Gunungkidul menjadi tujuan wisata internasional - WisataHits
Yogyakarta

Gunungkidul menjadi tujuan wisata internasional

Pemkab akan menjadikan Gunungkidul sebagai destinasi wisata bertaraf internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengembangkan kawasan ini menjadi destinasi wisata bertaraf internasional berbasis potensi budaya lokal. Bupati Sunaryanta berharap Gunungkidul bisa menjadi destinasi wisata yang bertaraf internasional.

“Bali memang bisa menjadi benchmark pengembangan pariwisata di Gunungkidul. Namun, kami optimistis mampu mengembangkan keunikan tersendiri. Salah satunya mengembangkan potensi budaya lokal,” kata Sunaryanta.

Ia mengatakan, seni dan budaya di Gunungkidul begitu kaya dan dapat dijadikan sebagai ciri tersendiri untuk promosi pariwisata. “Warga Gunungkidul tidak hanya bergantung pada pariwisata tetapi juga pada sektor lain seperti pertanian hingga UMKM,” kata Sunaryanta.

Sementara itu, Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan Gunungkidul Bali Berikutnya adalah judul buku yang ditulis oleh Cyrilus dan penulis lainnya. Pemilihan judul buku oleh penulis menarik bagi Gunungkidul, agar dapat lebih menyampaikan citra pariwisata terkait pariwisata.

Seperti halnya Bali yang memiliki kekuatan dari sisi budaya yang menjadi daya dukung pariwisata, Gunungkidul juga memiliki budaya yang kuat dan terjaga dengan baik seperti budaya Merti Desa atau Rosulan, tarian tradisional, makanan khas tradisional hingga rumah adat.

“Itu adalah titik penjualan yang unik tentu tidak ditemukan di tempat lain,” katanya.

Oleh karena itu, adat-istiadat yang merupakan potensi wisata budaya tak berwujud serta potensi wisata budaya berwujud lainnya seperti rumah adat harus dilestarikan sebagai identitas atau jati diri Gunungkidul.

“Potensi budaya lokal menjadi magnet bagi pengembangan wisata budaya,” ujarnya.

Sumber: Antara

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button