GUNUNG UNGARAN: tiket dan 4 jalur pendakian - WisataHits
wisatahits

GUNUNG UNGARAN: tiket dan 4 jalur pendakian

Harga Tiket Masuk Gunung Ungaran: Rp 10.000 – Rp 15.000 Jam Buka: 24 jam Nomor Telepon: -Alamat: -, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, –

Wilayah Jawa Tengah memiliki banyak koleksi gunung berapi. Beberapa gunung ini bahkan sangat populer, seperti Gunung Merapi dan Merbabu. Tapi ada juga gunung yang namanya jarang terdengar Gunung Ungaran. Padahal, gunung ini memiliki potensi wisata yang besar.

Gunung Ungaran terletak di kota Ungaran, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.050 meter. Tidak terlalu tinggi, namun tetap menarik untuk didaki. Selain menjadi tujuan panjat tebing, sejumlah tempat wisata lainnya tersebar di sekitar kawasan lereng.

Tiket masuk Gunung Ungaran

Pengunjung yang ingin mendaki Gunung Ungaran harus membayar tiket masuk. Tiket pendakian belum termasuk biaya parkir mobil atau motor.

Tiket masuk
Biaya pendaftaran kamp Rp 15.000
Biaya pendaftaran tektok Rp 10.000
Tempat parkir mobil Rp 10.000
Parkir untuk sepeda motor saja Rp 5.000

Baca: Tiket Masuk Camp Mawar Semarang dan Fasilitas Camping Lengkap

Jam buka

Gunung Ungaran sebenarnya bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam. Namun, ada jam khusus yang berlaku untuk pendaftaran pendakian. Pendaki hanya dibatasi 300 orang per hari. Hal ini untuk menghindari penumpukan pendaki gunung, terutama di masa pandemi.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam
Pendaftaran pendakian 13.00 – 19.00 WIB

Baca: 40 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Tantangan Gunung Ungaran

Pejalan kaki menyaksikan matahari terbit di Puncak UngaranMenyaksikan matahari terbit dari puncak Gunung Ungaran adalah hadiah istimewa setelah perjalanan yang melelahkan – Foto: Google Maps / Laksamana Balinga

Gunung Ungaran adalah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Daerah di kaki gunung memiliki banyak sumber air panas. Namun, gunung ini tidak pernah tercatat meletus. Kondisi relatif aman untuk pendakian dan tamasya.

Ketinggian gunung ini sekitar 2.050 meter di atas permukaan laut. Lereng memiliki banyak kebun teh dan perkemahan. Di balik penampilannya yang kecil, tersembunyi jalur pendakian yang luar biasa. Jalurnya terkenal curam dan cocok untuk pendaki berpengalaman.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket Masuk dan Berbagai Kegiatannya

Jalur Pendakian Gedong Songo

Pendaki melintasi padang rumput dan semak-semak di puncak Gunung UngaranGunung Ungaran memiliki tiga puncak dengan puncak Ungaran di titik tertinggi – Foto: Google Maps / Rid Pandu

Jalur ini dimulai dari Taman Wisata Candi Gedong Songo. Ini adalah jalan yang cukup sulit. Jalan setapak melewati hutan dan dipenuhi semak belukar. Wajar saja, karena jalur ini merupakan tempat warga sekitar merumput atau mencari kayu.

Perjalanan dimulai dari Hutan Cemara. Perhatikan jalan karena hanya ada beberapa rambu. Pendaki akan langsung dihadapkan dengan tanjakan yang terjal. Kemudian lapangan panjat menjadi hutan lamtoro diikuti dengan jalur ilalang.

Di sini, pendaki harus waspada karena rutenya menyusuri jurang. Sementara ilalang cukup tinggi dan menghalangi pandangan. Sepanjang jalan akan dipenuhi semak belukar yang lebat. Tanpa melupakan kemiringan jalan yang mencapai lebih dari 60 derajat.

Jalur Gedong Songo akan mengantarkan pendaki menuju Puncak Botak. Puncak ini merupakan tanah datar yang ditumbuhi rerumputan. Selain itu, pendaki dapat mengakhiri perjalanan di sini atau melanjutkan ke puncak atas Ungaran.

Baca: GUNUNG TELOMOYO: tiket masuk dan berbagai kegiatan

Jalur Promasan

Bersenang-senang berfoto di kebun tehLereng Gunung Ungaran penuh dengan perkebunan teh yang asri – Foto: Google Maps / Natasya a

Dari titik awal Promasan menuju puncak, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Jalur ini melintasi desa-desa kecil dan juga hamparan kebun teh. Salah satu spot foto cantik yang sayang untuk dilewatkan adalah Kebun Teh Promasan.

