Harapan Desa Wisata Maju, Pemkab Karanganyar Bentuk Forum Pokdarwis - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Harapan Desa Wisata Maju, Pemkab Karanganyar Bentuk Forum Pokdarwis – Solopos.com

SOLOPOS.COM — Bupati Karanganyar Juliyatmono menggunting pita di pintu masuk objek wisata Rumpun Ijo di Desa Matesih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, saat peresmian Desa Wisata Matesih, Kamis (17/03/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten Karanganyar (Pemkab) membentuk forum komunikasi (forkom) kelompok sadar wisata. Forum ini bertujuan sebagai wadah komunikasi dan kerjasama antar Pokdarwis.

Pembentukan dilakukan Jumat (29/7/202) lalu di lingkungan pendapa Nglurah, Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Promosi Wholesale Awards, Tokopedia jadi marketplace pilihan UMKM

Kepala Dinas (Kabid) Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar (Disparpora), Teguh Haryono mengatakan Forum Pokdarwis merupakan mitra pemerintah Kabupaten.

“Ada sekitar 46 Pokdarwis di Karanganyar, baik dari maupun sekitar desa wisata. Kami kumpulkan mereka dalam forum komunikasi agar mereka bisa bekerja sama dan saling berbagi informasi,” ujarnya, Kamis (4/8/2022).

Ia berharap forum ini menjadi organisasi atau lembaga yang akan menjadi mitra Pemkab terkait kebijakan sektor pariwisata. “Forkom juga dapat mempertimbangkan aspirasi untuk disampaikan kepada Pemkab agar masukan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan,” imbuhnya.

Baca Juga : Keunikan Pasar Ciplukan di Desa Wisata Lembah Dongde Karanganyar

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Sewu Kembang Nglurah Sumardi mengatakan forum tersebut membuka peluang kerjasama antar Pokdarwis untuk mendongkrak pariwisata masing-masing. “Kerja sama pendanaan merupakan salah satu agenda ke depan. Tapi partisipasi kami di masyarakat adalah untuk berbagi tentang kesadaran wisata dan Sapta Pesona,” ujarnya.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button