Harga Tiket dan Aktivitas Danau Singkarak - WisataHits
wisatahits

Harga Tiket dan Aktivitas Danau Singkarak

Harga Tiket Masuk Danau Singkarak: Rp 10.000 Jam Operasional: 24 jam Nomor Telepon: -Alamat: Jl Singkarak, X Koto Singkarak, Solok, Sumatera Barat, Indonesia, 27356

Sumatera memiliki danau terbesar kedua setelah Danau Toba, yaitu Danau Singkarak. Lokasinya berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Solok dan Tanah Datar. Danau ini begitu luas, yang terbentuk karena peristiwa tektonik. Dan menjadikannya danau yang indah yang layak dikunjungi untuk dikendarai.

Pemandangannya begitu menawan, dengan perbukitan dan pepohonan hijau. Berbagai aktivitas dan wahana juga tersedia yang siap dicoba selama Anda berkunjung ke sini. Wisatawan juga bisa mencoba ikan bilih yang hanya endemik di Danau Singkarak. Ada juga langganan event internasional Tour De Singkarak yang diikuti oleh peserta dari seluruh dunia.

Harga Tiket Masuk Danau Singkarak

Atraksi ini mematok harga masuk yang sangat terjangkau. Selain itu, ada juga biaya parkir yang terjangkau untuk setiap kendaraan.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 10.000
Tarif parkir
Sepeda motor Rp 5.000
Mobil Rp 10.000

Baca: Tiket dan Kegiatan LAC MANINJAU

Jam Buka Danau Singkarak

Objek wisata ini buka sepanjang hari. Namun biasanya wisatawan akan datang dari pagi hingga sore hari.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Takjub dengan keindahan Danau Singkarak

Pemandangan Danau Singkarak yang menakjubkanPemandangan Danau Singkarak yang menakjubkan. Foto: Gmap/Ridwan Napit

Danau Singkarak adalah danau terbesar kedua di pulau Sumatera. Luasnya 108 kilometer persegi, yang membentang di Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau ini terbentuk karena aktivitas tektonik tanah. Yang sebelumnya lebarnya hanya 3 kilometer, namun lama kelamaan bertambah dan kemungkinannya terus berkembang.

Danau ini memiliki peran penting bagi penduduk setempat. Dimana air tersebut berguna untuk pengairan lahan pertanian, juga untuk produksi listrik (PLTA). Air dialirkan melalui terowongan yang masuk Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menyalakan pembangkit listrik tenaga air Singkarak. Selain itu tentunya danau ini merupakan tempat wisata terkenal yang membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Pemandangannya sendiri sangat menakjubkan, dengan air yang tenang dan jernih. Pepohonan di sekitarnya juga menghadirkan warna hijau yang indah dan menyegarkan. Belum lagi deretan pegunungan yang mengelilingi danau, membuatnya semakin menawan. Yang mungkin mengejutkan siapa pun yang melihatnya.

Baca: Tiket dan Wahana HARAU DREAM PARK

Ambil foto di lokasi yang fotogenik

Danau Singkarak memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Ini bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto. Plus, ada beberapa lokasi unik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Misalnya lokasi rel kereta api lama yang sudah tidak aktif lagi.

Dari jalur kereta api ini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang danau dan pegunungan. Bahkan, rumah-rumah penduduk sekitar terlihat di depan perbukitan. Membuat foto lebih otentik dan begitu indah. Apalagi di pagi hari, saat kabut tipis masih menghiasi sekitar.

Pastikan untuk berfoto di depan Danau Singkarak yang ikonik. Sebuah tanda yang mengatakan “Geopark Danau Singkarak”, yang merupakan tanda telah mengunjungi danau ini. Memang, wisatawan yang melintas di jalan bisa berhenti sejenak untuk berfoto. Karena berada di pinggir jalan raya yang tentunya membuat perjalanan tidak membosankan.

Baca: Tiket dan Aktivitas Lawang Agam Park

Lokasi balap sepeda internasional

Selain Tour Singkarak, bisa juga naik sepeda biasaSelain Wisata Singkarak, bisa juga dengan naik sepeda biasa. Foto: Gmap/Hari Hermawan

Di Danau Singkarak, lomba bersepeda Tour de Singkarak berlangsung secara rutin antara bulan April dan Juni. Awalnya kompetisi ini diadakan pada tahun 2009, dan hingga saat ini masih rutin diadakan setiap tahun. Peserta tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga dari luar Indonesia. Memang, Organisasi Olahraga Amaury, yang bertanggung jawab atas Tour de Singkarak, juga berpartisipasi.

Perlombaan dibagi menjadi 7 tahap yang berbeda. Di mana jalan melintasi pantai, pegunungan, dan tentu saja Danau Singkarak adalah salah satunya. Bagi pecinta olahraga bersepeda tentunya bisa mengikuti ajang bergengsi ini. Bagi yang tidak ikut, wisatawan juga bisa menyaksikan balapan ini dari tepi danau.

Baca: Tiket Gunung Marapi dan Jalur Pendakian

Ikan dan nikmati masakan khas Danau Singkarak

Ikan bilih juga bisa dijadikan oleh-olehIkan bilih juga bisa dijadikan oleh-oleh. Foto: Gmap/Shop Ikan Bilih Dan Sanjai Akbar

Aktivitas lain di danau ini adalah memancing. Bagi wisatawan yang suka memancing, ini adalah kesempatan yang baik. Karena danau ini memiliki ikan yang sehat dan besar. Tentunya Anda akan sangat puas jika berhasil mendapatkannya.

Jika tidak ingin memancing, wisatawan bisa langsung menikmati gastronomi khas telaga. Dimana terdapat banyak warung yang menawarkan masakan khas. Salah satunya adalah masakan khas ikan bilih. Ikan bilih merupakan ikan endemik yang hanya hidup di Danau Singkarak. Memiliki ukuran kecil dengan sisik berwarna perak.

Ikan ini diolah dengan berbagai masakan, seperti gulai ikan bilih. Atau digoreng kering dengan tepung dan disiram dengan saus cabai yang lezat. Lebih nikmat jika disantap dengan nasi panas di tepi danau. Hanya saja, jika ikan ini dipelihara di tempat lain selain di Danau Singkarak, ia tidak akan bertahan hidup.

Mengelilingi danau dengan perahu

Mengelilingi danau dengan perahuMengelilingi danau dengan perahu. Foto: Gmap/Ady Yandra

Wisatawan dapat menikmati pemandangan indah perairan danau dengan menggunakan perahu. Pergi saja ke dermaga tempat kapal-kapal ini beristirahat. Jadi sewalah perahu dengan durasi per jam. Kemudian, wisatawan bisa berwisata ke kawasan danau yang megah ini.

Suasana sejuk dan pemandangan indah akan menemani perjalanan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini. Apalagi jika Anda jalan-jalan bersama pasangan, Anda bisa merasakan suasana romantis di atas kapal.

Berenang di Danau Singkarak

Danau ini cukup dalam, mencapai kedalaman 268 meter. Meski begitu, wisatawan yang ingin berenang tetap diperbolehkan. Hanya saja hanya di area tepi danau, bukan di tengah danau. Selain itu, hanya perenang berpengalaman yang diperbolehkan berenang.

Lokasi Danau Singkarak

Wisata danau ini terletak di Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button