Harga menu dan rahasia mie ayam Bu Tumini Jogja yang laris manis! - WisataHits
wisatahits

Harga menu dan rahasia mie ayam Bu Tumini Jogja yang laris manis!

Mie Ayam Tumini – Penasaran dengan Mie Ayam dari Bu Tumini Jogja? Berikut ulasan lengkapnya, mulai dari daftar menu, harga, mitos, rasa, alamat/lokasi, jam buka, hingga fakta menarik tentang rahasia kesuksesannya.

Mie ayam adalah hidangan mie favorit banyak orang. Secara umum mie ayam ada 2 jenis yaitu mie ayam asin gurih dan mie ayam manis. Kedua jenis mie ayam ini memiliki penggemarnya masing-masing.

Hampir di semua daerah, penjual mie ayam mudah ditemukan, termasuk Yogyakarta. Nah, Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu merupakan salah satu warung mie ayam enak di Jogja yang terkenal dengan legendanya. Bagaimana rasa mie ayam? Yuk, baca ulasannya berikut ini.

Mie-Ayam-Bu-Tumini-JogjaKarya Mie Ayam Bu Tumini Jogja

Review Mie Ayam Bu Tumini Sari dengan Jati Ayu Jogja

Keunikan Mie Ayam Bu Tumini

Setiap mie ayam tentunya memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi rasa, tekstur mie, bentuk/ukuran mie, dan isian/isian. Begitu juga dengan Mie Ayam Bu Tumini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya istimewa saat disantap.

Keistimewaan Mie Ayam Bu Tumini yang membedakannya dengan mie ayam lainnya adalah mienya, kuahnya yang kental, dan potongan daging ayamnya. Ukuran mie yang digunakan besar dan memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Kuah kental bercampur potongan daging ayam, rasanya manis dan asin serta kaya akan bumbu.

Potongan daging ayam besar bertekstur yang empuk saat digigit. Ceker ayam juga lembut dan tidak keras, sehingga mudah dikunyah. Satu porsi Mie Ayam Bu Tumini berisi mie, sawi, kuah kental, daging ayam dan ceker, tergantung menu yang dipesan.

Perpaduan bahan-bahan tersebut memunculkan cita rasa mie ayam yang lezat. Apalagi rasanya yang manis dan asin sangat cocok bagi masyarakat Jogja yang sebagian menyukai menu-menu manis. Tak heran jika booth Mie Ayam Tumini selalu dipadati pembeli. Bahkan, dalam sehari ternyata bisa digunakan hingga 700 porsi.

Nah, dari uraian di atas, jelas bahwa mitos yang beredar tentang warung mie ayam ini menggunakan Pesugihan sebagai penjualnya entah itu tidak benar atau hoax. Rahasia best sellernya terletak pada rasa mie ayamnya yang enak dan sesuai dengan selera masyarakat Jogja.

Apalagi porsinya yang cukup besar serta harga yang relatif murah dan terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Ditambah dengan berita viral di media sosial (baca: media sosial), warung Mie Ayam Bu Tumini laris manis setiap hari karena menjadi incaran kuliner khas Jogja bagi para wisatawan.

Baca juga : Soto Ayam dan Sapi Enak di Jogja

Menu makanan dan daftar harga Mie Ayam Bu Tumini

Menu makanan dan minuman yang disajikan stand Mie Ayam Bu Tumini cukup bervariasi. Porsinya bisa dipilih sesuai selera dan kapasitas perut. Ada mie ayam biasa dengan porsi standar, ada juga mie ayam 1/2 porsi dan porsi besar. Berikut daftar lengkap menu dan harga makanan, garnish dan minuman:

Makanan / Topping / Minuman Harga makanan/minuman
Mie Ayam Biasa Rp.11.000,-
1/2 mie ayam Rp.9.000,-
Mie ayam raksasa Rp.15.000,-
Mie ceker ayam Rp.15.000,-
1/2 ceker mie ayam Rp.13.000,-
Mie ayam raksasa Rp 20.000,-
ayam mustard Rp.9.000,-
daun sawi Rp.9.000,-
ayam cakar Rp.13.000,-
1 bagian cakar (5 buah cakar) Rp.10.000,-
1 porsi ayam Rp.10.000,-
kerupuk 3 buah Rp2.500,-
kerupuk 1 buah Rp1.000,-
Es teh/teh kukus Rp 3.000,-
Es krim/jeruk panas Rp 3.000,-
Es/Teh Lemon Panas Rp 4.000.
air es Rp1.000,-
Es Rp1.000,-
Teh dandang es/panas segar Rp1.000,-
Es krim jeruk segar/panas Rp1.000,-
Es/Teh Lemon Panas Rp2.000,-

Menu Table Food dan daftar harga Mie Ayam Bu Tumini Jogja

Baca juga: Mie Jawa terbaik di Jogja

Fakta Menarik Kesuksesan Mie Ayam Bu Tumini

Dibalik kesuksesan Mie Ayam Bu Tumini, ternyata ada cerita menarik yang harus menjadi pelajaran bagi semua orang dalam memulai bisnis/usaha. Bu Tumini awalnya memulai usaha mie ayam bersama suaminya, Suparman, yang ahli pembuat mie.

Pada tahun 1990, pasangan suami istri membuka usaha mie ayam tepat di sebelah utara pintu masuk terminal Giwangan. Dalam sehari, mereka bisa menjual sekitar 30-60 porsi. Adapun harga mie ayam mereka saat itu Rp250,- per porsi. Pada tahun 1996, Suparman meninggal karena kecelakaan.

Nah, sejak ditinggal suaminya, bisnis mie ayamnya berpindah tangan antar kerabat. Namun omzetnya berkurang karena mungkin cara meraciknya berbeda dengan Bu Tumini. Akhirnya warung mie ayam diambil alih oleh Bu Tumini dan perlahan mulai laris manis sampai seperti sekarang.

Sekarang ibu Tumini sudah pergi, mengikuti suaminya. Meninggal dunia pada Sabtu, 8 Februari 2020. Semasa hidupnya, Ibu Tumini dinominasikan dalam Women Creating Change, Unite For Education (UFE) Sustainability Forum tahun 2019.

Meski pemiliknya sudah tiada, warung mie ayam ini tetap laris manis seperti biasanya. Bahkan, sudah ada cabang tidak jauh dari toko pertama. Jadi kalau ke pusatnya ramai/ramai pengunjung, bisa ke cabang yang punya menu mie ayam yang sama persis.

Baca juga : Sate Klatak paling enak di Jogja

Lokasi/alamat dan jam buka Warung Mie Ayam Bu Tumini

Lokasi booth Mie Ayam Bu Tumini sangat strategis, terletak di pinggir jalan utara pintu masuk terminal Giwangan. Alamat lengkapnya ada di Jl.Tim Imogiri. 187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasionalnya adalah pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Sedangkan cabangnya yaitu Mie Ayam Bu Tumini 2 terletak di Km 6.5 Nglebeng, Jl. Imogiri Tim., Krobokan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasionalnya adalah pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Nah, itulah sekilas tentang booth Mie Ayam Bu Tumini yang legendaris di Yogyakarta. Saya pribadi mencobanya sekali, dan rasanya enak sekali, cocok untuk pecinta mie ayam manis. Buat kamu yang suka mie ayam asin asin ini sangat tidak direkomendasikan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Source: www.anekawisata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button