Hari ini, Polri menggelar rapat koordinasi lintas sektor untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru - WisataHits
Jawa Tengah

Hari ini, Polri menggelar rapat koordinasi lintas sektor untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru

Jakarta (ANTARA) – Polri menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral tingkat menteri dengan kementerian/lembaga terkait sebagai bagian dari persiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Rapat koordinasi lintas sektor ini dipimpin oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Jumat.

Berdasarkan informasi dari Bagian Humas Polri, rapat koordinasi dilakukan pada pukul 10.30 WIB di Gedung Rupattama Mabes Polri Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Rabu (14/12), Kepala Bagian Humas Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan pengamanan untuk Natal dan Tahun Baru sedang dipersiapkan.

Menurutnya, kekuatan Polri untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru terdiri dari 102.000 personel, didukung 32.000 personel gabungan TNI dan instansi terkait.

Detil pengaturan pengamanan Natal dan Tahun Baru, kata Dedi, akan dibahas dalam rapat koordinasi teknis (rakornis) antar kementerian dan lembaga pada Jumat.

Dalam pengamanan libur Natal dan Tahun Baru ini, lanjutnya, Polri bersama instansi terkait pada dasarnya siap mengantisipasi dengan baik hal-hal yang akan terjadi, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan selama beribadah dan kenyamanan di tempat wisata.

“Mulai dari lintas Bakauheni-Merak hingga seluruh Transjawa harus benar-benar kita kendalikan,” ujarnya.

Menurut perkiraan pemerintah, sekitar 71 juta orang menggunakan libur Natal dan Tahun Baru yang tersebar di seluruh provinsi seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Selain itu, kata Dedi, Polri juga telah memetakan tempat-tempat yang menjadi prioritas dan mengutamakan keselamatan, seperti: B. Tempat ibadah, obyek wisata dan jalur mobilitas masyarakat.

“Kami telah mengidentifikasi 508 titik yang perlu diamankan. Kami mohon dukungan seluruh masyarakat untuk bergotong royong memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan lancar, aman dan kondusif,” kata Dedi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Kasatwil Apek 2022 di Hotel Sultan, Rabu (14/12) mengingatkan jajarannya untuk mempersiapkan keselamatan Natal dan Tahun Baru.

Catatan penting yang disampaikan terkait antisipasi peristiwa teroris. Densus 88 Antiteror Polri diminta melakukan pengungkapan sementara jajaran lainnya melakukan pengawalan.

Sigit mengingatkan jajarannya untuk bekerja sama dengan semua pihak, termasuk organisasi masyarakat (ormas), untuk mengawal Natal dan Tahun Baru agar menjadi gerakan bersatu melawan teroris.

Reporter: Laily Rahmawaty
Penerbit: D.Dj. Kliwantoro
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button