Hal itu ternyata dilakukan Bukit Asam untuk mendukung pariwisata - WisataHits
Jawa Tengah

Hal itu ternyata dilakukan Bukit Asam untuk mendukung pariwisata

Hal itu ternyata dilakukan Bukit Asam untuk mendukung pariwisata

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mendukung kemajuan sektor pariwisata nasional melalui berbagai program. Salah satunya Konservasi Terumbu Karang, Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Kota Wisata Tanjung Enim.

PTBA menanam dan memelihara terumbu karang bersama Lampung Lampung Underwater Community di Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Sebanyak 160 bibit karang yang ditanam terdiri dari beberapa spesies yaitu Mortifore Danae, Acropora Ocuminata dan Acropora Micropthalma.

“Hal ini dilakukan untuk melestarikan pesona kawasan bawah laut dan pesisir di Provinsi Lampung yang sudah dikenal secara nasional maupun internasional,” kata Direktur Utama PTBA Arsal Ismail dalam siaran pers, Jumat (13/1/2023).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Selain itu, PTBA berperan memulihkan kondisi Pulau Alanggantang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Berbak Sembilang (BTNBS) dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Musi. Arsal menjelaskan, sejak 2021, PTBA menanam mangrove untuk merehabilitasi DAS seluas 300 hektar di pulau itu.

Menurutnya, hutan bakau yang lestari menarik burung-burung dari Siberia, Rusia, untuk singgah di pulau ini untuk mencari makan mulai Oktober hingga Februari setiap tahun. Fenomena ini pun menggugah minat banyak wisatawan untuk datang ke Pulau Alangantang.

“Rehabilitasi mangrove bermanfaat bagi pengembangan ekowisata di Pulau Alangantang. Masyarakat setempat juga diuntungkan karena kunjungan wisata meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Perseroan juga mendukung pengembangan Borobudur sebagai Destinasi Wisata Prioritas (DPSP) melalui rehabilitasi DAS seluas 344 ha di kawasan Bukit Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Kelestarian lingkungan di sekitar situs dan kawasan cagar budaya harus dijaga untuk mencegah pelapukan batu-batu bangunan candi. Menoreh juga merupakan sumber air bagi masyarakat DIY dan Jawa Tengah. Dengan memulihkan lingkungan, kami berupaya melindungi sumber daya alam air dan meningkatkan produktivitas masyarakat sekitar dan tujuan wisata,” katanya.

Selain itu, PTBA telah membentuk Program Kota Wisata Tanjung Enim bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Muara Enim. Tujuannya agar Tanjung Enim yang merupakan kawasan pertambangan batu bara menjadi tujuan wisata dan mandiri di masa mendatang.

“Berbagai dukungan terhadap sektor pariwisata ini sejalan dengan tujuan mulia PTBA sebagai anggota MIND ID Mining-BUMN-Holding, yaitu menambang untuk membangun peradaban, kesejahteraan rakyat dan masa depan yang lebih baik,” lanjut Arsal.

[Gambas:Video CNBC]

artikel berikutnya

AKIPBA mulai melakukan pendaftaran mahasiswa baru, cek persyaratannya

(rah/rah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button