Awal jalan Promasan didominasi oleh jalan Makadam. Jalan ini beraspal batu dan cukup nyaman untuk dilalui. Jalur ini kemudian akan bergabung dengan Chemin de la Rose. Pertemuan keduanya berupa tanah datar yang biasanya dijadikan sebagai bumi perkemahan.

Dari berkemah Pada titik ini, kenaikan yang sebenarnya akan segera dimulai. Jalan menuju Makadam berubah menjadi jalan tanah merah yang sempit. Pendaki harus berhati-hati karena jalannya menanjak dan cukup curam.

Kawasan ini akan terus menemani Anda menuju puncak Ungaran. Puncak tertinggi gunung ditandai dengan tiga monumen dan tiang bendera. Sebelum area puncak, ada lapangan untuk berkemah. Pendaki yang ingin melihat matahari terbit bisa bermalam di sini.

Baca: Tiket Masuk Ayanaz GEDONGSONGO dan Tempat Selfie

jalan mawar

Berkemah La Rose adalah pilihan jalur pendakian lainnya. Ini adalah jalur favorit para pendaki Gunung Ungaran. Medan lebih santai di awal perjalanan. Jadi pendaki bisa melakukan pemanasan sebelum mencapai puncak.

Perjalanan menuju puncak bisa memakan waktu sekitar 3 jam. Ada tiga posisi yang bisa menjadi pemberhentian sementara. Pos 1 (Pos Pronojiwo), pos 2 dan pos 3 (Kebun Kopi). Di setiap pos, pendaki bisa menikmati pemandangan alam dengan nuansa berbeda.

Jalur ini juga memiliki beberapa sumber air di pos 2 dan pos 3. Di pos 3 bahkan terdapat penampungan air terbuka. Kemudian dari Pos 3 menuju ke area Kebun Teh Promasan. Pemandangan yang benar-benar hijau dan udara yang segar siap menghibur para pendaki di sini.

Pendakian selanjutnya kurang lebih sama dengan Jalur Promasan. Artinya, jalan makadam berubah menjadi jalan tanah yang licin saat musim hujan. Jalannya sempit dan membutuhkan kehati-hatian. Akar pohon dan batu bisa menjadi segelintir.

Baca: Brown Canyon Semarang: Tiket Masuk dan Aktivitas

Puncak Ungaran

Matahari bersinar di balik awanBerkemah di Gunung Ungaran seperti menghabiskan malam di atas awan – Foto: Google Maps / Emmanuel Setiawan

Gunung Ungaran setidaknya memiliki tiga puncak. Ketiganya adalah Puncak Gendol, Puncak Botak dan Puncak Ungaran. Puncak Ungaran adalah yang tertinggi pada ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut.

Pemandangan yang terlihat dari puncak ini memang menakjubkan. Daya tarik utamanya adalah panorama beberapa gunung sekaligus. Di sebelah selatan, Gunung Merbabu dan Merapi berdiri megah. Anda juga bisa melihat keindahan panorama Gunung Telomoyo dan Rawa Pening.

Sedikit bergeser ke kanan, ada tiga gunung yang berjejer. Ketiganya adalah Gunung Sumbing, Sindoro dan Prau Dieng. Jika Anda ingin melihat keseluruhan pemandangan, disarankan untuk mendaki pada hari yang cerah.

Baca: Tiket Masuk SALOKA PARK dan 7 Fun Rides

Fasilitas Gunung Ungaran

Di sekitar kawasan Gunung Ungaran terdapat beberapa pos pendakian awal. Posko tersebut adalah Basecamp Mawar, Basecamp Gedong Songo dan Basecamp Promasan. Di setiap base camp juga terdapat area parkir, toilet dan warung.

Lokasi dan akses ke Gunung Ungaran

Ada tiga titik awal pendakian Gunung Ungaran. Titik pertama adalah Basecamp Gedong Songo. Base camp ini terletak di Kompleks Candi Gedong Songo di Desa Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Base camp ini dapat diakses dalam 1 jam dari kota Ungaran.

Titik awal selanjutnya adalah Basecamp Mawar. Postingan ini berada di atas objek wisata Umbul Sidomukti di desa Sidomukti Jimbaran, kabupaten Bandungan. Gerbang masuk dapat diakses dari pasar Jimbaran.

Pos terakhir adalah Basecamp Promasan. Posko ini terletak di Desa Candi Promasan, Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Pengunjung dapat berjalan kaki dari perkemahan Medini atau menggunakan ojek selama 1 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button