Gunung Putri Lembang - WisataHits
wisatahits

Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang

Dataran tinggi Bandung tidak pernah kekurangan pesona untuk menarik wisatawan yang datang mengunjunginya.

Objek-objek wisata yang ada di dalamnya selalu menunjukkan rasa penasaran dan keinginan akan kesenangan menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan panjang di tempat yang sejuk dan asri setelah seharian bekerja di kantor.

Pemeran utama kali ini adalah Gunung Putri Lembang yang juga sering disebut sebagai Bintang Matahari Geger. Gunung ini mulai ramai diperbincangkan masyarakat karena keindahan dan eksotisme kawasannya yang seolah membius siapa saja yang pernah mendaki dan mencapai puncaknya.

Ya, salah satu destinasi wisata alam di Lembang atau pada umumnya di Bandung ini memang hangat dan menjadi sinonim. Apalagi setelah foto-foto area yang terlihat begitu indah terus-menerus diambil.meningkat di jejaring sosial, membuat tempat ini semakin terkenal dan virus.

instalasi-gunung-putri-lembang

Gunung Putri Lembang dikatakan sangat cocok digunakan sebagai tempat menyendiri, jauh dari kehidupan kota yang bising dan tercemar. Oleh karena itu, jika Anda berada di Lembang, Bandung, jangan lewatkan waktu untuk menikmati keindahan liburan di Gunung Putri.

Di atas Anda bisa berkemahNikmati matahari terbenam dan Matahari terbit, off roadsampai berburu gambar untuk koleksi gambar Instagram Kita.

Gunung Putri Lembang

Gunung Putri atau Geger Bintang Matahari adalah salah satu pegunungan dataran tinggi di Bandung Barat. Lokasinya tidak jauh dari gunung keramat Tangkuban Parahu yang sarat akan cerita masa lalu.

Gunung ini awalnya tidak terlalu terkenal dan jarang dikunjungi, namun setelah demam media sosial menyebar dan foto-foto daerah tersebut mulai diunggah.untuk berbagibanyak wisatawan mulai mengetahuinya dan datang ke Gunung Putri.

Gunung Putri memiliki ketinggian sekitar 1.587 meter di atas permukaan laut, untuk mencapai puncaknya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mendaki.

jalan-gunung-putri-lembangvia instagram/alfakei7

Trek yang menghubungkan area punggungan dari bawah cukup mudah. Inilah mengapa gunung ini juga menjadi tempat favorit para pendaki pemula.

Biasanya, sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi dan memiliki medan jalan yang sulit, pendaki pemula terlebih dahulu melatih teknik dan fisik mereka di Gunung Putri.

Jadi untuk kegiatan wisata, gunung ini pasti sangat direkomendasikan. Suasana yang ditawarkan di atas sangat menawan. Selain bisa menikmati segarnya udara dataran tinggi Lembang, dari puncak gunung ini juga bisa melihat indahnya hamparan kota Bandung dengan segala hiruk pikuk masyarakatnya.

Saat malam hari, suasana akan semakin romantis, kerlap-kerlip lampu gedung-gedung di bawah, sangat eksotis untuk dipandang sambil menikmati secangkir kopi atau teh panas.

Belum Tugas hal lain di kawasan pegunungan ini yang siap dijelajahi, faktanya, Gunung Putri Lembang akan memberikan Anda pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Sejarah Gunung Putri Lembang

Karena gunung ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata favorit di Bandung, cerita masa lalu yang mengiringi keberadaannya pun mengemuka. Konon, gunung ini memiliki hubungan dekat dengan Gunung Tangkuban Parahu yang kita kenal sebagai peninggalan sejarah Sangkuriang.

matahari terbit-gunung-putri-lembangvia instagram/indakurnia13

Cerita dimulai ketika Sangkuriang memiliki perasaan cinta terhadap ibu kandungnya sendiri, Dewi Sumbi. Saking terpesonanya dengan kecantikan wajah ibunya, Sangkuriang pun nekat menikahi ibunya sendiri.

Dewi Sumbi yang tidak ingin anaknya terus tenggelam dalam perasaan romantisme, akhirnya memutuskan untuk meninggalkan desanya dan memilih Gunung Putri sebagai tempat persembunyiannya.

Sangkuriang yang tak kuasa menahan rasa cintanya kepada Dewi Sumbi, segera berangkat mencari Gunung Putri. Singkat cerita, kecewa karena pencarian yang dilakukan tidak membuahkan hasil, Sangkuriang pun dengan amarah yang membara menendang perahu kerajinannya hingga sampai ke posisi Gunung Tangkuban Parahu.

Konon benar atau tidak, gunung Tangkuban Parahu yang sekarang kita lihat berdiri dengan gagahnya adalah perahu Sangkuriang.

Baca juga: Gunung Pancar Sentul Bogor

Lokasi Gunung Putri Lembang

Gunung Putri terletak di perbukitan Lembang, Bandung Barat. Alamat lengkap Gunung Putri ada di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Bandung, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk menempuh jarak 20,8 kilometer.

