H. Yosep Nugraha Kunjungan Warga yang Baik ke Perpustakaan Kabupaten Bandung 100 orang per hari - WisataHits
Jawa Barat

H. Yosep Nugraha Kunjungan Warga yang Baik ke Perpustakaan Kabupaten Bandung 100 orang per hari

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bandung H. Yosep Nugraha.  (Sopandi/dejurnal.com)Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bandung H. Yosep Nugraha. (Sopandi/dejurnal.com)

Dejurnal.com, Bandung – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bandung H Yosep Nugraha menilai kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung cukup baik, sekitar 100 orang per hari.

“Alhamdulillah, karena perpustakaannya mungkin terlihat cukup menarik, maka koleksi bukunya cukup lengkap dan lokasinya berada di jalan yang mudah dijangkau masyarakat,” kata Yosep di kantornya, Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung, Jalan Al-Fathu Soreang , Rabu (31/8/2022). ).

Selain kunjungan individu, Yosep Dispusip juga menerima kunjungan kolektif, misalnya dari TK hingga SMA.

Selain menerima kunjungan, Dispusip juga memprogram Walibedas; Tur literasi Bede. “Konsepnya hari ini kita latihan, misalnya dari sekolah mana kita mengundang siswa, berapa orang, materi apa yang akan diberikan? Selain pengenalan perpustakaan, materi lain juga diberikan sesuai dengan tingkat pendidikan mereka. Untuk anak PAUD kami memberikan materi tentang cara mewarnai gambar atau bercerita. Untuk siswa SMP dan SMA, kami memberikan materi sains dan teknologi yang menyenangkan,” jelas Yosep.

Untuk melaksanakan program tersebut, Dispusip bekerja sama dengan binaan dari para penggiat literasi di Kabupaten Bandung.

Yosep mengatakan Dispusip tidak hanya melayani kunjungan warga ke perpustakaan daerah, tetapi juga menawarkan layanan perpustakaan keliling. Hingga saat ini Dispusip memiliki 1 armada perpustakaan keliling digital, 4 mobil perpustakaan keliling dan 1 sepeda motor untuk membaca.

Armada tersebut, jelas Yosep, didedikasikan untuk program pengabdian masyarakat. “Pertama-tama, untuk program, kami datang ke tempat yang jauh dari akses sumber informasi. Kedua, kami melayani permintaan dari masyarakat. Misalnya di PAUD A ada kegiatan membaca. Kami sedang menyelesaikan Gebyar,” katanya.

Salah satu sekolah yang hadir di Dispusip Kabupaten Bandung hari ini yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ibnu Sholih, Kp Pasirkaliki RT 01/12 Desa Panyirapan, Kecamatan Soreang.

Nunung Anisa Sholihah, guru pembimbing MTs, mengaku mengajak 45 siswanya berkunjung ke Perpustakaan Daerah Bandung untuk meningkatkan literasi siswanya setelah dua tahun tidak beraktivitas akibat pandemi.

“Saya sengaja mengajak siswa kelas 7 dan 8 ke perpustakaan, setelah 2 tahun tidak aktif minat membaca mereka menurun. Untuk menyempurnakannya, saya bawa ke perpustakaan ini,” kata Nisa di ruang perpustakaan.

Nisa mengaku sebelum pandemi dia membawa murid-muridnya ke perpustakaan Kabupaten Bandung tapi pandemi dibatasi tapi sekarang dia bisa membawa murid kembali ke perpustakaan.

Nisa mengapresiasi Perpustakaan Kabupaten Bandung yang memiliki koleksi buku yang lengkap dibandingkan perpustakaan sekolah. Selain itu, ada program yang membimbing siswa tidak hanya membaca, tetapi juga menambah wawasan lainnya. ***Sopan

Source: www.dejurnal.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button