Gunung Sepikul dan Legenda Roro Jonggrang Yang Mengkhianati Bandung Bondowoso : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

Gunung Sepikul dan Legenda Roro Jonggrang Yang Mengkhianati Bandung Bondowoso : Okezone Travel

GUNUNG Sepikul di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah memiliki legenda unik, Roro Jonggrang, putri raja yang begitu cantik hingga membuat Bandung Bondowoso jatuh cinta.

Alkisah, Bandung Bondowoso, seorang ksatria sakti dari Kerajaan Pengging, jatuh cinta pada Roro Jonggrang, putri Prabu Baka dari Kerajaan Prambanan.

BACA JUGA:5 Destinasi Road Trip Terbaik New York, Ada Tempat Liburan Romantis!

Bondowoso langsung menyarankan Roro Jonggrang. Namun, Roro Jonggrang menolak. Agar Bondowoso tidak menikah, Roro Jonggrang membuat syarat yang tidak mungkin.

Dia meminta Bandung Bondowoso untuk membangun seribu candi dan dua sumur dalam satu malam jika dia ingin menikahinya.

BACA JUGA:Termasuk Raja Ampat, inilah 6 destinasi relaksasi terbaik di dunia tahun 2023

Bandung Bondowoso akhirnya menyetujui syarat ini. Dia memanggil pasukan jin dalam jumlah besar untuk membantunya membangun seribu candi dan dua sumur. Harus dilakukan dalam semalam.

Namun Bondowoso baru bisa menyelesaikan 999 candi saat matahari terbit karena diganggu oleh Roro Jonggrang selama proses pembangunan.

Roro Jonggrang menolak lamaran Bandung Bondowoso karena tidak sepenuhnya memenuhi persyaratan yang telah ditetapkannya. Bandung Bondowoso sangat marah. Dengan menggunakan kesaktiannya, Bondowoso mengubah Roro Jonggrang menjadi sebuah batu atau arca. Kemudian batu itu dijadikan candi yang keseribu.

Baca juga: Saatnya anak muda bangkit bersama Astra untuk Indonesia

Sedangkan batu yang dulunya ada untuk membangun candi dibiarkan begitu saja dan konon berubah menjadi Gunung Sepikul, yang berarti “batu yang diangkut”.

ilustrasi

Nah dibalik legenda tersebut, Gunung Sepikul menjadi tujuan wisata bagi anda yang hobi mendaki gunung. Meski disebut gunung, namun tingginya cukup rendah dan landai dibandingkan gunung pada umumnya. Ketinggiannya sekitar 350 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button