merah putih gratis kepada masyarakat. Ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendistribusikan 10 juta bendera merah putih.

Pengibaran bendera merah putih juga menandai kembalinya Semarak Bulan Kemerdekaan di kota Surabaya yang sebelumnya tidak terlihat akibat pandemi COVID-19. Saat ini perayaan tersebut dapat disaksikan di seluruh wilayah kota Surabaya yang dimeriahkan dengan pernak-pernik merah putih, dekorasi dan spanduk menyambut Hari Kemerdekaan terlihat di setiap wilayah serta di jalan-jalan protokol Surabaya.

Sebelumnya, Eri mengimbau warga Surabaya untuk mengibarkan dan mengibarkan bendera merah putih secara serentak mulai 1 hingga 31 Agustus mendatang. Ia juga mengimbau untuk memasang hiasan, spanduk, plakat, spanduk, baliho atau hiasan lainnya untuk semakin memeriahkan Hari Kemerdekaan.

“Perayaan kemerdekaan ini adalah semangat yang kita ambil. Semangat gotong royong, semangat kebersamaan yang tidak boleh pudar dan dijunjung tinggi di Kota Surabaya,” kata Eri dalam keterangan tertulis, Kamis (18/822). .

Bersama Forkopimda Surabaya, Eri turun dan membagikan bendera merah putih di rumah warga di Kecamatan Tambaksari, Rabu (10/08). Pendistribusian dilanjutkan pada Minggu (14 Agustus) dan diperiksa langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Surabaya adalah kota pahlawan. Makanya kita harus ingat bagaimana para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan,” kata Eri.

Lebih lanjut, kata dia, jasa dan perjuangan para pahlawan bangsa dikenang tidak hanya dengan mengibarkan bendera merah putih saat Hari Kemerdekaan tiba. Namun, gotong royong dan gotong royong antar masyarakat juga mencerminkan perjuangan para pahlawan bangsa untuk merebut kemerdekaan.

“Makanya kita bahu membahu dan bekerja sama dengan Forkopimda, RT/RW dan lainnya. Karena pembangunan kota Surabaya harus seperti yang diajarkan pahlawan kita, harus dilakukan dengan kebersamaan dan gotong royong,” imbuhnya.

Bagi Eri, filosofi di balik pengibaran bendera merah putih adalah untuk mengobarkan semangat masyarakat Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan. Kemerdekaan hari ini bukan berarti melawan penjajah. Tapi bagaimana memerangi kemiskinan, putus sekolah, kebodohan, pengangguran dan sebagainya?

“Saya yakin dengan gotong royong ini kita bisa melawan semuanya. Saya percaya dengan bekerja sama kita memiliki kekuatan untuk menyelesaikan suatu masalah,” harapnya.

Kota Surabaya (Pemkot) merayakan Hari Kemerdekaan dengan berbagai perlombaan dan kegiatan tidak hanya untuk Perangkat Daerah (PD) di Kotamadya tetapi juga untuk masyarakat Surabaya.

Sejumlah lomba diadakan, antara lain lomba menulis blog dan lomba video perayaan Hari Kemerdekaan, yang terbuka untuk umum untuk diikuti. Kedua kategori lomba tersebut akan dimulai pada tanggal 1 hingga 31 Agustus 2022 dan pendaftaran dilakukan secara online.

Sementara itu, berbagai lomba antar instansi diselenggarakan di Kota Surabaya pada 9-15 Agustus 2022. Diantaranya lomba bola voli campuran, tenis meja, lomba tarung putri, lomba estafet tradisional, lomba panjat pinang, lomba tumbuk bantal, lomba make up hingga lomba tarik tambang antar Forkopimda Surabaya.

Tak ketinggalan, Eri juga hadir bersama Forkopimda untuk memeriahkan pesta rakyat yang berlangsung Sabtu (13/08) lalu di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya. Tak hanya hadir, ia juga menjadi salah satu tim peserta lomba tarik tambang.

“Jadi kompetisi ini adalah semangat untuk terus berkorban dengan membara demi kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, lomba perahu layar Piala Walikota Surabaya juga digelar di Pantai Kenjeran. Lomba yang diikuti oleh 37 tim atau peserta perahu layar dari nelayan sekitar turut memeriahkan lomba tersebut.

“Itu sangat luar biasa. Tahun depan insyaallah kita buat lebih besar lagi dari tahun 2022. Saya lihat antusiasme teman-teman semarak dan luar biasa,” jelasnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini berharap filosofi semangat kemandirian ini bisa diterapkan jajarannya dalam melayani masyarakat kota pahlawan. Dengan cara ini, dia yakin, masalah apapun di Surabaya bisa diselesaikan.

“Itulah yang sangat saya harapkan. Semangat kebersamaan itu bisa kita terapkan di daerah kita sebagai pemerintah,” harapnya.

Wiwiek Widayati, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudporapar) Surabaya menjelaskan, lomba perahu layar merupakan salah satu acara tahunan yang ditawarkan pemerintah kota sebagai destinasi wisata di kota pahlawan. “Jadi balap perahu layar menjadi salah satu hal yang kami tawarkan sebagai destinasi wisata,” kata Wiwiek.

Tak hanya lomba perahu layar, sejumlah kegiatan menarik juga digelar Pemkot Surabaya dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Surabaya. Pada 14 Agustus 2022, kick-off kompetisi film pendek dan pemutaran film akan diadakan di XXI Tunjungan Plaza (TP) 1 Surabaya bersama Film Koesno.

“Film Koesno ini bercerita tentang perjalanan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) semasa kuliah di kota Surabaya,” jelas Wiwiek.

Selain itu, pada 15 Agustus 2022 akan digelar fashion show dengan tema “Baju Untuk Tempur” di Kompleks Balai Pemuda. Kemudian, pada malam 16 Agustus 2022, Pemerintah Kota Surabaya mengadakan acara doa dan doa untuk mengenang jasa para pahlawan.

Sementara itu, pada 17 Agustus 2022, Pemkot Surabaya menggelar peringatan HUT RI ke-77 di Balai Kota Surabaya. Masyarakat pun turut ambil bagian dalam upacara tersebut, baik yang datang langsung ke balai kota maupun mengikuti secara online atau via zoom. Terakhir, pada 24 Agustus 2022, Pemprov DKI membuka Pameran Surabaya Great Expo (SGE) di Grand City Convention and Expo Surabaya.

“Semua kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia,” pungkasnya. (ADV)

Tonton video Saksikan Warga Kulon Progo memasang seribu lampu untuk Hari Kemerdekaan Indonesia.
[Gambas:Video 20detik]
(ga/ga)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button