Hari Jomblo Sedunia 2022, Ada Taman Untuk Jomblo di Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Hari Jomblo Sedunia 2022, Ada Taman Untuk Jomblo di Bandung

bandung

Setiap tanggal 11 November diperingati sebagai Hari Jomblo Sedunia atau World Singles Day. Meski peringatan Hari Jomblo Sedunia belum populer di Indonesia, ada sebuah taman di kota Bandung yang khusus dibuat untuk para jomblo. Ini disebut Singles Park.

Padahal, Kota Bandung dikenal memiliki banyak ruang publik yang didedikasikan untuk taman bertema dengan nama yang unik. Salah satunya adalah Taman Jomblo yang terletak di kawasan Tamansari kota Bandung.

Berada tepat di bawah jalan layang Mochtar Kusumaatmadja atau jalan layang Pasupati, taman tunggal ini merupakan salah satu dari sekian banyak taman hiburan di kota Bandung yang ada saat ini.

Namun, keberadaan Taman Jomblo saat ini seperti hidup tanpa ingin mati. Karena meski terlihat cukup terawat, Singles Park tidak menarik pengunjung.

pemantauan detikJabar di lokasi, Kamis (10/11/2022), Taman Jomblo tampak sepi. Sepertinya tidak ada yang datang ke lokasi taman yang diapit oleh dua sisi jalan raya, hanya untuk duduk dan bersantai.

Hanya sedikit orang yang duduk dan tidur. Namun yang pasti, mereka bukanlah pengunjung Singles Park yang seharusnya didatangi para remaja jika dilihat dari namanya.

Joknya yang berbentuk balok beton terlihat kotor, meski warnanya masih terlihat jelas. Sementara itu, beberapa papan informasi di Taman Jomblo dipenuhi coretan.

Taman Jomblo di kota Bandung.Taman Jomblo di kota Bandung. Foto: Bima Bagaskara/detikJabar

Suasana di Singles Park juga kurang nyaman untuk duduk santai. Karena kendaraan yang lewat di kedua sisi jalan membiarkan debu jalan beterbangan menuju taman. Suara knalpot yang keras juga memperburuk suasana.

Ivan, seorang pejalan kaki, mengatakan bahwa dia beberapa kali melewati Taman Jomblo dan bahkan tidak melihat sekelompok orang yang datang berkunjung. Menurutnya, Singles Park biasanya digunakan sebagai tempat istirahat bagi pengamen jalanan dan orang-orang yang bekerja di jalanan.

“Saya belum pernah lihat (majelis), setidaknya sering pengamen dan semacamnya,” kata Ivan singkat.

The Singles Park sendiri dibangun pada tahun 2014 dan diresmikan oleh Ridwan Kamil yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Taman Jomblo di kota Bandung.Taman Jomblo di kota Bandung. Foto: Bima Bagaskara/detikJabar

“Kenapa disebut Taman Yomblo? Ya bukannya jomblo malah jomblo,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu saat membuka Taman Jomblo tahun 2014.

Nama “Lajang” di taman berasal dari sebuah keinginan. Karena bentuk kursi di taman didesain untuk satu orang. Ternyata ada alasan kenapa Kang Emil membuat taman jomblo di bawah jembatan.

“Agar tidak hujan. Kalau jomblo lebih tragis lagi,” kata Emil bercanda.

Dengan dibangunnya taman tunggal, Emil berharap proporsi para lajang yang merasa tertekan ke depan dapat berkurang. “Paling tidak 100 persen jomblo depresi, jadi jomblo senang karena ada taman jomblo di Bandung,” kata Emil pada 2014.

(bola/bola)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button