Rute paling mudah menuju Gunung Putri Lembang adalah melalui Tol Lembang lalu sampai di kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu.

harga-berkemah-gunung-putri-lembangvia instagram/bandunginframe

Temukan saja lokasi Grand Paradise Hotel, lalu menuju ke Villa Osmond sebagai referensi pertama kawasan wisata Gunung Putri.

Dari lokasi Villa Osmon, silahkan ikuti terus jalan yang ada sampai menemukan loket sekaligus tempat parkir. Disinilah tempat anda memarkir kendaraan anda jika datang dengan kendaraan sendiri, untuk mencapai Gunung Putri anda masih harus berjalan kaki sekitar 30 menit.

Lanjutkan perjalanan dari tempat parkir sampai menemukan pertigaan.Dari tempat parkir anda akan menemukan 2 pertigaan, untuk menuju ke Gunung Putri harus melewati pertigaan kedua ini.

Di pertigaan kedua belok kanan yang merupakan pintu masuk ke hutan pinus. Lanjutkan saja jalanmu melewati hutan pinus sampai menemukan area berumput. Dari sana, belok kiri ke Football Road yang merupakan pintu masuk kawasan Gunung Putri.

Jika Anda merasa rute di atas membingungkan, jangan khawatir karena dalam praktiknya, Anda bisa langsung bertanya kepada masyarakat setempat tentang rute yang tepat untuk menuju kawasan Gunung Putri Lembang.

Baca juga: Grafika Cikole Lembang

tiket-berkemah-gunung-putri-lembangvia instagram/kemengsquad08

Harga Tiket Masuk Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang merupakan kawasan wisata yang murah, untuk masuk Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5000 saja, ditambah biaya parkir beberapa ribu rupiah.

Gunung ini dikelola oleh Perum Perhutani RPH Lembang dan bekerjasama dengan anak muda di sekitar kawasan wisata. Bahkan di tempat parkir pun, orang yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan kendaraan Anda adalah anak-anak muda desa yang tergabung dalam organisasi pemuda.

Para pemuda ini juga akan menjadi pelindung dan penjaga keamanan Anda ketika Anda mencapai puncak Gunung Putri.

Baca Juga: Taman Lembang Begonia, Bandung Barat

Fasilitas Gunung Putri Lembang

Sayangnya, di kawasan Gunung Putri Lembang belum ada fasilitas umum yang dibangun. Jadi untuk memenuhi semua kebutuhan Anda seperti makanan dan minuman atau peralatan memasak dan semacamnya, Anda harus membawa sendiri dari rumah.

Namun, tidak menutup kemungkinan di masa mendatang fasilitas Gunung Putri sudah tersedia. Karena dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang, tentu salah besar jika pengelola tidak segera membangun fasilitas.

harga-tiket-gunung-putri-lembangmelalui instagram/andregiovana_116

Hal dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Gunung Putri

Seperti tempat wisata lainnya, tentunya di Gunung Putri Anda juga bisa melakukan banyak hal. Marah berkemah yang merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh pengunjung, di gunung ini.

Ada trek buat kalian yang suka balap motor atau yang biasa disebut off road. Terkadang Anda juga akan melihat klub sepeda motor dan mobil melakukan reli off-road di gunung ini.

Untuk berkemah Anda tidak perlu membayar atau membeli tiket. Yang perlu Anda persiapkan hanyalah persediaan dan peralatan berkemah karena disini masih belum ada tempat sewa alat berkemah.

Kemudian di Gunung Putri Anda juga bisa mengakhiri hari dengan melihat pemandangan matahari terbenam indah, nanti pagi, fenomenanya Matahari terbit Anda juga dapat menikmati gunung ini dengan sangat jelas.

Ada juga benteng yang konon merupakan peninggalan Belanda saat menjajah Indonesia. Benteng ini disebut Benteng Jayagiri dan juga dikenal sebagai Benteng Gunung Putri. Anda dapat menjelajahi lokasi benteng ini untuk melihat sisa bangunan benteng, atau membuatnya konteks gambaran diri.

Terakhir tempat yang tak kalah menarik dan salah satu favorit pengunjung adalah hutan pinus yang terletak di depan puncak Gunung Putri. Di hutan ini, Anda bisa bersantai menikmati suasana alam pegunungan di antara pepohonan pinus, dan Anda juga bisa berfoto di hutan ini.

Oh ya, selain bermalam di tenda berkemah Gunung Putri Lembang, bagi Anda yang memiliki budget lebih dan menginginkan hunian yang lebih baik, Anda bisa menginap di beberapa vila yang tersedia. Harga sewa villa per malam cukup terjangkau dengan fasilitas yang tidak kalah dengan hotel.

Baca juga: Wisata Lembang Baru, Lembang Wonderland

berkemah-gunung-putri-lembangvia instagram/biila

Baca juga tempat wisata menarik lainnya di Jawa Barat seperti Taman Bunga Nusantara

Kehidupan kota yang bising dan panas serta aktivitas kantor yang padat terkadang membuat kita bosan dan membutuhkan tempat istirahat yang nyaman. Jika ini yang Anda alami, maka Gunung Putri Lembang bisa menjadi pilihan Anda. Selain murah, suasana gunung ini tentu tidak kalah dengan tempat liburan lainnya.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button