Hari Aksara Internasional 2022 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Lamongan - WisataHits
Jawa Timur

Hari Aksara Internasional 2022 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Lamongan

Kamis, 27 Oktober 2022 | 09:26 WIB

| penulis:

Buku Catatan: Kuznadi

Surabaya, InfoPublik – Peringatan Hari Aksara Internasional 2022 Tingkat Provinsi Jawa Timur dilaksanakan di Kabupaten Lamongan selama dua hari, yakni 26-27 Oktober 2022 Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di lokasi wisata Bahari Lamongan, Rabu (26/10/2022). ).

Membuka acara, Bupati Yuhronur mengatakan bahwa Lamongan sangat memperhatikan kualitas sumber daya manusia melalui penyaluran bantuan dan berbagai inovasi program pendidikan. Kota Soto percaya bahwa literasi adalah dasar keagungan Lamongan yang benar dan akan digunakan sebagai tindakan pencegahan untuk transisi ke era Society 5.0.

“Lamongan sangat memperhatikan kualitas sumber daya manusia dengan mendorong masyarakat Lamongan menjadi melek huruf. Kami mendukung pemberian beasiswa dan inovasi dalam program pendidikan,” kata Bupati Yuhronur.

Selaku tuan rumah, Pak Yes, sapaan akrabnya, memaparkan berbagai inovasi literasi digital yang digencarkan Lamongan. Dengan memberikan 7.230 Beasiswa Perintis (Integritas dan Pendidikan Gratis) yang diperuntukan bagi SD/SMP/SMA sederajat dan S1 dan S2.

Menarik dan menyenangkan adalah program rutin yang digagas oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Lamongan untuk meningkatkan literasi sejak dini yaitu program Celengan (Lamongan Online Story) yang dapat diakses melalui platform Instagram dan Youtube. Program celengan roadshow dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Dengan inovasi literasi yang diadakan Lamongan, Lamongan menempati peringkat 70,90% pada Indeks Cinta Membaca (IKM) dan 73,13% pada Indeks Pembangunan Manusia, termasuk pendidikan.

Literasi bukan hanya tentang membaca, menulis, dan berhitung. Melainkan mengenalkan dan memupuk keterampilan baru yaitu literasi data, literasi budaya, literasi humanistik dan literasi digital di masyarakat, terutama di kalangan generasi muda.

“Keaksaraan yang tinggi akan menumbuhkan jiwa yang baik dan daya saing yang kuat. Mari kita perkenalkan cara literasi baru kepada generasi muda,” pungkasnya. (MC Diskominfo Provinsi Jawa Timur/non-sti)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button