Hari ini Jokowi akan meresmikan Bendungan Kuwil-Kawangkoan - WisataHits
Jawa Tengah

Hari ini Jokowi akan meresmikan Bendungan Kuwil-Kawangkoan

Hari ini Jokowi akan meresmikan Bendungan Kuwil-Kawangkoan

TEMPO.CO, jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana meresmikan Proyek Strategis Nasional Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara dalam kunjungan kerjanya ke daerah tersebut. “Agenda kunjungan kerja Presiden masih tahap awal,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sandi dan Statistik Sulut Christian Iroth, Rabu, 18 Januari 2023 di Manado.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Segera Pengesahan UU PRT dan Ikut Penempatan Majikan dan Penyalur

Pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan memiliki fungsi utama untuk mengurangi banjir di Kota Manado dan memenuhi kebutuhan air baku di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung. Secara teknis, bangunan ini merupakan bendungan urugan batu acak dengan inti tegak setinggi 67 meter, panjang puncak 420 meter, dan kapasitas air 23 juta meter kubik.

Pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan dimulai pada 2016 dan akan selesai pada 2022 dengan total biaya pembangunan sebesar Rp 1,9 triliun. Bendungan ini berpotensi untuk membangun PLTMH berkapasitas 2 x 0,7 megawatt untuk dikembangkan di masa mendatang.

Selain rencana peresmian Bendungan Kuwil, Presiden Jokowi juga akan meresmikan proyek pengembangan kawasan wisata Malalayang dan Bunaken. Presiden juga akan mengunjungi dan mengadakan pembicaraan di sejumlah pasar tradisional.

Pengamanan jelang kedatangan Presiden Jokowi sudah terlihat sejak siang, aparat TNI menjaga pinggiran jalan raya dan perempatan, bahkan kapal TNI-AL juga menjaga perairan Teluk Manado.

DI BAWAH

Baca Juga:Megawati Marah Jokowi Bakal Bangun Bandara Internasional Bali Utara

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button