Harga segini untuk parkir di tempat wisata di gunungkidul jogja, canggung? laporan - WisataHits
Yogyakarta

Harga segini untuk parkir di tempat wisata di gunungkidul jogja, canggung? laporan

jakarta

Apakah traveler sudah mengetahui tarif parkir di destinasi Gunungkidul, Yogyakarta? Sepertinya ini tarifnya.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul memungut retribusi parkir di objek wisata (obwis) jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jika menemukan kejanggalan, masyarakat dan wisatawan bisa langsung melaporkannya melalui akun Instagram @dishubgk.

Ely Siswanta, Kepala Bidang Informasi Jalan Umum dan Parkir Dinas Perhubungan Gunungkidul, mengatakan setiap kawasan Obwis, khususnya pantai, sudah memiliki pengelola parkir. Di mana semuanya bekerja dengan agen transportasi untuk menghindari biaya parkir “Nuthuk”.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Untuk sepeda Rp 1.000, sepeda motor Rp 3.000, sepeda motor roda tiga Rp 5.000, minibus, pikap, sedan, dan jip Rp 5.000,” kata Ely atas permintaan detikJateng, Selasa (20/12/2022).

Selain itu, untuk bus kecil, van roda empat hingga truk roda empat Rp 8.000. Biaya parkir termahal adalah Rp 10.000.

“Untuk bus ukuran sedang, gerbong roda enam, dan truk roda enam, Rp 10.000 per tempat parkir,” katanya.

Ketentuan tersebut, kata Ely, mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Gunungkidul No. 13 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul No. 11 tahun 2011 tentang retribusi parkir khusus di kawasan wisata.

Selain itu, pengunjung berhak mendapatkan tiket parkir, mendapatkan pelayanan parkir dan unit ruang, serta mendapatkan rasa aman saat menggunakan tempat parkir. Padahal, pengguna parkir berhak mendapatkan informasi tentang layanan parkir.

Jika nantinya masyarakat atau wisatawan menemukan adanya tarif parkir yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, maka dapat langsung mengadukannya ke Dinas Perhubungan Gunungkidul. Masyarakat bisa mendatangi petugas yang menjaga jalur wisata atau menghubungi langsung Dishub Gunungkidul melalui media sosial.

“Masyarakat yang ingin mengadukan tarif parkir juga bisa langsung mengirimkan DM ke akun Instagram @dishubgk Dishub,” ujarnya.

Baca artikel selengkapnya di detikJateng

Saksikan Natal Akhir Tahun, Ussy Sulistiawaty bawa video keluarga ke Australia
[Gambas:Video 20detik]
(mis./mis.)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button